1
Serba-serbi Ramadhan

Bagaimana Hukum Puasa Tanpa Sahur? Ini Penjelasannya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Banyak sekali orang muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa yang masih bertanya-tanya mengenai hukum puasa tanpa sahur. Sebelum berpuasa, umat muslim itu sendiri dianjurkan untuk sahur. Terlepas dari sah atau tidaknya puasa tanpa sahur, sahur itu sendiri berfungsi sebagai energi agar dapat menjalani puasa seharian dan tidak mengganggu aktivitas saat bekerja. Di dalam Al – Quran juga sudah dijelaskan bagaimana hukum puasa tanpa sahur.

Bagi umat muslim sudah seharusnya untuk mengetahui hukum puasa tanpa sahur itu sendiri agar umat muslim tidak salah kaprah mengenai hukum puasa tanpa sahur. Lantas bagaimanakah hukum puasa tanpa sahur ? Apakah benar hukum puasa sahur tanpa makan sahur mengatakan bahwa tidak sah suatu puasa tanpa sahur ? Berikut mengenai hukum puasa tanpa sahur.

Baca juga : Pengertian Sahur: Dalil, Hukum, Doa, dan Waktu

Dalil Mengenai Puasa

Perintah untuk berpuasa sudah Allah perintahkan baik dari informasi dalam Al-Quran ataupun dalam hadits. Untuk itu hukum puasa wajib dilaksanakan bagi umat muslim. Berikut adalah dalil-dalil tentang puasa :

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan asas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakqwa.” (QS. Al-Baqarah : 183)

Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa manusia, khususnya mereka yang beriman dan menyakini amal shaleh islam tentunya adalah wajib. Untuk itu, perintah berpuasa juga bukan hanya diturunkan pada umat nabi-nabi sebelumnya pun juga berpuasa. Tidak ada alasan bagi umat muslim tidak berpuasa, jika seseorang tersebut sedang berhalangan contohnya sedang sakit, bagi perempuan sedang mengalami masa menstruasi. Berikut merupakan hadits mengenai puasa “Islam didirkan di atas lima sendiri, yaitu : syahadat tiada sembahan yang hak selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji ke Baitul Haram.” (Hadits Muttafaq ‘Alahi).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Berikut juga merupakan hadits dari berpuasa “Orang yang berpuasa itu meninggalkan syahwat, makan dan minumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

webinar umroh.com

Anjuran Sahur dari Rasulullah SAW

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya yang ingin melaksanakan ibadah puasa untuk manyantap hidangan di waktu sahur. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh dengan berkah, berikut merupakan haditsnya :

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri R.A, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur.” (HR. Ahmad)

Anjuran makan sahur itu begitu kuat. Oleh karena itu, kesempatan makan di waktu sahur sebisa mungkin untuk tidak dilewatkan. Bahkan Rasulullah SAW juga mengajurkan untuk sahur meskipun hanya dengan seteguk air mengingat berkah Allah SWT yang luar biasa saat itu.

“Dari Abdullah bin Umar R.A, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air.” (HR. Ibnu Hibban)

Apalagi yg engkau cari jika hidup bukan untuk ridha Allah? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Rasulullah SAW juga pernah bersabda,

“Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan.” (HR. al-Bukhari)

Aktivitas sahur itu bukan hanya menyantap makanan berat saja, tetapi minum air walau seteguk itu bisa disebut dengan sahur. Waktu sahur yang disunnahkan adalah selepas tengah malam. Sahur diakhirkan selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan, seperti apakah masih malam atau sudah terbitnya fajar. Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda :

“Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka.” (HR. Ahmad)

Hukum Puasa Tanpa Sahur

Meskipun anjuran sahur itu ditekankan oleh Rasulullah SAW, namun tidak ada hadits atau dalil yang mewajibkan umat muslim untuk sahur ketika hendak berpuasa. Dalam ajaran islam, tidak terdapat aturan yang menyatakan bahwa sahur itu merupakan inti dari puasa atau syarat wajib berpuasa.

Umroh.com merangkum, rasulullah SAW tidak pernah mengatakan kepada umatnya bahwa syarat sah puasa adalah sahur. Sehingga, seseorang yang sedang berpuasa dan tidak sahur maka puasanya tersebut tetap sah. Hal ini diperkuat juga dengan dasar hadits yang diriwayatkan Muslim, Nasai, dan Turmudzi. Hadits tersebut menggambarkan bahwa bagaimana Rasulullah berpuasa karena tidak ada makanan.

6 Cara Agar Tidak Mengantuk Setelah Sahur

“Dari Aisyah R.A berkata, ‘Suatu hari, Nabi SAW menemui kami dan bertanya, ‘Apakah engkau punya makanan?’ kami menjawab ‘Tidak.’ Kemudian beliau bersabda, ‘Kalau begitu, saya akan berpuasa.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Hadits di atas menjelasakan bahwa Rasulullah SAW memutuskan berpuasa karena tidak memiliki makanan di rumahnya. Padahal sebelumnya, Rasulullah SAW tidak ada niat untuk berpuasa. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa Rasulullah SAW pada malam harinya tidak sahur. Tetapi keesokan harinya Rasulullah SAW tetap melaksanakan ibadah puasa.