1
Doa

7 Keutamaan dari Sholat Witir, Apa Saja?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat sunnah witir mungkin sudah sering kita dengar dan kita laksanakan. Namun, sebagian dari anda mungkin hanya sebatas mengetahui jika sholat sunnah witir ini dikerjakan hanya pada bulan ramadhan saja, selepas mengerjakan sholat sunnah tarawih. Padahal sholat sunnah witir ini merupakan sholat sunnah ganjil yang dikerjakan diantara sholat isya dan terbitnya fajar ( masuknya waktu subuh ).

Baca juga: Bacaan Lengkap Doa Sholat Witir yang Perlu Diketahui

Umroh.com merangkum, sholat Sunnah Witir tergolong ke dalam sholat sunnah muakad. Biasanya dilakukan sebagai penutup dari sholat malam yang telah anda kerjakan. Rasulullah saw pun termasuk yang selalu mengutamakan sholat sunnah tersebut dan enggan sekali meninggalkannya. Karena ternyata dalam sholat sunnah witir ini menyimpan keutamaan – keutamaan yang luar biasa di dalamnya.

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Lengkap untuk Daerah Anda di Sini

Keutamaan Sholat Witir

1. Amal yaumiyah Rasulullah

Sholat witir merupakan salah satu amal yaumiyah yang dilakukan Rasulullah saw. Beliau biasa mengerjakan sholat sunnah ini sebagaimana hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu yaitu :

“Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunnah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam” (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi; shahih lighairihi).

keutamaan sholat witir
source: shutterstock

2. Sebagai tambahan sholat dan penyempurna sholat malam

Sholat sunnah witir sebagai sholat tambahan. Hadits berikut menjelaskan bahwa sholat witir adalah sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan di antara waktu sholat fardu yaitu isya dan sebelum waktu subuh datang. Dengan melaksanakan sholat witir kita bisa menambah sholat dan tentunya mendapatkan pahala dari sholat tersebut. Sebagaimana hadits berikut ini

إِنَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، وَهِيَ الْوِتْرُ، فَصَلُّوْهَا فِيْمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى صَلاَةِ الْفَجْرِ

webinar umroh.com

‘Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan sholat, yaitu sholat Witir, maka sholat Witirlah kalian antara waktu sholat ‘Isya’ hingga sholat Shubuh.’” [HR. Ahmad]

نَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، فَحَافِظُوْا عَلَيْهَا، وَهِيَ اَلْوِتْرُ

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan sholat, maka peliharalah dia, yaitu sholat Witir.

Selain sebagai tambahan sholat dan menjadikan amalan baik, Sholat witir sejatinya dilaksanakan sebagai penutup dari sholat malam yang telah dilaksanakan baik sebelum maupun setelah bangun tidur. Tanpa sholat witir tidak akan sempurna sholat malam atau qiyamul lail seseorang. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini

جْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

“Jadikanlah akhir sholat kalian di malam hari dengan sholat Witir”

Baca juga: Definisi Sholat Witir yang Jarang Diketahui Umat Muslim

3. Sholat sunnah witir sangat dicintai Allah

Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah tunggal. Sebagaimana rakaat sholat sunnah witir yang ganjil,  dan witir merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah  SAW berikut ini

نَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

Sebagai umat muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah tentunya kita juga akan mencintai apa yang di cintai oleh Allah dan berusaha untuk melaksanakan segala perintahnya termasuk menjalankan sholat sunnah witir.

 4. Sholat yang lebih baik dari unta merah

Hadits menyebutkan bahwa keutamaan sholat witir adalah lebih baik dari unta merah. Hal ini berarti bahwa sholat witir yang dikerjakan bernilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama bila dikerjakan sebelum waktu sholat subuh datang. Berikut hadits yang menyebutkan keutamaan tersebut.

Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah sholat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu sholat witir, dan telah menjadikannya berada diantara sholat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

5. Dikabulkan doanya

Saat melaksanakan sholat witir adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan merupakan waktu yang dekat dengan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah sholat witir bisa jadi merupakan salah satu doa yang akan di kabulkan oleh Allah SWT. 

keutamaan sholat witir
source: shutterstock

6. Sholatnya disaksikan malaikat

Sholat witir yang dilaksanakan di penghujung malam akan disaksikan oleh malaikat dan tentunya akan membawa keberkahan serta ikut mendoakan kita kepada Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits berikut ini yang diriwayatkan oleh imam Muslim

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu’awiyah] dari [Al A’masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

7. Diberi petunjuk dan kekuatan oleh Allah SWT

Orang yang melaksanakan sholat witir akan senantiasa merasa kuat dalam menghadapi cobaan di dunia dan doanya akan senantiasa di dengar oleh Allah SWT. Allah SWT akan senantiasa memberi petunjuk bagi umatnya yang menjalankan perintahnya serta melakukan apa yang dia cintai. 

Demikian penjelasan mengenai keutamaan dari sholat sunnah witir yang dapat kita ketahui dan semoga setelah mengetahui keutamaan sholat witir tersebut kita bisa mengamalkannya utamanya setelah melaksanakan sholat tarawih di bulan ramadhan.