1
Muslim Lifestyle

Yuk Sering Dibaca! Ini 5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Surat Al Ikhlas yang turun di kota Makkah sehingga tergolong ke dalam surat Makiyah ini menjadi surat favorit kebanyakan para muslim. Surat yang pendek dan mudah dihafalkan ini ternyata memiliki manfaat yang bisa kita petik loh. Berikut ini manfaat membaca Surat Al Ikhlas yang perlu diketahui.

Manfaat surat Al Ikhlas dapat kita pelajari bersama agar kelak tak hanya menjadi surat favorit, tetapi juga menjadi surat yang kaya akan fadhillah dalam kehidupan kita. Berikut manfaat surat Al Ikhlas!

Baca juga: Keutamaan 10 Ayat Pertama dan Terakhir Surat Al Kahfi

Manfaat Surat Al Ikhlas

1. Surat Ikhlas Disebut setara dengan Tsulutsul Qur’an

Berdasarkan hadits berikut ini,

“Dari Abu Said (Al Khudri), seorang laki-laki mendengar seseorang membaca dengan berulang-ulang Qul huwallahu ahad. Pagi hari, orang yang mendengar tadi mendatangi Rasulullah SAW dan menceritakan kejadian tersebut dengan nada seakan-akan merendahkan surat al Ikhlas. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al Quran” (HR. Bukhari no. 6643)

Selain itu juga melalui hadits berikut ini,

“Dari Abu Darda dari Rasulullah SAW bersabda, “Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Quran dalam semalam?” Mereka mengatakan, “Bagaimana kami bisa membaca seperti Al Quran?” Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Quran.” (HR. Muslim no. 1922)

Seperti itulah keindahan surat Al Ikhlas. Surat ini bisa dikatakan sama seperti sepertiga Al Qur’an, namun tetap tidak bisa menggantikan Al Qur’an. Adapun buktinya yakni meskipun sudah membaca surat ini selama 3x dalam sholatnya, surat Al Ikhlas tetap tidak bisa menggantikan surat Al Fatihah yang merupakan rukun shalat.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Karena itulah surat Al Ikhlas tidak menggantikan sepertiga Al Qur’an, namun surat Al Ikhlas bernilai sama dengan sepertiga Al Qur’an.

2. Membaca surat Al Ikhlas 10x akan dibangunkan rumah di surga

Umroh.com merangkum, siapapun pasti ingin masuk surga, apalagi kalau dibangunkan rumah di surga. Seperti itulah keindahan lain dari manfaat surat Al Ikhlas. Sebuah hadits meriwayatkan,

“Barang siapa membaca surah Al Ikhlas hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [HR. Ahmad]

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Membaca surat Al Ikhlas akan dicintai Allah

Dalam sebuah kisah, Abu Rijal Muhammad bin Abdurrahman menceritakan kepada ibunya Amrah binti Abdurrahman, saat ia tengah berada di rumah Aisyah RA, didapati Rasulullah SAW mengutus seorang laki-laki dalam suatu sariyyah (pasukan khusus). Laki-laki tersebut saat menjadi imam shalat selalu mengakhiri bacaannya dengan surat Al Ikhlas.

Ketika pulang, hal itu pun disampaikan kepada Rasulullah SAW, beliau pun bersabda, “Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?” Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab, “Karena didalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya.” Mendengar itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala juga mencintainya.” (HR. Bukhari)

Menurut Ibnu Daqiq Al Ied, perkataan Rasulullah SAW soal “Kabarkan padanya bahwa Allah juga mencintainya” memiliki maksud adalah karena sebagaimana ia mencintai surat Al Ikhlas, Allah SWT pun juga mencintainya.

Lantas, haruskah kita mencontoh perbuatan tersebut? Menurut para ulama yakni Syekh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, ia memberi penjelasan bahwa perbuatan tersebut tak perlu dicontoh. Hal ini lantaran beliau hanya menyetujui, bukan bermaksud agar orang lain mengikutinya dengan membaca surat Al Ikhlas di akhir bacaan.

4. Surat Al Ikhlas memperbanyak rezeki

Hal ini cukup dilakukan dengan membaca surat Al Ikhlas setiap memasuki rumah. Hadits tersebut diriwayatkan oleh at-Thabrani dari Jarir bin Abdullah yang sempat mengeluhkan kemiskinan dan himpitan hidup kepada Rasulullah SAW. Lalu, Rasulullah SAW menyarankan agar ia membaca surat Al Ikhlas setiap kali memasuki rumah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

5. Menghilangkan dosa kecil

Caranya adalah dengan membaca surat Al Ikhlas 200x per hari. Dalam riwayat Trimidzi dari Anas bin Malik disebutkan bahwa Allah akan menghapuskan dosanya 50 tahun selama tak memiliki hutang.

Meski demikian, menurut Sayyid Muhammad, beberada hadits di atas mungkin statusnya lemah. Namun berhujjah dengan hadits lemah dalam keutamaan ibadah, menurut ulama pun diperbolehkan. Jadi, jangan lupa diamalkan ya!