Doa Muslim Lifestyle

Jarang Diketahui, Ini Keutamaan Melaksanakan Sholat Hajat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti memiliki keingan atau harapan baik itu kecil maupun besar di dalam hidupnya. Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya tak semudah membalikan telapak tangan. Terkadang Allah swt memberikan ujian dan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada manusia tersebut untuk senantiasa berusaha dan berdoa terlebih dahulu dengan sungguh – sungguh. 

Baca juga: Jumlah Rakaat Sholat Hajat

Ketika harapan, kebutuhan atau keinginan itu dirasa besar, Rasulullah saw mengajarkan kita untuk tidak hanya berdoa namun mendahuluinya dengan sholat sunnah dua rakaat. Seperti yang sudah kita ketahui, di dalam islam tak hanya sholat wajib saja yang musti kita kerjakan. Akan tetapi terdapat sholat sunnah yang sejatinya tak kalah penting dan tak kalah besarnya pahala yang di dapat apabila dilaksanakan dengan niat yang baik. Sholat sunnah dua rakaat yang dimaksud di atas dengan maksud meminta pertolongan Allah inilah yang disebut dengan sholat sunnah hajat.

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda di Sini

Umroh.com merangkum, sholat sunnah hajat ialah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta atau memohon kepada Allah swt agar dikabulkannya hajat, keinginan maupun kebutuhan setiap umat muslim diseluruh dunia. Sholat sunnah hajat ini pada umumnya dikerjakan oleh sebagian umat muslim yang biasanya ingin senantiasa diberi kesehatan, rezeki, segera di pertemukan dengan jodohnya, dilancarkan pekerjaannya, dan masih banyak lagi. Seperti sholat sunnah pada umumnya.

keutamaan sholat sunnah hajat
source: freepik.com

Keutamaan sholat sunnah hajat

1. Dicintai Allah swt

Sholat merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri pada Allah, tidak hanya sholat wajib saja namun pada kenyataannya sholat sunnah pun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

sholat hajat ini merupakan ibadah sunnah. Melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti ini akan mendatangkan kecintaan Allah swt.

Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

2. Ditinggikan Derajatnya

Dengan memperbanyak sholat, seorang hamba akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu” (HR. Muslim).

keutamaan sholat sunnah hajat
source: freepik.com

3. Diampuni Dosanya

Dengan memperbanyak sholat, seorang hamba juga akan diampuni dosanya oleh Allah swt. Mengerjakan sholat ini termasuk memperbanyak sholat dan memperbanyak sujud sebagaimana hadits di atas.

4. Hajatnya Dikabulkan

Sholat hajat merupakan salah satu salat yang dilakukan ketika seseorang memiliki keinginan atau hajat tertentu. Sangat jelas bahwa salah satu keutamaan dari seseorang melakukan sholat hajat adalah agar terkabulnya doa – doa dan juga keinginan yang diinginkannya. Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mengutip hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

5. Mendapatkan surga

Selain mengharapkan agar dapat terkabul segala keinginannya seorang yang melakukan sholat hajat juga dapat mendapatkan surga Allah swt. Hal ini disebabkan karena dengan melakukan sholat hajat itu berarti Anda juga mendekatkan diri kepada Allah dan menjalankan segala perintah Allah. Barang siapa yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah Insya Allah akan mendapatkan surga Allah swt.

keutamaan sholat sunnah hajat
source: freepik.com

6. Diberi petunjuk dan diberi kemudahan

Melakukan sholat hajat juga merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ketika anda sudah mendekatkan diri kepada Allah swt, maka Allah swt akan mempermudah setiap langkah yang akan kita lakukan dalam segala kegiatan dan diberi petunjuk agar selalu berada di jalan yang benar.

7. Meningkatkan keyakinan kepada Allah

Sholat hajat merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan keyakinan anda akan kuasa Allah swt. Hal ini disebabkan karena ketika anda melakukan sholat hajat berarti anda akan selalu yakin bahwa Allah selalu bersama anda dan Allah akan mengabulkan doa-doa yang anda panjatkan. 

Baca juga: Macam-macam Sholat Sunnah dalam Islam

Demikian sedikit penjelasan mengenai keutamaan dari sholat sunnah hajat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua. 

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini