1
Muslim Lifestyle

Bolehkah Membaca Surat Al Kahfi Dicicil? Ini Jawabannya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Al Quran merupakan kitab suci dan pedoman hidup bagi umat islam, yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk di pelajari dan di amalkan setiap harinya. Al-Quran sendiri terdiri dari 114 surah, 6000 ayat, 30 juz dan 120 hizb. Lalu yang sering menjadi pertanyaan, bolehkah membaca surat Al Kahfi dicicil? Berikut penjelasannya.

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, amalan-amalan yang kita lakukan di dunia bukan saja dari perbuatan dan tingkah laku, melainkan dengan membaca Al-Quran sudah menjadi ladang amal bagi kita yang menjalankannya. Salah satunya dengan rutin membaca surah Al Kahfi.

Baca juga: Jangan Lupa Membaca Surat Al Kahfi, Ini Keutamaannya!

Surah Al Kahfi dan Sejarahnya

Umroh.com merangkum, Di dalam kitab suci Al- Quran, salah satunya terdapat surah Al Kahfi. Surat Al Kahfi atau dalam bahasa Arab disebut juga sebagai Ashabul Kahf yang memiliki arti para penghuni gua. Surah ini merupakan surah ke 18 dalam Al-Quran dan terdiri dari 110 ayat. Surah ini di turunkan di kota Makkah, sehingga surah Al- Kahfi tergolong pada surah Makkiyah.

Ashabul Kahfi atau dalam Al-Quran disebut sebagai surah Al Kahfi diambil dari nama segolongan pemuda beriman yang hidup di negeri kafir pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beliau merupakan seorang raja yang dzalim penyembah berhala. Mereka bertekad hijrah untuk mempertahankan agama. Hal ini dilakukan setelah mereka mendakwahi kaumnya lalu mendapatkan penolakan, tekanan dan juga intimidasi.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Mereka menghadapi fitnah din (agama) dalam dakwah dan perjuangan dari kaumnya. Lalu Allah SWT melindungi dan menjaga mereka melalui gua dan sinar matahari. Dan pada saat mereka terbangun dari tidur panjangnya, mereka mendapati kaumnya telah berubah. Negeri tempat tinggal mereka dahulu kini menjadi negeri yang penduduknya beriman kepada Allah SWT. Hal tersebut mereka peroleh karena keteguhan dan istiqomahnya mereka terhadap Allah SWT, sehingga datanglah bantuan yang tak terduga dari Allah SWT.

Kapan Waktu yang Baik Membaca Al Kahfi?

Umroh.com merangkum, Hari jumat merupakan hari yang istimewa dalam islam. Karena apa? Karena hari jumat seringkali disebut sebagai rajanya hari dan memiliki keutamaan tersendiri bagi setiap umat muslim yang mengerjakan amalan-amalan tertentu pada hari tersebut. Banyak ibadah yang bisa kita lakukan di hari jumat sebagai bentuk amalan-amalan sunah, salah satunya yaitu membaca surat Al Kahfi. Nah, kapan kah waktu yang baik untuk kita membaca surat Al Kahfi? Berikut penulis jelaskan untuk Anda :

1. Malam jumat

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan ka’bah”. (HR. Ad-Darimi 3470 dan di-shahih-kan al-albani dalam shohihul jami’I, 6471). Hadist ini menunjukkan bahwa membaca surah Al Kahfi merupakan amalan sunnah di malam jumat. Malam jumat sendiri jatuh pada hari kamis malam.

webinar umroh.com

2. Sepanjang hari jumat

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jumat, dia akan disinari cahaya diantara dua jum’at”. (HR. An-Nasa’I dan Baihaqi. Dari hadist ini di jelaskan bahwa tidak ada batasan khusus mengenai hari jumat sebagai waktu yang baik untuk membaca surah Al Kahfi, dengan demikian setiap muslim tetap memperoleh keutamaan dalam beribadah dari membaca surah Al Kahfi. 

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paket terbaiknya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Apakah Membaca Al Kahfi Bisa Dicicil ?

Banyaknya beberapa pertanyaan yang timbul, seperti bolehkah tidaknya jika membaca surat Al Kahfi dicicil? Jawabannya tentu boleh, karena dengan berbagai aktivitas yang padat dan juga sibuk, tetapi Anda tetap ingin bisa menghatamkan bacaan Al Kahfi, begini cara yang bisa Anda lakukan :

  1. Di baca selepas magrib pada kamis malam atau malam jumat dimulai dari ayat 1 sampai 31, pada ayat ini menceritakan kisah Ashabul Kahfi.
  2. Di baca selepas isya pada malam kamis atau malam jumat dari ayat 32 sampai 59. Ayat ini menceritakan tentang kisah dua pemilik kebun.
  3. Di baca selepas subuh hari jum’at di mulai dari ayat 60 sampai 83. Ayat ini menceritakan kisah nabi Musa dan Khidir
  4. Di baca selepas dzuhur mulai dari ayat 84 sampai 110. Ayat ini menceritakan tentang Zulkarnain dan Yakjuj Makjuj.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, sesibuk apapun kita, kita masih tetap bisa menjalankan sunnah dan amalan-amalan di hari jum’at dengan membaca surat Al Kahfi, karena sibuk bukan menjadi alasan kita untuk tidak mengerjakan perintah Allah SWT. Semoga infomasi yang di sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.