Muslim Lifestyle

Ide Lomba untuk Hari Kemerdekaan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bulan Agustus adalah bulan yang sangat istimewa bagi rakyat Indonesia, karena bulan tersebut bulan dimana rakyat Indonesia akan merasakan kebahagian dan berbagi kebahagiaan kesesama tetangga maupun kekeompakan antar kelompok. Biasanya masyarakat akan mengadakan lomba 17 Agustus.

74 tahun yang lalu tepatnya 17 Agustus 1945 rakyat Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan  melalui sang proklamator, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan republik Indonesia yang telah dinanti sejak 3,5 abad lamanya.

Oleh karena itu bulan Agustus sangat ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia karena bulan Agustus adalah bulan untuk menyambut hari lahir bangsa Indonesia. Biasanya bulan Agustus disambut dengan kemeriahan pesta rakyat dengan berbagai macam lomba.

Baca Juga: Promo Umroh untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Umroh.com memiliki beberapa ide lomba 17 Agustus untuk dewasa dan anak-anak. Silakan mencobanya.

Ide lomba 17 Agustus untuk Dewasa

1. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang adalah lomba yang sangat mainstream, dimana semua peserta membentuk sebuah kelompok untuk naik ke atas pohon pinang yang dilumuri oleh oli/minyak kelapa supaya pohon pinang tersebut menjadi licin. Peserta diharuskan naik ke atas pohon pinang untuk menggambil hadiah yang telah diikat diatas pohon pinang tersebut. Para peserta diminta untuk kompak dengan kelompoknya karena panjat pinang ini memiliki filosofi saling tolong menolong dan membantu antar manusia.

2. Lomba balon joget suami istri

Lomba ini hanya bermodalkan balon untuk diselipkan diantara wajah suami istri. Biasanya untuk memeriahkan acara terdapat musik agar para peserta suami istri dapat berjoget. Peserta diwajibkan untuk berjoget. Pemenang nya adalah peserta yang tidak jatuh balonnya atau pecah.

3. Lomba memasak bapak-bapak

Biasanya lomba ini dikhususkan untuk para bapak-bapak. Para bapak-bapak diminta memasak menu makanan yang sederhana namun enak. Lomba ini diadakan karena para bapak-bapak harus bisa belajar mandiri jika ditinggal istri untuk keluar rumah.

4. Lomba gendong istri

Untuk para suami yang memiliki istri mungkin, diwajibkan untuk mengikuti lomba ini karena lomba ini hanya bermodalkan istri. Para suami diminta untuk gendong istrinya dari garis start hingga garis finish. Lomba gendong istri nya ini juga dapat membuat rumah tangga semakin romantis tentunya.

5. Lomba ibu rias bapak dengan mata tertutup

Sebenarnya lomba ini sangat menyiksa para bapak-bapak, karena ibu-ibu yang mendadani para bapak-bapak matanya ditutup oleh panitia menggunakan kain penutup mata. Para ibu-ibu harus mendadani bapak-bapak dengan cantik.

6. Lomba nyuwun tempe/Songih tempe

Lomba ini bertujuan untuk para ibu-ibu dapat berkonsentrasi dan menjaga keseimbangan tubuhnya agar tempe yang dibawa diatas kepalanya tidak jatuh kebawah.

Baca Juga: Sebelum Lomba, Ketahui Dulu Sejarah Tentang Kemerdekaan Indonesia

Lomba 17 Agustus yang diperuntukkan untuk anak-anak dan dewasa

1. Lomba tangkap belut

Belut biasanya dilepas oleh panitia di Empang yang berlumur. Anak-anak diharuskan menangkap belut sebanyak mungkin, biasanya yang memiliki perasaan geli tidak akan menang karena belut mempunyai badan yang berlendir.

2. Lomba pindah belut dari baskom

Hampir memiliki kesamaan dengan lomba tangkap belut, hanya perbedaannya belut yang terdapat di baskom satu diambil untuk dipindahkan ke baskom yang satunya dimulai dari garis start hingga garis finish. Pemenang nya yang dapat memindahkan banyak belut.

3. Lomba tarik tambang ibu-ibu

Biasanya para ibu-ibu hanya memasak di dapur, tetapi di acara pesta rakyat ini, ibu-ibu bisa ikut lomba tarik tambang. Ibu-ibu membentuk kelompok dan menarik tambang, siapa yang jatuh maka kelompok ibu-ibu tersebut kalah.

4. Lomba Enggrang

Enggrang adalah salah satu kearifan lokal yang mesti dilestarikan. Ini adalah dolanan jaman dulu yang sekarang sudah tergerus jaman. Kamu akan diminta untuk menyeimbangkan tubuh di atas bambu yang sudah di desain sedemikian rupa, tidak hanya menyeimbangkan tubuh tapi kamu harus berjalan diatas enggrang tersebut. Lomba balap enggrang di acara 17 Agustusan diharapkan bisa melestarikan kearifan lokal ini.

5. Lomba gigit koin

Salah satu lomba 17 agustusan yang mainstream, lomba gigit koin. Koin ditempelkan ke melon atau semangka yang sudah dilumuri kopi/arang/cokelat/minyak sayur agar membuat peserta yang ikut wajahnya jadi cemong-cemong. Inilah yang akan membuatnya lucu.

6. Lomba perang bantal

Lomba perang bantal ini biasa dilakukan disebuah Empang dengan penyangga pohon pinang, peserta anak-anak menunggangi pohon pinang lalu memukul lawan dengan menggunakan bantal yang telah dipegang. Jika lawan jatuh ke Empang maka akan dinyatakan menang.

7. Lomba balap karung

Panitia akan menyiapkan karung untuk para peserta, peserta akan dibungkus di dalam karung di ikat sampai leher dan peserta akan dipakai kan helm.

8. Lomba memasukkan paku ke dalam botol

Para peserta akan diikat oleh tali rapia dipinggangnya dan di bawah nya akan di beri paku, para peserta harus memasukkan paku ke dalam botol yang telah disediakan oleh panitia.

Baca Juga: Ini Sejarah hingga Makna dari Bendera Merah Putih