1
Muslim Lifestyle

Berikut Hukum Puasa Senin Kamis dan Juga Manfaatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Allah SAW mencintai umatNya yang selalu menjalankan amal ma’ruf dan nahi mungkar. Apalagi bagi umat muslim yang mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Apa yang kita tanamkan di dunia akan di balas di akherat. Maka selama hidup di dunia kita harus berlomba-lomba dalam mendapatkan amalan dan kebaikan. Ada baiknya jika Anda tahu mengenai hukum puasa senin kamis dan juga manfaat yang akan di dapat.

Baca juga : Penjelasan Adab Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Anjuran Puasa Senin Kamis

Berpuasa termasuk ke dalam rukun Islam. Islam mewajibkan umat muslim untuk berpuasa ramadhan setahun sekali. Namun ada amalan yang dianjurkan dari sunnah Rasulullah, yaitu puasa Senin-Kamis. Puasa Senin-Kamis merupakan ibadah yang Rasulullah SAW anjurkan untuk dilaksanakan. Beliau pun rutin mengamalkan ibadah tersebut.

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab: Hari senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.”(HR. Muslim)

“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rasulullah SAW bersabda: Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Selain itu, hari Senin dan Kamis juga memiliki beberapa keutamaan lain, yaitu dosa-dosa kita diampuni, kecuali dosa orang yang menyekutukan Allah dan dosa dua orang yang sedang berselisih.

Imam Muslim dalam Shahihnya meriwayatkan dari jalur Abu Hurairah,

Dari Abu Hurairah, Sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan. Lalu dikatakan “Tangguhkanlah dua orang ini hinga mereka berdamai! Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai! Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai!

webinar umroh.com

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Hukum Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunah yang biasa dikerjakan oleh umat muslim setiap minggunya. Dalam Islam, Senin memang bukan hanya hari biasa. Pada hari tersebut, banyak keberkahan dan peristiwa penting terjadi. Puasa Senin-Kamis hukumnya adalah sunnah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu memasukkan puasa Senin Kamis dalam puasa sunnah yang disepakati para ulama. Menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili, puasa-puasa sunnah yang disepakati para ulama antara lain puasa hari Senin dan Kamis.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu,

“Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis”. (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Punya rencana untuk pergi umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan impian Anda sekarang juga bersama umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Manfaat Puasa Senin Kamis

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun sunnah, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Begitu juga dengan puasa Senin-Kamis. Manfaat puasa Senin Kamis ternyata dapat meningkatkan kestabilan kondisi tubuh, baik mental maupun spritual. Dengan menjalankan puasa Senin Kamis kita juga bisa mendapatkan kecantikan secara alami. Berikut manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya.

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolahraga saja.

Kamu juga harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluaran racun bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar.

Manfaat puasa Senin Kamis memang dipercaya ampuh untuk mengeluarkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

2. Meremajakan kulit

Manfaat puasa Senin Kamis yang kedua untuk kecantikan adalah meremajakan kulit. Sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Kamu tidak perlu bantuan produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. Cukup hanya melakukan puasa Senin Kamis secara rutin.

Mengapa puasa Senin Kamis bisa meremajakan kulit? Itu berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa. Ketika metabolisme tubuh berhenti saat berpuasa, sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

3. Mengencangkan kulit

Manfaat puasa Senin Kamis berikutnya untuk kesehatan adalah mengencangkan kulit. Banyak yang bertanya, apa hubungannya antara puasa Senin Kamis dengan mengencangkan kulit?

Seperti halnya peremajaan kulit, saat berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang.

4. Menurunkan kadar lemak

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah menurunkan kadar lemak dalam darah. Lemak memang dibutuhkan tubuh. Namun, jika lemak dalam tubuh berlebihan akan mengundang penyakit datang. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Hukum puasa senin kamis jika tidak terlalu sulit dan membingungkan anda.

Ada tiga cara yang sangat efektif untuk menurunkan kadar lemak, yaitu berolahraga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa Senin Kamis.

Ketiga cara itu jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Akibat positifnya, tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

5. Membuat jiwa dan perasaan jadi tenang

hukum puasa senin kamis

Bagi yang sudah sering puasa Senin Kamis biasanya dapat lebih mengendalikan pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa Senin Kamis, seseorang dapat lebih bersabar dan mengendalikan pikiran kotor atau negatif.

Pikiran yang terkendali akan membuat jiwa dan perasaannya jadi tenang. Bagi yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, atau mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah menjalankan puasa Senin Kamis agar pikiran dan jiwa lebih tenang.

6. Dapat mengendalikan hawa nafsu

Umroh.com merangkum, manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengendalikan hawa nafsu. Mereka yang sering melakukan puasa Senin Kamis lebih mampu mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya.

Sebagai contoh ketika seorang cowok atau cowok yang selalu merasa kesepian dan terbayang untuk berhubungan dengan kekasihnya. Setiap manusia normal pasti tergoda untuk melakukan hal itu.

Namun, hawa nafsu seperti itu akan mampu dikendalikan agar tidak menimbulkan efek negatif pada diri yang bersangkutan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah puasa Senin Kamis.

7. Sebagai ladang untuk beramal

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya adalah sebagai ladang untuk beramal. Orang yang terbiasa puasa Senin Kamis akan lebih meningkat amal ibadahnya.

Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin banyaknya amal ibadah saat puasa Senin Kamis, akan berdampak pada berlipatgandanya pahala yang didapat. Itulah efek positif secara tidak langsung yang dapat diraih setiap orang yang puasa Senin Kamis.

8. Mengistirahatkan organ pencernaan

Seperti halnya mesin kendaraan, sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Jika mesin dijalankan tapi pernah istirahat tentu akan merusak komponen atau ‘sparepart’ yang menyusun mesin itu sendiri.

Begitu pula dengan organ atau sistem pencernaan dalam tubuh yang membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dengan baik.

Perawatannya berupa istirahat bekerja sejak pagi Subuh hingga Maghrib selama dua hari dalam seminggu. Selain berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, istirahat ini juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

9. Melatih kepekaan social

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah untuk melatih kepekaan sosial atau terhadap lingkungan sekitar. Saat menjalankan puasa Senin Kamis, pasti akan merasakan lapar dan haus yang sangat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Oleh karena itu, orang yang biasa berpuasa Senin Kamis lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. Rasa ini menjadi lebih besar saat orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar dan haus, seperti yang dirasakan orang-orang yang tak mampu.