Umroh Umroh & Haji

5 Keutamaan Umroh yang Harus Kamu Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh dan Haji adalah ibadah istimewa yang dirindukan oleh setiap umat muslim. Allah menjanjikan banyak keutamaan bagi hambaNya yang memenuhi undangan untuk melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Ada beberapa keutamaan yang akan kita dapat jika melakukan ibadah di Tanah Suci.

Lima keutamaan ibadah di Tanah Suci bagi kita.

1. Tanah Suci Merupakan Tempat Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan umroh yang pertama, saat melaksanakan Umroh, seseorang akan menunaikan sholat dan berdoa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kedua tempat tersebut adalah tempat paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Jika berdoa di sana, Insya Allah akan lebih cepat diijabah. Rasulullah SAW berkata, “Orang yang mengerjakan Haji dan Umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadaNya, pastilah dikabulkannya. Jika mereka memohon ampunan pasti diampuniNya” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Baca Juga: Setelah Memiliki Niat Untuk Ibadah Umroh, Sebaiknya Mencari Paket Umroh dengan Harga Terbaik

2. Keutamaan Umroh Kedua, Mendapat Pahala yang Beribu Kali Lipat

Saat seseorang shalat sendiri, ia akan mendapat satu pahala sholat. Akan tetapi, jika kita sholat di Tanah Suci, kita akan mendapat pahala ribuan kali lipat. Hal tersebut sesuai dengan Hadis yang diriwayatkan Ahmad dan Ibnu Majah.

Dijelaskan dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1.000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya”.

3. Menghapus Dosa

Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa orang yang melakukan Umroh secara berurutan. Misalnya jika seseorang telah melakukan Umroh sekali, kemudian beberapa tahun kemudian ia melaksanakan Umroh lagi, maka dosa-dosanya di antara dua Umroh tersebut akan diampuni oleh Allah.

Dalam Hadis yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah SAW menjelaskan, “Suatu Umroh kepada Umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga”.

Baca Juga: 4 Rukun Umroh

Keutamaan Umroh

4. Allah SWT akan Menjauhkannya dari Kemiskinan

Biaya untuk melaksanakan Umroh memang tidak murah. Itulah yang membuat banyak orang ragu menggunakan tabungannya untuk melaksanakan Umroh. Perlu diketahui, salah satu keutamaan Umroh adalah dijauhkan dari kemiskinan. Dengan begitu, tidak perlu takut untuk mengeluarkan tabungan karena Allah SWT akan menggantinya di kemudian hari.

Dalam hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Ikutkanlah Umroh kepada Haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali syurga”.

5. Keutamaan Umroh Kelima, Memperoleh Ketenangan

Hati yang tenang akan diperoleh mereka yang menunaikan Umroh. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh ‘Ula Al-Mubarakfuri, bahwa Haji dan Umroh menghilangkan kefakiran, bisa bermakna kefakiran secara dzahir dengan terwujudnya kecukupan harta, bisa juga bermakna batin yaitu terwujudnya kekayaan dalam hati.