play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Tips

Penting! Ciri – Ciri Orang Sombong dan Cara Mengatasinya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Islam adalah agama yang mengajarkan akhlak yang luhur dan mulia. Namun terkadang masih banyak dari manusia yang selalu menanamkan sifat tercela dalam dirinya, salah satunya ialah sombong. Kenali tanda dan ciri – ciri orang sombong, jangan sampai Anda masuk ke dalam salah satunya. Dan segera terapkan cara mengatasi yang sudah tertera di pembahasan.

Sebagai manusia yang beradab, tentu kita tidak ingin jika termasuk ke dalam golongan orang yang angkuh bukan ? untuk itu mengenali ciri-ciri orang yang sombong tentulah sangat penting dan akan senantiasa membuat kita terjaga dari sikap sombong.

Baca juga : Ini Kriteria Ruqyah yang Diperbolehkan dalam Islam

Ciri – Ciri Orang Sombong

1. Menghargai Diri Sendiri Secara Berlebihan

Terkadang kelebihan – kelebihan yang di anugerahkan Allah terhadap hambanya membuat mereka lupa akan diri bahwasanya semua yang mereka miliki ialah titipan dan pemberian Allah semata. Merasa diri paling bisa, paling menawan, dan paling segalanya ialah ciri dari orang sombong.

2. Enggan Menerima Saran dan Nasihat Orang Lain

Ciri kedua dari orang sombong biasanya tidak mau menerima saran atau masukan dari orang lain. tidak menerima kritikan karena itu akan menjatuhkan harga diri mereka. Nasihat pun akan dianggap sebagai sesuatu yang merendahkan dirinya dan orang sombong bisa dipastikan akan menolak nasihat tersebut.

3. Senang diberi Pujian

Orang sombong biasanya senang sekali jika ia dipuji banyak orang. Terkadang pula orang sombong melakukan banyak hal untuk bisa memperoleh pujian. Karena menurutnya mungkin ketika mendapat pujian tersebut maka dia akan merasa bahagia.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4. Selalu Menolak Kebenaran

Sesungguhnya Allah Maha indah dan menyukai keindahan. Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.” (H.R. Muslim)

Sudah jelas hadits di atas menunjukkan bahwa orang sombong itu menolak kebenaran dan suka merendahkan manusia lain.

5. Tidak Bisa Untuk Sosialisasi Dengan Baik

Umroh.com merangkum, sombong dalam Islam akan memunculkan ciri bahwa orang yang sombong tidak akan mampu menjaga hubungan sesama manusia dengan baik. biasanya saat kita mulai menyombongkan diri atau bahkan terbiasa akan hal tersebut maka secara tak sadar sebenarnya Anda telah membuat orang lain kesal akhirnya satu per satu orang itu menjauh darinya.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Cara Atasi Orang Sombong

1. Menghindar Sebisa Mungkin

Cara menghadapi orang sombong menurut islam bisa dilakukan dengan menghindarinya saja. Bukan hanya untuk memutuskan hubungan silaturahmi tapi untuk menghindari rasa jengkel dan perselisihan yang mungkin terjadi karena sikapnya yang terlalu sombong dan suka meremehkan orang lain. Orang yang terlalu sombong bisa memancing emosi yang menimbulkan pertikaian, karena itu sebaiknya dihindari saja.

2. Jangan Terpengaruh dengan Sikap Orang Sombong

Dalam hidup tak perlu Anda memusingkan apalagi memikirkan pasal kesombongan. Orang sombong memang sikapnya selalu bisa menggelitik dan memancing emosi orang lain. Namun cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak ikut terpengaruh. Bagaimanapun sikapnya, apapun yang dia katakan, anggaplah sebagai angin lalu. Nyatanya yang sebenarnya bermasalah di sini bukanlah diri kita melainkan orang itu sendiri. Jadi untuk apa kita terlalu pusing memikirkan dan menanggapi kesombongannya?

3. Senantiasa Bersikap Baik

Menurut islam orang sombong berikutnya adalah dengan tetap bersikap baik dan tidak membiarkan emosi terpancing. Selalulah berpikir positif dan perbanyak sabar agar diri kita tetap tenang berhadapan dengan orang sombong. Sebagai seorang muslim kita pun tahu bahwa tidak ada yang bisa kita sombongkan di dunia ini. Orang yang sombong jika dibalas dengan kebaikan ia bisa jadi malu sendiri.

4. Berusahalah Memaklumi

Bisa kita lakukan dengan memaklumi perilaku orang tersebut. Kalau kita sudah bisa memaklumi sikap orang tersebut maka kita pun jadi terbiasa melihatnya yang selalu sombong. Jadi perasaan risih melihatnya pun jadi hilang. Dengan berusaha memaklumi pikiran kita juga lebih positif dan ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan hati dari perasaan iri dan dengki serta penyakit hati lainnya. Banyak sekali akibat iri hati dan dengki yang pada akhirnya hanya akan merugikan diri kita sendiri.

5. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Mau seberapa pun ia merendahkan kita abaikan saja dan tetaplah menjadi diri sendiri. Cukup perlihat kan kemampuan kita agar orang sombong tersebut malu sendiri. Saat ia merasa perlakuannya tidak digubris, saat itulah ia akan menjadi kesal dan lelah karena merasa kita bukanlah orang yang tepat untuk disombongi.

Doa Haji Mabrur
Doa Haji Mabrur

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

6. Hadapi Kesombongannya dengan Senyuman

Orang yang sombong akan berusaha membuat orang lain jadi terlihat rendah dan tidak ada apa-apanya dibanding dirinya. Karena itu saat merasa orang sombong di sekitar kita ingin menjatuhkan kita, tetaplah hadapi dengan senyuman dan bersikaplah seperti kita sama sekali tidak mempermasalahkan tindakannya.

Facebook Comments