1
Serba-serbi Ramadhan

Hikmah Isra Miraj Dan Kejadian yang Sebenarnya Terjadi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Bagi sebagian umat islam, peristiwa isra miraj mungkin sudah tidak asing lagi, namun masih ada juga diantara kita yang belum tahu apa itu isra miraj, yang tentunya senantiasa diperingati setiap tahunnya. Mungkin masih banyak umat muslim yang hanya tahu bahwa isra peristiwa isra miraj hanya akan berdampak pada libur sekolah ataupun kerja, sedangkan Anda sendiri tidak tahu apa itu hikmah isra miraj dan yang bisa Anda dapatkan.

Pada peristiwa isra miraj Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam. Menurut etimologi, Isra adalah perjalanan malam, sedangkan Mi’raj adalah naik ke atas dengan tangga. Yang dimaksud dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah diperjalankannya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT di malam hari dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem).

Baca juga : Ini Manfaat Tawakal yang Perlu Anda Ketahui

Kejadian Isra Miraj

Isra Miraj terjadi pada periode akhir kenabian di Mekah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.

Namun, Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut dengan alasan karena Khadijah radhiyallahu anha meninggal pada bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, yaitu dua bulan setelah bulan Rajab, dan saat itu belum ada kewajiban salat lima waktu. Al-Mubarakfuri menyebutkan enam pendapat tentang waktu kejadian Isra Miraj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya peristiwa Isra Mi’raj.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

keutamaan puasa ayyamul bidh

Hikmah Isra Miraj

Memperingati isra miraj tiap tahunnya, tentunya akan mendatangkan banyak hikmah bagi Anda, beberapa hikmah tersebut diantaranya yaitu :

 1. Belajar Arti Perjuangan

Satu diantara beberapa hikmah dibalik Isra Miraj yakni sebuah perjuangan. Orang yang sukses tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan, Anda harus menempuh perjuangan yang keras dan tak mudah. Sama halnya seperti Rasulullah SAW yang diisrakan dan dimi’rajkan oleh Allah SWT setelah mendapatkan kesedihan yang luar biasa. Kesedihan itu diantaranya yaitu Nabi ditinggal wafat oleh orang-orang yang dicintainya. Yang membuat Nabi mengalami rasa sedih yang sangat mendalam yang kemudian Allah SWT menghiburnya dengan diisrakan dan dimi’rajkan.

 2. Ada Kemudahan Setelah Kesulitan

Hikmah selanjutnya yakni akan selalu ada kemudahan dan kegembiraan yang diberikan Allah SWT setelah kesulitan dan ujian. Untuk itu, percaya dan yakinlah semua masalah yang dihadapi pasti ada jalan keluarnya.

webinar umroh.com

Umroh hemat bersama Umroh.com. Kunjungi sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

2. Risalah Yang Dibawa Oleh Rasulullah SAW Yaitu Bersifat Universal

Umroh.com merangkum, perjalanan isra dari masjidil haram yang ada di Mekah ke masjidil Aqsa yang ada di syam melintasi ribuan kilometer yang jauh dari Mekah tempat Rasulullah SAW dilahirkan, dengan  hal ini Allah SWT ingin membuktikan bahwa ajaran yang Rasulullah SAW bawa bukan hanya untuk penduduk Mekah saja tetapi untuk seluruh wilayah yang ada di bumi ini.

3. Senantiasa Menegakkan Sholat Lima Waktu

Sholat menjadi senjata Rasulullah SAW dan kaum muslim untuk bangkit dan merebut kemenangan.  Karena ketika Rasulullah SAW sampai di Sidratul Muntaha dan menghadap kepada Allah SWT, lalu Allah SWT menurunkan syariat sholat lima waktu kepada Rasulullah SAW dan kepada ummatnya. Dengan menegakkan sholat lima waktu akan menjadi penolong bagi kita dalam menghadapi berbagai macam cobaan, karena mereka yakin akan menemukan jalan keluarnya dan dapat membantu kita untuk selalu menyeimbangi urusan dunia dan akhirat. Untuk itu Rasulullah SAW senantiasa mengingatkan umatnya agar jangan sampai melalaikkan sholat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Untuk itu pada peringatan isra miraj, hendaknya sebagai umat muslim kita tidak sekedar memahaminya saja, melainkan harus dapat kita terapkan dalam setiap gerak langkah kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.