1
Muslim Lifestyle

Terungkap, Ternyata Begini Makna di Balik Rukun Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Rukun Islam merupakan prinsip dan amalan yang harus diketahui serta dilakukan bagi setiap umat muslim diseluruh dunia. Agar dapat menjadi seorang muslim yang sempurna, tentunya rukun islam harus selalu di laksanakan dengan baik serta hati yang ikhlas dan hanya mengharap ridho dari Allah swt.

Urutan Rukun Islam

Umroh.com merangkum, seorang muslim dapat dikatakan baik dan taat akan perintah Allah swt jika mereka dapat melaksanakan lima amalan utama yang di ajarkan dalam agama islam. Kelima amalan utama tersebut biasa kita sebut sebagai rukun islam. Adapun kelima amalan utama tersebut terdiri dari :

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
  2. Mendirikan shalat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Mengerjakan puasa 
  5. Naik haji bila mampu

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad saw pernah bersabda kepada para sahabat:

“Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke makkah.”

Baca juga: Ini Pengertian Rukun Islam yang Benar

Bagi seorang muslim, rukun islam adalah amalan utama yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan dalam hidup.  sebagai seorang muslim sejati kita harus benar-benar menjalankan dan menghayati apa yang ada dalam rukun islam. Termasuk memahami secara dalam makna dari setiap poin yang terdapat dalam rukun islam itu sendiri. Dan berikut penulis akan jelaskan makna dari rukun islam poin per poin untuk anda.

Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Sebagai seorang muslim, dua kalimat syahadat adalah dasar kalimat yang tentunya wajib anda ketahui dan dapat anda lafalkan. Karena kalimat ini merupakan kalimat pertama yang menjadi bentuk saksi bahwa seseorang telah menyatakan diri untuk menjadi seorang muslim. Isi dari kalimat syahadat itu berbunyi : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak untuk disembah dan dimintai pertolongan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Tak hanya sekedar di ucapkan. Makna sesungguhnya dalam kalimat ini berarti anda harus meyakini kebenaran dengan hati, dan mengamalkan dengan perbuatan baik kita dalam kehidupan sehari – hari sebagai seorang muslim.

webinar umroh.com
makna rukun islam

Mendirikan Sholat

Sholat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Sholat merupakan suatu ibadah yang dilakukan dengan rangkaian gerakan dan doa. Sholat terdiri dari dua bagian, yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Pengertian dari sholat wajib ialah sholat yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan akan berdosa. Sedangkan sholat sunnah ialah sholat yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa.

Mau punya kesempatan untuk berangkat umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Terdapat lima sholat wajib yang harus dikerjakan oleh setiap umat muslim. Sedangkan selebihnya merupakan sholat yang di sunnahkan atau tidak di wajibkan untuk dikerjakan. Lima waktu sholat tersebut terdiri dari shalat subuh, shalat dhuhur, shalat ashar, shalat maghrib, dan shalat isya’. Kelima waktu shalat tersebut tidak boleh di tinggalkan, meskipun anda sedang berada dalam keadaan apapun. 

Banyak hal yang dapat kita sikapi dan maknai saat kita melaksanakan kewajiban sholat. Diantaranya ialah, sholat merupakan cara kita berkomunikasi dengan Allah, melalui do’a yang dipanjatkan, dan mencegah perbuatan keji dan mungkar. Menyadarkan kita bahwa pada hakikatnya tiada yang mampu memberikan pertolongan pada kita selain Allah swt.

Allah swt sungguh sangat bijaksana lagi mulia, dalam sholat terdiri dari 5 waktu, itu artinya kita bisa bertaubat serta senantiasa sujud syukur atas nikmat yang selalu Allah swt berikan pada kita setiap detiknya. Serta dengan sholat dapat memperkuat akidah dan keimanan kita terhadap Allah swt. 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Mengeluarkan Zakat

Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Manfaat zakat adalah selain membantu perkembangan perekonomian negara, zakat juga bisa menjadi suatu penghibur bagi para fakir miskin, untuk menutupi kebutuhan pokok hidup mereka dan menguatkan cinta kasih antara si kaya dan si miskin. Jadi, dalam mengeluarkan zakat mengajarkan kita untuk terus menjaga tali silaturahmi dan saling membantu satu sama lain.

Ada beberapa alasan mengapa islam mewajibkan zakat diantaranya ialah, pertama zakat bermakna mensucikan atau membersihkan diri dari harta seorang muslim yang sudah mencapai nisab, sebagaimana perintah Allah untuk memberikan sesuai ketentuan untuk fakir dan miskin.

Kedua memiliki makna berkah, karena dengan berzakat Allah swt akan melimpahkan berkah kepada kita baik itu ketenangan jiwa, kesehatan, bebas masalah, dll. Dan yang ketiga bermakna tumbuh dan berkembang, maksudnya ialah semakin banyak kita beramal dan berzakat maka Allah akan senantiasa menaikan derajat kita dan dilipatgandakan rezeki kita. 

Punya rencana untuk pergi umroh bersama keluarga? Wujudkan rencana Anda sekarang juga cuma di umroh.com!

Mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan

Puasa adalah kegiatan menahan nafsu, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa wajib bagi seorang muslim adalah berpuasa di bulan ramadhan, dimana anda akan di wajibkan untuk menahan haus dan lapar serta hawa nafsu selama satu bulan penuh. Bulan ramadhan merupakan bulan yang dipenuhi oleh ajang kesehatan dan ajang untuk menambah pahala sebanyak-banyaknya. Bahkan masyarakat non muslim juga memiliki tradisi berpuasa. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang makna menjalankan ibadah puasa diantaranya ialah ibadah puasa merupakan ibadah istimewa kepada Allah swt, belajar melatih atau menahan diri dari apapun, dan dapat memperbanyak amalan .

Naik Haji Bila Mampu

Haji merupakan salah satu bentuk ibadah dengan mengunjungi dan melakukan beberapa kegiatan di Baitullah. Namun karena ibadah ini harus dilakukan langsung di kota Makkah dan kota Madinah, maka sudah dipastikann memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, meskipun berangkat pergi haji ini memang salah satu rukun islam sehingga menjadikannya wajib untuk dilakukan, namun tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk pergi berhaji.

Baca juga: Terbaru, Ini Urutan Rukun Iman yang Benar!

Islam selalu mempermudah orang-orang yang dalam kesulitan, pergi berhaji hanya di wajibkan kepada mereka yang mampu secara fisik, mental, dan finansial. Dalam menunaikan ibadah haji tentunya terdapat makna yang dapat kita peroleh diantaranya ialah pertama dapat memiliki nilai plus yaitu munculnya kepuasan jiwa dan perasaan semakin dekat dengan Allah swt serta dapat menanggalkan keangkuhan dalam diri. 

Mau dapat tabungan umroh? Yuk download aplikasinya di sini dan dapatkan tabungan hingga jutaan rupiah sekarang juga!

Rukun Islam adalah dasar yang harus dimiliki oleh setiap umat muslim yang beriman kepada Allah SWT. Rukun islam tidak lain bermakna untuk dijadikan pedoman dalam hidup manusia agar senantiasa mengingat Allah dan senantiasa beribadah kepadanya untuk menjadi umat muslim yang baik, taat dan patuh padaNya.  Maka dari itu kita diwajibkan untuk selalu berpedoman pada Rukun Islam. Semoga bermanfaat….