1
Muslim Lifestyle

Bikin Merinding, Begini Keutamaan Asmaul Husna

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Asma berarti nama dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asmaul husna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah. Alllah memiliki nama-nama yang baik, asmaul husna. Jumlah asmau husna di Al Quran ada 99, meskipun sebenarnya jumlah nama-namaNya lebih dari itu. Ada nama Allah yang disimpanNya dalam ilmu gaib disisiNya.

Hadits tentang Asmaul Husna

Umroh.com merangkum, dalam Al Quran Allah Ta’ala telah memberitahukan nama nama-Nya yang sangat mulia dan indah, dan apabila kita berdoa dengan menyebut salah satu nama nama Allah tersebut maka doa yang kita panjatkan akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Allah berfirman,

“Allah mempunyai Asmaa-Ul-Husna (nama-nama yang agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah SWT), maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaa-ul-husna itu.” (QS. Al-A’raf:180)

Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai asmaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”. (QS. Al Isra’: 110)

“Dialah Allah, tiada Tuhan melainkan Dia, Dia mempunyai al-asmaul-husna (nama-nama yang baik)”.(QS. Thaha:8)

Dari Abu Hurairah ra ia berkata Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: 

“Sesungguhnya Allah s.w.t mempunyai 99 nama, iaitu seratus kurang satu, barangsiapa menghitungnya (menghafal seluruhnya) masuklah ia kedalam syurga”. (Riwayat Bukhari).

webinar umroh.com

Baca juga: 10 Manfaat Membaca Asmaul Husna, Apa Saja?

Mengamalkan Asmaul Husna

Mengamalkan asmaul husna sebagai amalan yang paling berharga. Mengagungkan nama Allah merupakan sebagai bentuk kecintaan kita kepada Pemilik Semesta ini. Mengamalkan Asmaul Husna juga memberikan kebaikan bagi hati kita akan memiliki kesempurnaan takut kepada Allah Ta’ala dan akan selalu menunaikan kewajibannya sebagai hamba atau ciptaan-Nya.

Syekh Shâlih al-Ja’fari, adalah sebagaimana Asma’ yang disebut. Disebutkan dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât,

“Menyebut Asma’ul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asma’ul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asma’ul Husna.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Keutamaan Asmaul Husna

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, asmaul husna memiliki keutamaan yang luar biasa. Mulai terkabulnya doa yang menggunakan asmaul husna hingga pahala surga bagi yang mengamalkannya. Berikut ini keutamaan asmaul husna, diantaranya.

1. Doa dengan Asmaul Husna Akan dikabulkan Allah SWT

Berdoa dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah, baik secara keseluruhan atau disesuaikan dengan konteks doanya akan membawa keutamaan dikabulkan doanya. Allah SWT juga telah memerintahkan kita berdoa dengan menyebut namaNya.

Allah berfirman,

“Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapatkan balasaan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 180)

2. Rasulullah menganjurkkan mempelajarinya

Ketika menjelaskan Surat Al- A’raf ayat 180 dalam tafsirnya. Ibnu Katsir mencantumkan hadist tentang doa asmaul husna. Mendengar sabda Rasulullah, seorang sahabat bertanya:

“Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya.” (HR. Ahmad).

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Masuk Surga

Keutamaan asmaul husna yang luar biasa adalah siapa yang hafal 99 asmaul husna dan meruninginya, ia akan masuk surge. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alihi wasallam,

“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surge.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menerngkan, pengertian dari ahshoohaa adalah menghitung, menghafal, dan merenungi maknanya.

Dari yang diterangkan oleh Syaikh Abdul Aziz Bin Baz ada 3 poin penting tersebut yang perlu dipahami, diantaranya.

4. Merenungkan akan makna dari Asmaul Husna tersebut

Kita dianjurkan untuk merenungkan makna dari Asmaul Husna, seperti contoh Ar-Rahman yakni maha pengasih, kita renungkan bahwasannya Allah Ta’ala itu adalah zat yang maha mengasihi semua makhluknya tanpa terkecuali dan kita mengimani akan hal tersebut.

5. Menghafalkan Asmaul Husna

Keutamaan dari menghafal Asmaul Husna adalah kita akan menjadi manusia yang lebih rendah diri dan rendah hati, karena setelah kita merenungkan dan menghafal setiap nama-nama Allah yang mulia (Asmaul Husna) kita akan tersadar bahwasanya kita adalah makhluk yang amat lemah dan tak punya daya upaya kecuali atas pertolongan Allah.

6. Mengamalkan isi kandungan dari Asmaul Husna

Kita dianjurkan untuk mengamalkan isi kandungan atau makna dari setiap Asmaul Husna, seperti contoh Allah adalan zat yang maha pengampun maka sudah sepantasnya kita sebagai makhluk-Nya harus memiliki sifat yang mudah memaafkan.

Allah Ta’ala yang maha besar adalah zat yang maha pengampun kenapa kita sebagai makhluk yang sejatinya lemah tidak memiliki sifat pemaaf terhadap sesama. Jadi, bukan hanya menghafalkannya terus kita akan masuk surga, namun kita butuh pengamalan akan asma Allah tersebut.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Perlu kita ketahui, keutamaan asmaul hhusna bukan sekedar mengetahui dan menyebut namaNya saja. Kita harus merenungkan, menghafalkan, dan mengamalkan isi kandungan yang terdapat di asmaul husna. Semoga kita bisa menjadi seorang muslim yang terbaik, yakni selamat dunia dan akherat. Aamiin