Umroh Umroh & Haji

Keutamaan-keutamaan Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap seorang muslim tentunya tidak akan asing lagi mendengar kata umroh dan haji. Umroh dan haji merupakan rukun Islam yang wajib dilakukan bagi orang yang mampu dalam materi maupun mental. Bila Anda ingin berangkat umroh maka harus mengetahui keutamaan umroh.

Keuntungan beribadah umroh adalah bisa berangkat kapan saja ketika orang tersebut mampu dan tak perlu menunggu lama seperti layaknya haji.

Umroh dan haji perbedaannya ada pada kegiatannya, contohnya lempar jumroh dan pergi wukuf. Untuk pelaksanaan umroh sendiri sama seperti haji yaitu di Masjidil Haram dan masjid Nabawi. Walaupun umroh sendiri mempunyai sifat Sunnah namun ibadah umroh memiliki banyak faedahnya bagi yang mengerjakan.

Baca Juga: Anda Bisa Mencari Berbagai Paket Umroh dengan Harga Terbaik, di sini.

7 Keutamaan Umroh

1. Keutamaan Umroh Pertama, Jihad bagi perempuan

Jihad sendiri adalah berjalan di jalan yang Allah ridho dan memiliki pahala yang sangat besar Dimata Allah SWT. Bahkan Allah SWT pun telah menjanjikan surga bagi siapa saja yang menjalankan jihad yang tulus karena Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda : Pokok urusan adalah Islam, tiangnya itu shalat, sedangkan puncaknya adalah jihad.” (HR. Al-Tirmidzi)

Jika seorang lelaki berperang di jalan Allah SWT dan membela agama islam, maka seorang perempuan pun dapat berjihad dijalan Allah melalui umroh dan haji, karena dengan umroh dan haji maka seorang perempuan akan menjadi kuat dan tidak lagi lemah karena melawan kemalasan serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dari Abu Hurairah radhiallaahu anhu, dari Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam, beliau bersabda: “Jihad orang yang tua, orang yang lemah dan wanita adalah haji dan umrah.” (HR. An-Nasa’i)

2. Keutamaan Umroh Kedua, Dihapuskan dosa-dosanya

Ketika seseorang melaksanakan ibadah umroh dalam hidupnya dan itu pengalaman yang pertama kali, dan orang tersebut melakukan ibadah umroh Ketahun berikutnya, maka dosa-dosanya dari rentang hari ia melakukan ibadah umroh yang pertama dengan ibadah umroh yang kedua maka akan diampuni dosa-dosa nya oleh Allah SWT.

“Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga.” (HR. Bukhari)

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Umroh

3. Dijanjikan surga

Seseorang yang sedang melaksanakan umroh dan sudah melaksanakan maka Allah SWT telah menjanjikan sebuah surga untuknya, jika seseorang tersebut melakukan ibadah umroh dengan hati yang tulus dan tidak ada riya’ untuk disombongkan kepada orang. Hadist Bukhari pun menjelaskan bahwa siapa saja yang menjalankan umroh dengan ikhlas maka akan mendapatkan ganjaran surga untuknya.

4. Dijauhkan dari kemiskinan

Untuk melakukan ibadah umroh maka tak perlu sayang untuk mengeluarkan duit yang mahal, karena jangan pernah khawatir Allah SWT akan melipatgandakan rejeki yang telah kita keluarkan untuk ibadah umroh dan menemui panggilan Allah SWT. Perlu diketahui bahwa sekian banyaknya keutamaan umroh yaitu menjauhkan dari kemiskinan.

Ketika kita hendak melaksanakan ibadah umroh maka kita tidak akan pernah menjadi seseorang yang miskin, bahkan sebaliknya kita akan menjadi orang yang sangat beruntung dan rejeki pun akan semakin lancar mengalir sebagai pengganti uang yang telah kita keluarkan untuk ibadah umroh.

 Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”(HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Baca Juga: Perbedaan Haji dan Umroh

5. Hidup menjadi lebih berkah

Dalam menjalankan ibadah umroh, seseorang harus menjalani nya dengan penuh khusu’ dan ikhlas. Ketika khusu dan ikhlas maka ibadah umroh kita akan bernilai dan mendapatkan pahala dan menjadi ibadah yang mabrur.

Dalam artian ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi serta semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kondisi ini pun akan berbeda dengan yang sebelum kita melaksanakan ibadah umroh.

6. Memperoleh ketenangan hati

Seseorang yang telah melaksanakan umroh tentunya akan berbeda dengan yang belum melaksanakan umroh. Ketika seseorang melaksanakan umroh tentunya akan semakin dekat dengan Allah dan memiliki ketenangan hati, karena selalu berpikir positif tentang hidup dan hidup menjadi tentram tanpa memikirkan kehidupan di dunia. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Abul ‘Ula Al-Mubarakfuri rahimahullah :

Haji dan umrah menghilangkan kefakiran, bisa bermakna kefakiran secara dzahir, dengan terwujudnya kecukupan harta. Bisa juga bermakna batin yaitu terwujudnya kekayaan dalam hati.”(Tuhfatul Ahwazi).

7. Memperoleh pahala sholat sebanyak 1000 – 100.000 kali lipat

Biasanya ketika seseorang sholat fardhu dan sholat Sunnah sendirian maka pahalanya akan mendapatkan 1 pahala, dan ketika sholat jamaah maka akan mendapatkan 7 pahala. Tentunya ini akan berbeda ketika para jamaah umroh sholat di tanah suci Mekkah, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Ketika sholat di masjid Nabawi maka akan mendapatkan pahala sebanyak 1000 kali lipat dan ketika sholat di Masjidil Haram maka memiliki pahala sebanyak 100.000 kali lipat.

Dari Jabir bin ‘Abdillah “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah,. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani). 

Baca Juga: Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Umroh

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini