1
Serba-serbi Ramadhan

Pengertian Ramadhan dan Nama lainnya Serta Aktivitasnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sejak bumi dan langit diciptakan, Allah menetapkan 12 bulan dalam setahun Itulah perhitungan waktu yang berlaku sepanjang sejarah manusia, sejak Adam hadir ke bumi sampai kiamat terjadi. Satu dari 12 bulan tersebut bernama Ramadhan. Pengertian Ramadhan sendiri akan menjadi pembahasan kali ini berserta aktivitas yang dilakukan selama satu bulan penuh.

Dalam bulan Ramadhan itu, Allah SWT melimpahkan berbagai kenikmatan besar kepada para hamba-Nya yang mau senantiasa melaksanakan amalan – amalan sholeh. Lantas apa arti sesungguhnya ramadhan dalam islam ? simak ulasannya.

Baca juga : 8 Hadist Penting soal Berkerudung, Begini Bunyinya!

Pengertian Ramadan

Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam. Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Bangsa Babilonia yang budayanya pernah sangat dominan di utara Jazirah Arab menggunakan penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus. Bulan kesembilan, yaitu bulan Ramadan selalu jatuh pada musim panas yang sangat menyengat.

Namun, setelah umat Islam mengembangkan kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis Matahari, bulan Ramadan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Orang lebih memahami panasnya Ramadan secara kiasan yang merujuk pada hari-hari dimana orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Diharapkan dengan ibadah-ibadah Ramadan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan orang yang berpuasa tak lagi berdosa. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, Ramadan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa dan memperingati turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Ramadhan adalah bulan latihan untuk menempa diri. Ayat-ayat pertama Al-Qur’an diturunkan pada bulan ini . Allah SWT ingin Muslim untuk menunaikan puasa pada bulan ini dan seperti yang dinyatakan dalam hadits, Allah SWT memberikan lebih banyak pahala untuk ibadah dan rahmat di bulan ini . Allah SWT begitu sayang pada kita. Ia menurunkan rahmat-Nya melalui Ramadhan. Bulan dimana kita bisa berkesempatan meraih pahala, rahmat, hidayah dan ampunan-Nya.

Keistimewaan bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

webinar umroh.com

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.“- (Al-Baqarah 2: 183)

pengertian ramadhan

Nama Lain Bulan Ramadhan

  • Syahr Allah (bulan Allah), karena Allah SWT akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang melakukan kebaikan di dalamnya.
  • Syahr Ala-i (bulan penuh nikmat dan limpahan rahmat) karena pada bulan Ramadhan Allah SWT memberikan nikmat dan karunia yang berlipat ganda
  • Syahr Qur’an (bulan diturunkannya Qur’an)
  • Syahr an-Najaah (bulan pelepasan diri dari neraka)
  • Syahr a-Juud (bulan kedermawanan) karena pada bulan Ramadhan dianjurkan lebih banyak memberi bantuan terutama kepada fakir miskin
  • Syahr al-Muwaasah (bulan memberikan pertolongan kepada orang yang berhajat/punya hajat)
  • Syahr at-Tilaawah (bulan membaca al Qur’an)
  • Syahr as-Sabri (bulan latihan bersabar atas penderitaan dengan rela hati)
  • Syahr ar-Rahmah (bulan tempat Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-hamba Nya)
  • Syahr as-Shiyaam (bulan puasa, karena setiap muslim wajib melaksanakannya kecuali yang berhalangan sesuai dengan syar’i)
  • Syahr al-Ied (bulan yang akhirnya disambut dengan hari Raya Ied).

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Aktivitas Bulan Ramadan

1.      Puasa

Puasa Ramadan hukumnya merupakan fardhu (wajib) untuk Muslim dewasa. Puasa Ramadan dapat tidak dilakukan jika seseorang mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, atau menstruasi.

Umroh.com merangkum, puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus serta hawa nafsu mulai dar terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum berpuasa, umat Islam dianjurkan untuk makan sahur. Sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa.

Di malam Ramadan, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan ibadah sholat malam atau yang biasa disebut dengan sholat Tarawih. Sholat Tarawih dilakukan usai sholat isya dan dapat dilakukan secara sendiri atau berjamaah.

2.      Membaca Alquran

Sebagai tambahan amalan dalam berpuasa, kebanyakan umat Muslim mengisi waktu sebelum berbuka puasa dengan membaca Alquran dengan kadar setiap hari satu juz. Biasanya dibacakan secara khusus dengan berkelompok atau perseorangan, namun ada juga yang menyelesaikan 30 Juz melalui pembacaan surah pada Salat Tarawih.

3.      Umroh

Ibadah umroh jika dilakukan pada bulan ini mempunyai nilai dan pahala yang lebih bila dibandingkan dengan bulan yang lain. Dalam Hadis dikatakan “Umrah di bulan Ramadan sebanding dengan haji atau haji bersamaku.” (HR: Bukhari dan Muslim).

4.      Zakat fitrah

pengertian ramadhan

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan khusus pada bulan Ramadan atau paling lambat sebelum selesainya salat Idul Fitri. Setiap individu muslim yang berkemampuan wajib membayar zakat jenis ini. Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan per individu adalah satu sha’ makanan pokok di daerah bersangkutan. Jumlah ini bila di konversikan kira-kira setara dengan 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Penerima Zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil. Namun, menurut beberapa ulama khusus untuk zakat fitrah mesti di-dahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin.