1
Muslim Lifestyle

Jangan Salah, Ini Pengertian Akhlakul Mazmumah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap manusia yang hidup di dunia tentunya memiliki perilaku dan sikap yang berbeda-beda. Mungkin diantara kita sudah tidak asing lagi mendengar ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa apa yang kita tabur selama hidup di dunia, itu juga yang akan kita peroleh. Jadi apabila Anda berperilaku buruk tentunya hasil yang Anda peroleh juga akan  buruk, namun sebaliknya jika Anda senantiasa berperilaku baik maka Anda akan menuai hasil yang baik pula. Berikut ini akan dijelaskan soal pengertian akhlakul mazmumah yang wajib dipahami.

Baca juga: Catat! Ini 10 Contoh Perilaku Akhlakul Karimah dalam Kehidupan

Pengertian Akhlakul Mazmumah

Sudahkah Anda tau apa yang di maksud dengan akhlakul mazmumah? Akhlakul mazmumah atau yang biasa kita sebut dengan akhlak tercela yaitu segala macam bentuk perbuatan, ucapan dan juga perasaan seseorang yang bisa merusak iman dan tentunya mendatangkan dosa untuk diri sendiri.

Umroh.com merangkum, pada dasarnya akhlakul mazmumah sudah ada sejak lahir baik wanita maupun pria yang tertanam di dalam  jiwa setiap manusia. Setiap manusia lahir di dunia secara fitrah (tidak berdosa), namun dapat berubah menjadi ahlak buruk apabila manusia itu lahir dan tumbuh berkembang pada keluarga dan lingkungan yang kurang baik, serta pendidikan yang tidak baik sehingga menghasilkan akhlak yang buruk. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Bagian Akhlakul Mazmumah

Akhlakul mazmumah sendiri dapat di katagorikan menjadi tiga bagian, yaitu dari segi tindakan, ucapan dan juga hati. Ketiga hal tersebut akan penulis bahas satu persatu, berikut pembahasannya :

1. Segi tindakan

Tanpa kita sadari kita senantiasa melakukan perilaku yang tercela dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu Dzolim . Dzolim merupakan suatu tindakan atau perbuatan yang menyakiti hati orang lain, sedangkan yang Anda sakiti tidak mampu atau tidak berdaya untuk membalas, mereka hanya mampu bertahan atas semua perlakuan dari pelaku. 

Selanjutnya mencuri, merupakan suatu tindakan mengambil barang seseorang tanpa sepengathuannya. Mencuri sendiri tak hanya mengambil barang, namun dapat berupa mencopet (tidakan yang dilakukan individual), merampok (tindakan yang dilakukan secara bergerombol), dan korupsi (tindakan yang dilakukan pejabat terhadap rakyatnya).

Berkehali atau bertengkar, perselisihan antara dua orang atau lebih karena suatu masalah dan menyelesaikannya dengan cara kekerasan, salah satunya yaitu tawuran dan juga pengeroyokan.

webinar umroh.com

Membunuh, suatu tindakan menghilangkan nyawa seseorang. Membunuh merupakan salah satu perbuatan yang di benci oleh Allah SWT, baik itu di sengaja, maupun pembunuhan bersalah.

2. Segi ucapan

Tim Umroh.com memaparkan, berkata kotor, suatu ucapan yang bisa menyinggung orang di sekitarnya. Meskipun ucapan itu tidak kotor tetapi dengan nada-nada keras yang bisa menyinggung orang lain, maka ucapan tersebut di katagorikan sebagai akhlakul mazmumah.

Adu domba, segala ucapan yang dilontarkan kepada dua orang dengan maksud untuk mengadu dan merenggangkan hubungan antara keduanya, Karena sesuai hadist Rasulullah SAW “tidak akan masuk surga orang yang suka mengadu domba”.

Ghibah atau mengunjing adalah menceritakan keburukan orang lain, dimana jika dia mendengarkan maka ia akan tersinggung. Barang siapa yang senang berghibah maka Allah SWT menyamakan pelaku sama seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Segi hati

Tak hanya dari tindakan maupun ucapan saja, namun hati pun dapat menjadikan kita salah satu umat yang memiliki akhlak tercela diantaranya yaitu :

Khianat, perasaan ingkar atas segala kepercayaan yang telah di berikan oleh orang lain. Khianat merupakan penyakit hati yang kemudian di terapkan melalui tindakan penghianatan.

Marah atau ghadab merupakan luapan emosi akibat kekesalan pada seseorang. Sifat pemarah merupakan salah satu watak manusia pada umumnya. Namun sifat buruk itulah yang harus kita hilangkan sedikit demi sedikit, belajar menjadi lebih sabar dan juga pemaaf. Sesuai hadist Rasulullah SAW “janganlah kamu marah, maka bagimu surga”

Dendam adalah perasaan benci dan berusaha untuk membalas atas perbuatan buruk orang lain terhadap kita. Dengan memiliki sifat pendendam akan menjerumuskan kita pada tindakan criminal seperti pembunuhan, penganiayaan dan tidakan buruk lainnya.

Riya merupakan suatu kebaikan agar dirinya di lihat dan di nilai baik oleh orang lain, sifat ini sangat di larang oleh Allah SWT karena mampu menghilangkan keikhlasan dari dalam diri. 

Putus asa, suatu perasaan yang tidak akan pernah mendapat rahmat dan nikmat dari Allah SWT. Perasaan ini bisa timbul karena sebuah penderitaan dan masalah besar yang menimpa dan pada saat itulah syetan membisikan tipuan untuk menyalahkan diri, menyalahkan keadaan bahkan menyalahkan takdir dari Allah SWT, hal ini yang membuat seseorang menjadi mudah putus asa. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Sudah paham bukan apa itu akhlakul mazmumah? Dan apa saja yang dapat menjerumuskan kita kedalam perilaku tercela, nah jika sudah.. kita sebagai umat muslim harus bisa menjauhi segala bentuk tindakan yang merugikan diri kita apalagi orang lain. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.