play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Perayaan Festival Idul Fitri Di London yang Sangat Meriah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Idul fitri merupakan momen yang dinantikan umat muslim di seluruh penjuru dunia. Tak hanya sebagai penanda bulan Ramadhan telah usai, hari kemenangan ini juga lekat tradisi yang khas dari setiap penjuru dunia. Kalau di Indonesia tradisinya mudik ke kampung halaman, berbeda lainnya di negara-negara lain. Salah satunya kota London yang memiliki tradisi unik untuk perayaan idul fitri. Perayaan idul fitri di London dengan acara festival yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Perayaan Idul Fitri Di London

Meskipun Idul Fitri bukanlah hari libur nasional di London, perayaan ini tetap dirayakan secara besar-besaran oleh banyak umat Muslim di sana.  Perayaan dimulai dengan sholat di pagi hari, diikuti dengan mengunjungi keluarga dan teman-teman atau menjadi tuan rumah sambil menikmati masakan-masakan tradisional.

Idul Fitri di Taman adalah acara bebas, festival ini untuk orang-orang dari semua agama diresmikan pada tahun 2006 dan diselenggarakan oleh Walikota pada hari Sabtu pertama setelah hari libur keagamaan Islam Idul Fitri.  Wisatawan dapat mengambil bagian dalam perayaan di Festival Idul Fitri tahunan di Trafalgar Square.

Idul Fitri di Alun-Alun telah menjadi perlengkapan yang dinanti dalam kalender acara London, menarik banyak orang. Acara gratis ini mencakup berbagai pertunjukan beragam yang mencerminkan keragaman, budaya, dan bahasa dari berbagai komunitas Muslim di London. Ini adalah undangan terbuka untuk semua orang di kota – Muslim dan non-Muslim – untuk mengalami warisan Islam.

Pada Tahun 2006

Acara pertama berlangsung pada hari Sabtu 28 Oktober 2006 dari jam 1 siang sampai jam 5 sore, dan diselenggarakan oleh Dewan Muslim Inggris dan Walikota London. Acara ini sekarang diselenggarakan oleh Waslikota dengan dukungan dari Komite Idul Fitri (sebuah organisasi sukarela  yang mewakili berbagai kelompok dan organisasi komunitas Muslim di London).

Mitra festival ini meliputi Dewan Muslim Inggris, Transport for London, Muslim Aid, Islamic Aid, Islamic Relief dan UNISON. Acara ini telah berkembang menjadi salah satu highlights budaya utama dari kalender acara London dan melihat lebih dari 25.000 hadirin.

Baca juga : Sejarah Bulan Rajab dan Keistimewaannya dalam Islam

Pada tahun 2006, Ken Livingstone, Walikota London mengatakan: “Idul Fitri adalah hari yang paling menguntungkan dalam kalender Muslim. Ini adalah hari yang penuh sukacita dan berfungsi sebagai pengingat bagi orang-orang dari semua agama tentang pentingnya perdamaian, kasih sayang, persatuan, dan amal … “

Pada Tahun 2007

Pada 2007, Livingston menegaskan bahwa” Perayaan Idul Fitri di Trafalgar Square memberikan kesempatan bagi umat Islam dan non-Muslim untuk “menyatukan dan mengalami kekayaan budaya dan keragaman Islam.” Pada 2007, Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris Dr Muhammad Abdul Bari mengatakan, “Warga Muslim London benar-benar bangga dengan kisah sukses London dan akan terus berlanjut.”

Pada Tahun 2018

Pada 2018, Warga Muslim Inggris menggelar perayaan Hari Raya Idul Fitri denga  meriah. Hal tersebut tercermin dalam banyak pertemuan dengan jemaah yang membludak di sholat Idul Fitri di taman umum. Kota Birmingham memimpin dengan lebih dari 140.000 jamaah yang berkumpul di festival ‘Celebrate `Eid’. Perayaan tersebut berlangsung lengkap dengan taman hiburan dengan wahana, makanan, dan minuman, dan sharing happiness antar warga muslim Inggris.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Demikian pula, ‘Idul Fitri’ berlangsung meriah di London Timur, London Barat, Luton, dan Bristol. Banyak masjid, seperti masjid tertua yang dibangun dengan sengaja di Woking melanjutkan perayaan `Idul Fitri di gedung mereka yang mampu menampung jemaat besar. Tak hanya itu, Mesjid Purley, di mana permintaan telah melampaui ruang – memilih untuk merayakan di Purley Way Playing Fields.

Pada Tahun 2019

Perayaan Idul Fitri Di London

Nuansa Jawa Barat sangat terasa dalam perayaan Idulfitri 1440 Hijriyah yang digelar Kedutaan Besar RI di London, Inggris. Suasana Lebaran di Inggris pada tahun 2019 ini terasa sangat istimewa karena selain masyarakat Indonesia dapat menikmati hidangan kuliner khas lebaran seperti opor ayam, rendang, telur balado dan kerupuk, mereka juga dapat menikmati alunan merdu kesenian khas Jawa Barat.

Umroh.com merangkum, kehadiran komposer musik Iwan Gunawan dengan grup Kyai Fatahilah yang didatangkan secara khusus dari Indonesia untuk memeriahkan perayaan Idulfitri di London benar-benar memberikan suasana yang sangat berbeda dari lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Alunan kendang yang lincah dengan tiupan seruling menggabungkan gamelan Jawa dan Sunda terdengar begitu harmonis dan menyejukan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Nuansa khas bumi Parahyangan semakin terasa saat grup kesenian Kyai Fatahilah berkolaborasi dengan Degung Sunda Sekar Engal pimpinan Simon Cook. Cengkok khas Sunda yang dibawakan sinden menggerakan sejumlah penonton untuk bergoyang dan menari bersama. Pada perayaan Idulfitri tersebut, sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Indonesian Networking Development UK (INDUK) juga ikut menyumbangkan beberapa lagu bernada qasidahan.

Facebook Comments