play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

5 Makanan Buka Puasa Populer di Berbagai Kalangan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Bicara tentang puasa, tentu erat dengan berbuka puasa. Berbuka puasa dilakukan saat magrib, atau ketika matahari terbenam. Nah, saat menjelang buka puasa tentunya Anda biasa menyiapkan makanan yang lezat dan bergizi untuk mengganti tenaga yang terkuras seharian beraktivitas waktu berpuasa. Atau, Anda bisa juga membeli makanan buka puasa populer ini atau biasa disebut takjil untuk menemani berbuka.

Baca juga : Pengertian Wakaf Ini Tak Banyak Diketahui Umat Muslim

Berbuka Puasa dengan Makanan yang Sehat

Ada bermacam-macam makanan yang bisa Anda jadikan menu berbuka puasa. Buah kurma adalah salah satu makanan yang direkomendasikan serta sunnah untuk di konsumsi, karena mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Beberapa jenis buah lain juga bagus untuk di konsumsi saat berbuka. Terpenting adalah air putih, karena ion yang hilang selama puasa perlu digantikan saat berbuka.

Setelah lebih dari 12 jam berpuasa, tentunya Anda akan merasa sangat lapar saat hendak berbuka. Namun, sebaiknya hindari berbuka dengan makan besar, seperti makan nasi dengan sejumlah sayur mayur dan lauk yang lengkap secara langsung. Sebab, saat itu perut Anda belum siap menerima makanan besar dan langsung bekerja setelah beristirahat selama seharian penuh.

Umroh.com merangkum, beberapa dokter dan ahli kesehatan menyatakan sebaiknya memulai dengan makanan yang tidak dalam porsi besar. Berarti, makanan ringan atau takjil tadi adalah pilihan yang tepat. Makan besar yang paling tidak disarankan adalah makan pedas, asam, santan, dan yang berserat kasar seperti sayur kubis dan kangkung. Tidak hanya itu, ada juga buah-buahan yang sebaiknya jangan langsung di konsumsi saat berbuka, yakni nangka dan durian. Setelah makan ringan disertai minum air putih, sempatkan ibadah Sholat Magrib terlebih dahulu. Baru, Anda bisa melanjutkan dengan makan besar.

makanan buka puasa populer

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan makanan yang manis. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menjadikan kurma sebagai makanan bukaan yang aman bagi perut Anda. Meski harus berbuka dengan makanan yang manis, bukan berarti segala yang manis bisa Anda jadikan makanan berbuka.

Beberapa jenis buah-buahan juga sangat tepat untuk digunakan saat berbuka. Hanya saja Anda harus menghindari buah-buahan yang mengandung gas, seperti mangga muda, nangka dan durian. Beberapa jenis buah-buahan yang disarankan adalah kurma, pisang, apel dan blewah. Kurma memiliki vitamin, protein dan gula yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan kalori dan tenaga yang hilang. Sementara itu, buah pisang, apel, blewah dan sejenisnya juga tepat untuk menggantikan energi dan tenaga yang hilang seharian saat puasa.

Makanan Buka Puasa yang Paling Populer

Berbagai jenis makanan saat berbuka puasa banyak dihidangkan. Mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup tersedia. Bisa dibeli secara instan atau dimasak sendiri.  Tetapi, dari sekian banyak menu favorit selama bulan puasa, ada lima menu buka puasa yang paling sering dicari ketika azan Magrib berkumandang. Berikut ini lima menu makanan buka puasa yang paling populer diburu masyarakat, diantaranya.

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu menu takjil buka puasa yang populer di bulan Ramadan. Tak hanya di Indonesia, kurma juga sangat populer di berbagai negara lainnya di dunia. Berbuka dan sahur dengan biji kurma menjadi sunah rasul sehingga tak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis kurma yang beredar di pasaran selama Ramadan.

2. Kolak

Selain segar, kolak terasa menyehatkan. Isinya membuat perut cepat kenyang. Seperti pisang, labu, ubi, dan kolang-kaling. Rasanya yang manis disukai banyak orang, apalagi bila disajikan saat panas. Bagi penyuka minuman dingin, kolak juga bisa ditambahkan es batu sesuai selera. Nikmatnya tak tertandingi!

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

3. Es Buah

Es buah menjadi menu buka puasa yang paling dinanti karena kesegarannya. Kamu bisa menambahkan varian lain kesukaan-mu. Namun, sebetulnya mengkonsumsi es saat berbuka tidak dianjurkan karena kurang baik untuk tubuh. Apalagi kalau kamu memiliki penyakit maag. Sifat es bertolak belakang dengan kondisi tubuh yang “panas” setelah seharian berpuasa. Kamu tetap bisa mengonsumsinya setelah meminum minuman hangat atau air mineral biasa.

4. Gorengan

Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan gorengan sebagai menu wajib berbuka. Selain sederhana, rasa gorengan membuat ketagihan. Sebagian merasa gorengan cukup menggantikan rasa lapar seharian, dibandingkan harus langsung makan berat. Misalnya seperti pisang goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng, bakwan, dan sebagainya.

5. Kolang Kaling

Hampir semua masyarakat Indonesia akan mengenal kolang-kaling. Tak hanya mengenal, sebagian besar dari mereka pasti pernah menjadikannya sebagai bahan utama untuk membuat takjil berbuka puasa di rumah. Kolang-kaling merupakan makanan yang terbuat dari biji pohon aren. Biasanya, kolang-kaling disajikan dengan cara dikolak, sebagai campuran es buah atau es campur.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah menu makanan saat buka puasa yang paling populer. Kalian bisa membeli atau membuatnya sendiri di rumah. Dari sekian banyak, mana menu favorit-mu?

Facebook Comments