1
Muslim Lifestyle

Perhatikan! Inilah Macam-macam Akhlakul Mazmumah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Pada dasarnya manusia di lahirkan di bumi ini dengan keadaan yang fitrah atau suci tanpa adanya suatu dosa apapun.  Akan tetapi setelah itu keluargalah yang memiliki peran penting dan terbesar dalam mendidik anaknya agar menjadi insan yang berguna. Namun tak hanya keluarga, lingkungan pun mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam terciptanya akhlak manusia menjadi buruk ataupun baik. Lalu apa saja macam-macam Akhlakul Mazmumah yang wajib dimengerti? Berikut penjelasannya.

Umroh.com merangkum, ahlakul mazmumah merupakan istilah bahasa Arab yang jika di artikan dalam bahasa Indonesia yaitu akhlak buruk atau tercela. Tentunya kita pernah melihat orang-orang yang berakhlak demikian, atau bahkan kita sendiri pun memiliki salah satu atau bahkan beberapa dari akhlak yang tidak baik ini.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Pengertian Akhlakul Mazmumah

Macam-macam Akhlakul Mazmumah

Beberapa macam-macam akhlakul mazmumah yang wajib kita hindari dalam kehidupan sehari – hari agar senantiasa selamat dan dalam lindungan Allah SWT, diantaranya ialah :

1. Ananiyah (egois)

Kita sebagai manusia hidup di dunia tidaklah menyendiri, tetapi berada di tengah-tengah masyarakat yang saling membutuhkan satu sama lain, karena manusia adalah makhluk sosial. Jika kita berbuat baik tentunya akan memperoleh hasil yang baik pula, tetapi jika perbuatannya buruk masyarakat pun turut menderita. Sebagai umat muslim kita harus senantiasa saling tolong menolong, karena manusia tidak dapat hidup sendiri dalam masyarakat, ia mutlak memerlukan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu, dalam hidup bermasyarakat kita harus senantiasa berbaur satu sama lain dan saling membantu. Karena jika kita hanya mengedepankan sifat egois, kita hanya akan di jauhi banyak orang dan terkesan dapat hidup sendiri meski tanpa bantuan orang lain.

2. Al- Buhtan (Dusta)

Dusta merupakan sifat mengada-ada sesuatu yang tidak ada, dengan maksud untuk merendahkan seseorang. Orang yang memiliki sifat dusta perkataannya akan sulit atau tidak di percayai orang lain. Kelak di dunia ia akan mendapat derita dan di akhirat akan mendapat siksaan. Kita harus lebih berhati-hati dalam menghadapi orang-orang yang memiliki sifat dusta, hendaknya jangan mudah percaya dengan segala ucapannya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Al-Istikbar (Sombong) 

Sombong yaitu menganggap dirinya lebih dari yang lain sehingga ia berusaha menutupi dan tidak mau mengakui kekurangan dirinya, selalu merasa bahwa dirinya lebih besar, lebih kaya, lebih pintar dan lebih di hormati. Orang yang memiliki sifat tersebut biasanya menganggap atau memandang orang lain lebih buruk, lebih rendah dan tidak mau mengakui kelebihan orang lain.

4. Al-Hasad (Dengki)

Dengki merupakan suatu keadaan pikiran yang membuat dirinya merasa sakit jika orang lain mendapat suatu kesenangan dan ia ingin agar kesenangan itu di ambil dari orang itu meskipun ia sendiri tidak mendapatkan keuntungan apapun dengan hilangnya kesenangan itu.

webinar umroh.com

5. Al-Ishraf (Berlebihan)

Maksud berlebihan disini yaitu menyianyiakan sesuatu tanpa manfaat, melebihi batas di setiap perbuatan, misalnya seperti menyianyiakan harta, makan dan minum berlebih-lebihan dan berpakaian yang terlalu menyolok. Hal tersebut sangat di larang dalam agama islam. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Tak hanya melancarkan rezeki, umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk berangkat ke tanah suci dan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bahaya yang ditimbulkan dari Sifat Ahlakul Mazmumah

Umroh.com merangkum bahwa, Dengan memiliki sifat ahlakul mazmumah tentunya akan ada dampak yang di timbulkan dan mendatangkan pada perbuatan dosa. Apa saja bahayanya? Berikut penulis rangkum untuk Anda semua :

  1. Terhalangnya rezeki, sesuai dengan hadist yang di riwayatkan Imam Ahmad “Seorang hamba bisa terhalang rezekinya karena dosa yang menimpanya”. Siapa pun yang memiliki akhlak buruk dalam menjalani kehidupan sehari-hari, niscaya Allah SWT mempersulit rezekinya.
  2. Kemaksiatan hanya akan menyebabkan kehinaan, dan kebaikan akan melahirkan kebanggaan dan juga kejayaan.
  3. Dengan melakukan tindakan maksiat dapat memperpendek umur dan menghapus keberkahan, maksudnya yaitu jika kita menjalankan salah satu dari akhlak tercela hanya akan membawa kita pada ketidak berkahan dalam hidup.
  4. Terhalangnya ilmu agama karena ilmu itu cahaya yang diberikan allah di dalam hati, tertutup oleh maksiat yang mematikan itu.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Dari tulisan diatas dapat kita simpulkan bahwa kita hanya cukup mengetahui tentang ahlakul mazmumah bukan untuk mencontohnya apalagi mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, tentunya sifat seperti itu harus kita hindari dan kita hilangkan dari dalam diri. Untuk itu kita harus memerangi ahlakul mazmumah dalam kehidupan sehari-hari, jangan sampai kita memiliki salah satu sifat tersbut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.