1
Serba-serbi Ramadhan

Perlu tahu! ini 7 Manfaat Puasa yang Baik untuk Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh. com – Allah memerintahkan umatnya semata-mata bukan keburukan namun untuk kebaikan umatNya di dunia maupun akhirat. Bulan Ramadhan penuh keberkahan. Berkahnya ramadhan terletak pada kehidupan umat bagi jasmani dan rohaninya. Selain itu, berpuasa meningkatkan spiritual keimanan kita sebagai umat muslim yang taat, tidak juga manfaat puasa bagi kesehatan.

Baca juga : Penting! Ini Penjelasan Tawadhu Paling Tepat Menurut Islam

Perintah Puasa

Puasa ramadhan hukumnya wajib. Artinya, harus dilaksanakan bagi orang-orang yang telah memenuhi syarat. Mengenai wajibnya puasa, hal ini didasarkan berbagai dalil, baik Al Quran maupun hadist. Allah berfirman,

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183)

Dalam hadits Abdullah bin Umar, Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam menerangkan bahwa puasa adalah salah satu rukun Islam yang agung dan mulia,

“Islam dibangun di atas lima (perkara, pondasi): Syahadat Lâ Ilâha Illallâhwa Anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rasûluhu, mendirikan shalat, me­ngeluarkan zakat, berhaji ke Rumah Allah, dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Kemudian, siapa saja yang wajib berpuasa? Mereka adalah orang Islam yang cukup umur, berakal, mampu berpuasa, serta—bila perempuan—darah haid atau darah nifasnya sudah berhenti. Artinya, puasa Ramadhan tak wajib bagi anak-anak, orang sakit, orang tua dan lemah, serta kaum Muslimin yang sedang dalam perjalanan (musafir).

Apa saja syarat sah puasa? Kriterianya adalah beragama Islam, berniat sebelum fajar, berakal, mampu membedakan baik dan buruk (tamyiz), serta suci dari haid dan nifas. Rukun puasa ada dua. Pertama adalah berniat, yakni memiliki ketetapan hati untuk berpuasa karena Allah. Kedua, menahan diri dari segala yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

webinar umroh.com

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Umroh.com merangkmu, memiliki tubuh yang selalu sehat adalah keinginan banyak orang. Berbagai macam cara ditempuh mulai dari menjaga pola makan hingga mengkonsumsi suplemen-suplemen tambahan. Akan tetapi, kesehatan juga bisa Anda dapatkan dari puasa, lho! Berikut manfaat puasa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Puasa membersihkan racun (detoksifikasi)

Anda mungkin tidak sadar bahwa berbagai makanan olahan yang di konsumsi setiap hari ternyata mengandung banyak zat tambahan. Zat ini bisa terus menumpuk dan berubah menjadi racun apabila tidak dikeluarkan.

Sejumlah organ tubuh terlibat dalam proses penyaringan dan pelepasan racun (detoksifikasi), mulai dari hati, ginjal, dan organ tubuh lainnya. Tetapi ini ternyata tidak cukup. Belum lagi dengan sebagian besar racun yang tersimpan dalam lemak sehingga bisa memicu penyakit-penyakit serius lainnya.

Nah, di sinilah pentingnya berpuasa. Puasa Ramadhan selama sebulan penuh bisa membantu membakar lemak dalam tubuh, terutama lemak yang sudah lama menumpuk. Puasa juga mampu memudahkan proses detoksifikasi dalam tubuh sehingga racun-racun akan terbilas dan menjauhkan Anda dari penyakit.

2. Puasa membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat puasa yang paling banyak diincar adalah menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini karena dengan berpuasa, tubuh akan mengurangi penyimpanan lemak dalam tubuh sekaligus lebih banyak membakar lemak.

Melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Wujudkan bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Meski begitu, puasa bukanlah satu-satunya solusi untuk menurunkan berat badan. Alih-alih bikin berat badan turun, puasa juga bisa membuat berat badan Anda melonjak kalau Anda kalap makan ketika waktu berbuka.

Selama berpuasa, tetap jaga pola makan Anda. Kurangi asupan lemak dan gula, lalu perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran supaya tubuh lebih cepat kenyang dan terhindar dari makan berlebihan.

3. Memperbaiki sensitivitas insulin

Puasa terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, hal tersebut memungkinkan tubuh untuk mentolerir karbohidrat (gula) lebih baik daripada jika tidak berpuasa. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk mengolah glukosa dalam darah.

4. Puasa mempercepat metabolisme

Puasa juga memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Hal tersebut berguna bagi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori secara lebih efisien. Jika pencernaan buruk, maka akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa juga dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik. Hal ini akan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

5. Menyehatkan otak

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa fokus pada mental saat Ramadhan dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau BDNF. BDNF dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang bisa meningkatkan fungsinya.

Produksi sel-sel otak baru juga terbukti dapat mengurangi depresi, kecemasan dan juga risiko terkena demensia (pikun). Dengan menahan emosi saat berpuasa, penurunan jumlah hormon stres kortisol juga akan terlihat cukup signifikan.

6. Menurunkan gula darah

Hanya dalam beberapa hari pertama menahan lapar dan haus, manfaat puasa dapat menurunkan kadar gula darah lebih dari 30%, ini merupakan hasil yang signifikan bagi siapa pun yang menderita hiperglikemia atau kadar gula dara tinggi. Penurunan gula darah biasanya membuat orang merasakan energi yang berkurang, namun kadar gula darah dalam tubuh harus tetap stabil saat menjalankan puasa.

7. Bikin awet muda dan memperpanjang umur

Penelitian puasa untuk memperpanjang umur dan menghambat penuaan sudah mantap pada hewan, tetapi pengujian pada manusia masih dalam masa penelitian.

keutamaan puasa ayyamul bidh

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Komposisi darah yang lebih baik saja dapat mencegah penuaan dan kesehatan yang lebih baik. Manfaat puasa bagi kesehatan tidak hanya bikin awet muda, tampaknya juga bikin panjang umur.