1
Muslim Lifestyle

Wajib Dipahami, Ini Makna Tersembunyi dari Rukun Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pada dasarnya prinsip Rukun Islam itu sama dengan rukun iman yang mana harus dipelajari oleh semua umat muslim agar mereka tahu sehingga bisa mengamalkan dengan sebaik-baiknya. Jika seseorang sudah meyakini rukun iman berdasarkan ajaran agama Islam dengan sebaik-baiknya iman, maka kita harus ikuti dengan rukun islam supaya menjadi seorang muslim yang sempurna keimanannya.

Makna Rukun Islam

Umroh.com merangkum, rukun Islam sama halnya dengan rukun iman yang merupakan prinsip-prinsip dan amalan yang harus diketahui dan dilakukan bagi seorang muslim. Apabila rukun iman dilakukan setelah anda mengimani ajaran agama islam, maka rukun islam justru harus anda lakukan agar menjadi seorang muslim yang sempurna. Kenapa bisa seperti itu?

Baca juga: Serba-serbi Sholat Dhuha

Rukun islam dan rukun iman cukup berbeda, dimana rukun islam lebih banyak diwujudkan berupa gerakan dan perbuatan fisik. Sedangkan rukun iman cenderung diwujudkan melalui keyakinan hati dan perubahan pola pikir, dari yang belum mengenal islam, menjadi lebih mendalami dan memahami tentang islam. 

Setiap orang islam yang bertakwa menjadi keharusan bagi mereka untuk mengamalkan rukun islam yang jumlahnya 5 rukun dan rukun iman ada 6 rukun dengan baik. Karena kedua rukun ini yaitu Rukun Islam dan iman menjadi pilar agama Islam sekaligus pondasi yang harus dijaga agar tetap kokoh. Di dalam kedua rukun itu ada perintah dari Allah yang harus kita laksanakan agar kita benar-benar menjadi seorang muslim yang taat terhadap perintah Allah.

Mau dapat tabungan umroh? Cukup dengan download aplikasinya di sini, uang tabungan menjadi milik Anda!

Kita juga sudah belajar tentang pembahasan rukun Islam ini ketika berada di bangku sekolah atau bahkan semenjak kita masih kecil. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang rukun islam lebih detail dan dalam untuk kita pahami. Tujuannnya adalah agar pemahaman kita tentang rukun dan agama Islam semakin dalam dan mantab dalam menjalankan dari setiap perintah-Nya.

Pengertian rukun islam

Ada perbedaan antara rukun islam dan rukun iman, dimana dalam rukun islam itu isinya lebih banyak dari perwujudan berupa perbuatan secara fisik dan gerakan lahiriyah. Sedangkan pada rukun iman isinya adalah tentang wujud keyakinan kita di dalam hati dan pola pikir sehingga seseorang yang tadinya belum tahu apa itu islam akan menjadi lebih tahu dan paham tentang agama islam secara mendalam.

Seseorang dikatakan sebagai seorang muslim atau tidak dapat ditentukan melalui beberapa indikator, dimana indikator tersebut di wujudkan dalam lima amalan utama yang diajarkan dalam islam. Lima amalan indikator tersebut dikenal sebagai rukun islam. Jadi, bila anda ingin dikatakan sebagai seorang muslim yang sesungguhnya, maka anda seharusnya mengamalkan rukun islam.

webinar umroh.com

Punya rencana untuk pergi umroh bersama keluarga? Cuma di umroh.com, impian Anda segera terwujud!

Di dalam mengamalkan rukun Islam ini ada syarat tertentu sehingga seseorang wajib untuk mengamalkannya, sunnah dan bahkan menjadi tidak wajib untuk dikerjakan jika tidak terpenuhi syaratnya.

Wajib Dipahami, Ini Makna Tersembunyi dari Rukun Islam

Rukun islam seperti yang kita bahas di atas jumlahnya ada 5 rukun, yaitu:

  1. Membaca dua kalimat syahadat
  2. Mengerjakan shalat
  3. Membayar Zakat
  4. Puasa pada bulan Romadhon
  5. Haji bagi yang mampu

Ingin Umroh murah dan Terpercaya? Bisa Anda dapatkan di Umroh,com. Kunjungi websitenya segera!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Setiap orang yang beragama Islam dan pernah mengenyam pendidikan sekolah tentunya pengenalan tentang rukun islam ini sudah dikenalkan semenjak kecil di bangku Sekolah Dasar atau Madrasah. Bahkan ada pula yang sudah dikenalkan untuk dihafal oleh orang tua mereka di rumah tentang apa saja isi dan urutan dari rukun islam ini.

Terdapat beberapa hadis yang menyebutkan tentang rukun islam, diantaranya adalah berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda kepada para sahabat :

“Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke makkah.”

Adapula dari sahabat nabi Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khatab yang mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, bahwa islam berdiri dan dibangun atas lima hal utama, yakni:

“Menyatakan kesaksian atas keesaan Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusan Nya, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, pergi haji dan berpuasa saat ramadhan.”

Karena rukun Islam ini sangat penting bagi setiap muslim, sehingga ini akan menjadi tanda atau patokan untuk menentukan orang tersebut beragama Islam atau bukan. Karena alasan inilah kita sebagai orang beragama Islam dan muslim sejati mempunyai kewajiban dan keharusan untuk melaksanakan apa saja isi yang ada di dalam rukun islam serta menghayati setiap rukunnya.

Oleh sebab itu, maka bagi seorang muslim diwajibkan untuk menjalani rukun Islam yang telah Allah SWT tetapkan, tanpa harus menguranginya sedikitpun. Karena setiap apa yang telah Allah SWT tentukan disanalah banyak manfaat yang bisa dipetik, serta menambahkan keimanan kita kepada Allah SWT.