1
Muslim Lifestyle

Hukum Melakukan Takziah dan Ada di Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Takizah atau biasa yang disebut dengan melayat adalah mengunjungi seseorang yang sedang tertimpa musibah kematian dari salah satu sanak keluarga atau kerabat dekatnya. Orang laki-laki yang bertakziah disebut sebagai mu’azziyat. Dalam islam terdapat hukum melakukan takziah sendiri sudah ada sejak zaman dahulu kala, tidak ketinggalan juga ada adabnya.

Para ulama pada umumnya memiliki pendapat yang sama mengenai hukum takziah itu sendiri, dan para ulama mengatakan bahwa hukum takziah adalah sunnah. Oleh sebab itu sebagai umat islam sangat dianjurkan untuk bertakziah, fungsi dari takziah itu sendiri agar menguatkan jiwa atau suasana batin orang yang sedang tertimpa musibah, agar orang tersebut tetap memiliki kesabaran dan juga ketabahan menerima segala musibah tersebut.

Baca juga : Penting! Ciri – Ciri Orang Sombong dan Cara Mengatasinya

Hukum Melakukan Takziah

Tidak akan ada satu orangpun di dunia ini yang tidak pernah mendapatkan musibah. Setiap orang pasti pernah terkena musibah. Baik orang kaya, miskin, pejabat dan rakyat biasa serta yang lainnya. Karena musibah pada hakikatnya adalah ujian dari Allah SWT dan juga bisa menjadi peringatan untuk umat-Nya agar selalu mengingat Allah SWT.

Ketika ada seseorang yang tertimpa musibah, maka dianjurkan untuk mengunjunginya. Dalam islam itu sendiri hal ini disebutkan dengan takziah yang berarti berkunjung kepada orang yang terkena musibah seperti meninggal. Hal ini tentunya dengan tujuan agar menguatkan hatinya dari orang yang terkena musibah selalu bersabar dan menghilangkan rasa kesedihannya. Rasulullah SAW bersabda :

“Orang yang bertakziah atau menghibur orang yang ditimpa musibah, maka Allah akan memakaikan kepadanya pakaian terhormat pada hari akhirat kelak.” (HR. Ibnu Majah)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Diantara hadist yang dijadikan dasar oleh para ulama tentang anjuran bertakziah adalah hadits riwayat al-Tirmidzi dan al-Baihaqi dari Abdullah bin Mas’ud, dari Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.”

webinar umroh.com

Juga disebutkan di dalam hadits riwayat Ibnu Majah dan al-Baihaqi dari Amr bin Hazm, dari Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah seorang Mukmin bertakziah kepada saudaranya yang terkena musibah kecuali Allah akan memakaikan pakaian kemuliaan kepadanya di hari kiamat.”

Imam al-Nawawi menyebutkan bahwa takziah adalah bentuk dari tolong menolong sesama umat muslim. Sebab itu, jika terdapat saudara kita yang meninggal, maka segeralah datang ke rumahnya dan hibur hatinya supaya tidak terlalu larut dalam kesedihan.

Takziah disunnahkan sebelum atau sesudah mayat dikuburkan. Sebagian ulama juga menganjurkan bahwa takziah hanya berlaku sampai tiga hari setelah mayat dikuburkan. Adapun setelah itu, tidak dianjurkan, bahkan makruh menurut sebagian ulama.

Empat Adab Orang Bertakziah

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Terkait dengan takziah itu sendiri, Imam Al-Ghazali dalam risalahnya berjudul Al-Adab Fin Din di dalam Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 437), menyebutkan bahwa terdapat empat adab ketika seseorang ingin bertakziah sebagai berikut:

1. Menghindari hal-hal tabu

Untuk pertama kali, adab ketika bertakziah adalah menghindari sebanyak mungkin hal-hal yang tidak pantas atau tabu. Bertakziah tentunya berbeda dengan menghadiri pesta diacara pernikahan. Oleh karena itu cara kita menggunakan pakaian juga harus sesuai dengan bertakziah, dan tentunya harus menghindari pakaian ketika menghadiri diacara pernikahan. Demikian juga berlaku untuk bersolek atau berdandan juga sebaiknya tidak terlalu menor atau memakai parfum yang berlebihan. Suasana takziah adalah suasana yang berkabung dan penuh dengan suasana bersuka cita. Maka dari itu hendaknya kita harus menghindari hal-hal yang tabu dan sesuai dengan kondisi saat kita menghadiri acara takziah.

2. Menampakkan rasa berduka

Umroh.com merangkum, setiap kematian seseorang tentunya akan menimbulkan rasa duka yang mendalam terutama bagi keluarga yang ditinggalkan. Oleh karena itu, orang yang bertakziah dianjurkan untuk ikut merasakan rasa duka itu dengan menampakkan wajah duka sambil mengucapkan secara tulus rasa bela sungkawa. Alangkah baiknya ketika mengucapkan bela sungkawa sambil diikuti dengan doa semoga tabah dan sabar ketika menghadapi musibah yang memang sudah merupakan takdir dari Allah SWT selain dari hukum melakukan takziah.

3. Tidak banyak berbicara

Dalam suasana berduka, biasanya orang yang sedang tertimpa musibah kematian cenderung lebih diam dan tidak ingin diajak bicara oleh orang lain dan biasanya juga tidak ingin diajak bicara lama-lama. Oleh karena itu, orang yang bertakziah jika ingin mengajak berbicara orang yang sedang berduka, maka alangkah baiknya untuk berbicara seperlunya saja. Untuk yang bertakziah juga diharapkan ketika berbicara menggunakan kalimat yang baik dan tidak menyinggung orang yang sedang berduka dan mengeluarkan suara pelan agar tidak menimbulkan kegaduhan.

hukum melakukan takziah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

4. Tidak mengumbar senyum secara berlebihan

Untuk yang empat ini adalah dimana orang yang bertakziah tidak mengumbar senyumnya sebab bisa saja menimbulkan rasa tidak suka. Meskipun di dalam keadaan normal senyum adalah se-dekat, tetapi dalam konteks takziah ini tentunya berbeda. Dan para takziah diharapkan untuk bisa menahan diri dan tidak mengumbar senyum. Tentu saja senyum dalam batas-batas yang wajar masih bisa ditolerir. Intinya adalah senyum yang memiliki makna kegembiraan yang dalam konteks takziah.