1
Doa Muslim Lifestyle

10 Manfaat Membaca Asmaul Husna

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah SWT yang terdapat dalam Al-Qur’an. Allah SWT adalah Zat yang Maha Agung dan Maha segalaNya. Asmaul Husna juga merupakan gambaran bahwa Allah SWT merupakan segala hal yang berupa segala kekuasaan yang ada di dunia ini dan kekuasaan Allah SWT tidak akan pernah ada yang bisa membandingkan. Baik dari teknologi maupun manusia itu sendiri.  Sebagai seorang muslim tentunya kita pasti tahu bahwa terdapat 99 nama Asmaul Husna yang dimiliki oleh Allah SWT. Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita terima ketika membacanya serta keistimewaan nya.

Baca juga: Makna Aamiin yang Jarang Diketahui

Berikut merupakan manfaat yang terdapat dalam nama-nama Asmaul Husna: 

1. Mengenal Siapa Allah SWT

Dengan membacanya, kita dapat mengenal Allah SWT secara lebih dalam dan mengetahui siapa Allah SWT tersebut melalui sifat-sifat yang terdapat dalam Asmaul husna. Dengan mengetahui hal tersebut maka membuat kita semakin yakin bahwa Allah SWT yang layak kita sembah karena semua kebaikan terdapat pada Allah SWT. Kita dapat pula mengetahui bahwa hanya Allah SWT lah yang layak untuk diagungkan serta seisi di dunia ini hanya lah milik Allah SWT. Kita hanya sebagian kecil dari milik Allah SWT. Maka tidak pantas untuk disombongkan dengan apa yang kita punya. Karena semua itu hanya milik Allah SWT semata. Sebagai manusia kita juga tidak boleh berharap lebih kepada manusia lainnya, karena ada Allah SWT yang pantas untuk kita harapkan dan Allah SWT tidak akan pernah berdusta kepada umatnya.

manfaat baca asmaul husna
source: freepik.com

2. Bertambahnya iman 

Umroh.com merangkum, membaca Asmaul Husna tentunya akan membuat kita semakin menambah keimanan kepada Allah SWT karena dengan membaca berulang-ulang kita dapat berpikir secara lebih dalam bahwa hanya Allah lah yang maha besar dan kita pun bertambah imannya, bahwa hanya Allah SWT yang patut kita sembah tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Tentunya ini akan berbeda dengan orang-orang yang tidak pernah membacanya.

Baca juga: Sudahkah Anda Sholat Hari Ini? Yuk Lihat Jadwal Lengkapnya di Sini

3. Mengenal kebesaran Allah 

Semakin kita sering membaca Asmaul Husna maka semakin tau pula tentang kebesaran Allah SWT yang ada di bumi ini,  ketika kita mengetahui tentang kebesaran Allah SWT maka kita akan semakin tunduk dan taat kepada Allah SWT. Kita hanyalah sebagian kecil yang telah Allah ciptakan di bumi ini, maka jangan pernah menjadi orang yang sombong sedangkan harta yang kamu miliki dari Allah SWT yang maha besar atas segalanya.

4. Menjauhi dari kekafiran 

Kafir adalah menyembah selain Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang dan tentunya harus kita hindari. Sebagai orang yang beriman kita harus menghindari kekafiran dengan cara sholat lima waktu dan mengerjakan amalan yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an serta membaca Asmaul Husna agar kita mengetahui sifat-sifat Allah SWT.

Baca juga: Penting! Ini Bacaan Wajib saat Malam Nisfu Syaban

webinar umroh.com

5. Semakin bertambahnya ilmu pengetahuan

Ketika kita mengetahui tentang sifat-sifat Allah SWT melalui membaca Asmaul Husna maka ilmu pengetahuan kita pun akan bertambah, karena didalam nama-nama Asmaul Husna terdapat tentang ilmu pengetahuan mengenai lingkungan, alam dan apa yang telah Allah ciptakan. Tentunya untuk mengetahui semuanya kita harus membacanya dan memahaminya serta harus menggunakan pikiran yang logis dan mencari ilmu pengetahuan yang menyangkut tentang apa yang dibahas dalam nama-nama tersebut. 

manfaat baca asmaul husna
source: freepik.com

6. Senantiasa mengingat Allah 

Membaca Asmaul Husna adalah dengan satu cara untuk mengingat Allah SWT, karena didalam nama-nama itu terdapat sifat-sifat Allah SWT yang banyak tidak diketahui oleh manusia yang tidak pernah membacanya. Dengan membaca nama-nama Allah tentunya kita akan mengingat kepada Allah SWT dan lebih terkoordinasi dengan apa yang Allah perintahkan.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

7. Senantiasa Bersyukur akan Nikmat Allah

Dengan membaca Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah kita pun juga akan senantiasa bersyukur. Kita akan mengingat bahwa tidak ada kenikmatan dan keselamatan yang diberikan dalam hidup kita selain dari yang Allah berikan. Tanpa yang Allah berikan dari kekuasaan dan kemahabesaran-Nya kita tidak akan bisa selamat baik di dunia dan akhirat.

Baca juga: Banyak Pilihat Paket Umroh Sesuai dengan Kantong Anda di Sini

8. Takut Akan Siksaan Allah

Satu-satunya Zat yang layak untuk ditakuti adalah Allah. Siksaan Allah adalah siksaan yang sangat pedih bagi hamba-hambaNya yang senantiasa melanggar aturan dan tidak pernah taat kepada Allah SWT. Untuk itu, tidak da hal yang harus kita hindari selain dari siksaan Allah. Dengan membaca Asmaul Husna kita bisa memahami bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang namun akan memberikan siksaan yang berat bagi mereka yang tidak mau mengikuti aturan Allah.

manfaat baca asmaul husna
source: freepik.com

9. Senantiasa Mengingat Hukum atau Aturan Allah

Dengan membaca asmaul husna kita pun akan senantiasa mengingat hukum atau aturan Allah. Hukum atau aturan manusia mungkin bisa ditawar atau diubah-ubah, tetapi tidak dengan hukum atau aturan yang Allah buat. Jika manusia menjalankannya maka keselamatan akan didapatkan, sedangkan jika tidak dipatuhi, Allah tidak akan rugi sedikitpun. Justru manusia lah yang membutuhkannya dan memerlukan keselamatan.

Baca juga: Keutamaan dan Kehebatan Ayat Kursi

10. Termotivasi Mencari Ridho Allah

Dengan membaca Asmaul Husna kita bisa termotivasi untuk mencari ridho Allah. Ridho Allah ada pada keberkahan hidup kita. Membaca Asmaul Husna tentunya mengingatkan kita bahwa Ridho Allah akan datang pada mereka yang benar-benar mengingat dan mau untuk mengikuti aturan Allah.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga kita dapat terus membaca dan mengamalkan nama-nama Asmaul Husna agar kita dapat bersyukur dan menyadari betapa besarnya kekuasaan Allah SWT yang ada dimuka bumi ini.