1
Sejarah Islam

Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ilmu pengetahuan dalam Islam memiliki kedudukan sangatlah penting. Terlihat dari beberapa dalil A – Quran dan hadits yang memandang orang berilmu dalam posisi tertinggi dan mulia. Keimanan yang dimiliki seseorang akan menjadi pendorong untuk menuntut ilmu. Di dalam pedoman Al – Quran, ilmu pengetahuan dalam islam memiliki arti tersendiri yang belum banyak di ketahui umat islam lainnya. Selain itu, ilmu pengetahuan amat penting bagi individu untuk meningkatkan martabat manusia. Dengan ilmu, manusia juga dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai hamba Allah di muka bumi ini.

Baca juga : Hukum Menyebarkan Fitnah Tak Bisa Dihindari

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dalam Islam

Masa keemasan umat islam terjadi pada masa kelam masyarakat barat di mana ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat dikalangan umat muslim. Pada saat itu islam telah memperluas wilayah hingga Eropa. Pada masa keemasan tersebut banyak ilmuwan muslim yang melalukan riset dan penterjemahan besar-besaran terhadap karya-karya filosofi para ilmuwan Yunani.

Periode Islam klasik (650-1250 M) dipengaruhi oleh pandangan tentang tingginya kedudukan akal seperti yang terdapat dalam Al Quran dan hadits. Kemudian pandangan ini ternyata sejalan dengan filsafat sains bangsa Yunani kuno. Adapun beberapa ilmuwan besar pada masa itu yang tercatat dalam sejarah agama Islam diantaranya adalah :

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

  • Al-razi dengan karyanya Al-Hāwī (850-923) yang merupakan sebuah ensiklopedi mengenai perkembangan ilmu kedokteran sampai masanya. Rhazas juga mengarang suatu ensiklopedia atau kamus kedokteran dengan judul Continens,
  • Ibnu Sina (980-1037) yang menulis buku-buku kedokteran yang diberi judul Al qonun atau the Canon of Medicine yang kini menjadi standar dalam ilmu kedokteran di Eropa.
  • Al-Khawarizmi atau Algorismus yang menulis buku Aljabar pada tahun 825 M, dan merupakan buku standar ilmu matematika selama beberapa abad di Eropa. Ia juga yang menemukan penggunaan angka desimal yang menggantikan angka romawi di Eropa.
  • Ibnu Rushd (1126-1198) seorang filosofi yang banyak menerjemahkan karya Aristoteles
  • Al Idris (1100-1166) yang membuat 70 peta kerajaan Sicilia di Eropa.
  • Jabir ibn hayyan dan Al biruni yang merupakan ilmuwan di bidang kimia.

Pengaruh ilmu pengetahuan Islam atas di wilayah Eropa sudah berlangsung sejak abad ke-12 M dan menimbulkan gerakan kebangkitan atau masa renaisance. Masyarakat barat mulai mengadopsi ilmu yang telah dikembangkan ilmu pada masa itu dan meskipun akhirnya islam terusir dari Spanyol.

Sumber Ilmu Pengetahuan Menurut Islam

Islam adalah agama yang menghargai dan meninggikan derajat orang yang berilmu. Dalam islam sendiri terkandung ilmu pengetahuan yang tidak terbatas dan terpisah-pisah seperti halnya masyarakat barat membagi dan memisahkan ilmu menjadi beberapa cabang. Ilmu pengetahuan dalam islam tersusun dalam kesatuan dan bahkan dalam Al Quran sendiri terkandung ilmu pengetahuan di dalamnya.

Yuk jadi tamu Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Ilmu pengetahuan diperoleh dari berbagai sumber. Kita bisa mencari ilmu di mana saja dan kapanpun. Sebuah hadits telah diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Bar: “Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka kepada para penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.”

Oleh demikian, sumber ilmu telah di klasifikasikan kepada beberapa jenis agar manusia paham akan sumber dan konsep ilmu pengetahuan. Wahyu diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril kepada pesuruhNya. Ia merupakan teras kepada segala ilmu, di mana ia telah diturunkan dan dikumpulkan di dalam Al Quran. Wahyu yang diturunkan mengandungi segala ilmu pengetahuan yang diperlukan oleh manusia untuk kemaslahatan hidup serta perkara gaib yang tidak terjangkau oleh akal manusia.

webinar umroh.com

Umroh.com merangkum, dengan akal manusia dapat menimbang dan membedakan antara yang baik dan buruk walaupun mungkin tidak bersifat kebenaran mutlak namun memadai untuk mengatasi masalah kehidupan seharian. Semua makhluk ciptaan Allah dikaruniakan otak, namun hanya manusia yang dikaruniakan akal supaya dapat berpikir dan menerpakan sifat perikemanusiaan di dalam diri.

Pada dasarnya, Islam menegaskan bahwa semua ilmu datang dari Allah SWT. Klasifikasi ilmu pengetahuan yang telah diberikan oleh para ahli filsafat, pakar, dan orang bijaksana, khususnya para ahli sufi dapat diterima seperti al-Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Hazm, Imam al-Ghazali, dan al-Suyuti. Al-Attas juga mengakui kebenaran klasifikasi  ilmu  yang mereka  berikan.

Keutamaan Orang yang Berilmu
Keutamaan Orang yang Berilmu

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Pada hakikatnya terdapat  kesatuan  di se balik hirearki semua ilmu pengetahuan dalam kaitannya dengan pendidikan seorang Muslim. Ilmu dapat di kategorikan berdasarkan keragaman ilmu manusia dan cara-cara yang ditempuh mereka untuk memperolehnya dan pengkategorian tertentu itu melambangkan usaha manusia untuk melakukan keadilan terhadap setiap bidang ilmu pengetahuan.