1
Muslim Lifestyle

Terkuak! Ternyata Ini Perbedaan Hijab, Niqab dan Burka

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Seorang muslimah tentunya tidak akan pernah meninggalkan kewajiban yang telah disyariatkan dalam agama Islam yaitu memakai pakaian yang menutup aurat dan tidak menampakan lekukan badannya. Ini bertujuan untuk menjaga harga diri seorang wanita muslimah dari pandangan lawan jenis agar terhindar dari hal-hal yang buruk.

Berbagai cara yang digunakan muslimah untuk menutupi auratnya. Mulai dari penutupi kepala, leher, lekuk tubuh, bahkan hingga menutupi separuh mukanya. Namun, sebagian muslimah hanya sekedar mengenal nama penutup aurat tersebut. Wanita muslimah kurang memahami makna dan perbedaan diantara hijab, niqab dan burka. Sebagian dari wanita mengagnggap penyebutan itu sama makna dan pengertiannya.

Baca juga: Ini Perbedaan Hukum Berhijab di Arab Saudi dan Aceh

Hukum memakai Hijab

Umroh.com merangkum, secara bahasa, hijab artinya penutup (الحِجابُ: السِّتْرُ) “hijab artinya penutup”. Secara istilah, makna hijab adalah sebagaimana dijelaskan Al Munawi berikut ini,

“Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136).

Hukum memakai hijab adalah wajib bagi setiap muslimah. Sudah tertera dalam Al Quran bahwa kita harus menutupi seluruh bentuk dan lekuk tubuh dengan memakai hijab. 

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Hukum memakai niqab 

Niqab dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai cadar atau penutup wajah. Niqab dikenakan oleh sebagian kaum perempuan Muslimah sebagai kesatuan dengan jilbab (hijab). Niqab banyak dipakai wanita di negara-negara Arab sekitar Teluk Persia seperti Arab Saudi, Yaman, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman dan Uni Emirat Arab.

Ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ulama, diantaranya:

webinar umroh.com

Hukum mewajibkan penggunaan cadar adalah makruh. Hal ini sebagaimana pendapat dalam madzhab Malikiyyah.

Makruh bagi seorang perempuan menutup wajahnya dengan niqab –sesuatu yang menutupi mata- saat melakukan salat, karena hal itu termasuk berlebih-lebihan ghuluw) –lebih-lebih bagi laki-laki-. Kemakruhan ini berlaku selama penggunaan niqab bukan bagian dari adat atau tradisi setempat.”

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Adapun menurut madzhab Hanafi, wajah wanita bukanlah aurat, namun memakai niqab  hukumnya sunnah (dianjurkan) dan menjadi wajib jika dikhawatirkan menimbulkan fitnah. Asy Syaranbalali berkata,

Seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan telapak tangan dalam serta telapak tangan luar, ini pendapat yang lebih shahih dan merupakan pilihan madzhab kami“ (Matan Nuurul Iidhah).

perbedaan hijab niqab burka

Pendapat madzhab Syafi’i, aurat wanita di depan lelaki ajnabi (bukan mahram) adalah seluruh tubuh. Sehingga mereka mewajibkan wanita memakai niqab  di hadapan lelaki ajnabi. Inilah pendapat mu’tamad madzhab Syafi’i. Syaikh Muhammad bin Qaasim Al Ghazzi, penulis Fathul Qaarib, berkata:

 “Seluruh badan wanita selain wajah dan telapak tangan adalah aurat. Ini aurat di dalam shalat. Adapun di luar shalat, aurat wanita adalah seluruh badan” 

Imam Ahmad bin Hambal berkata,

“Setiap bagian tubuh wanita adalah aurat, termasuk pula kukunya” 

Kesimpulan diatas dapat dikatakan boleh seorang muslimah menggunakan niqab diluar rumah, namun makruh saat hendak melakukan sholat lebih baik dibuka niqob tersebut dan penggunaan niqab biasanya lebih banyak digunakan oleh wanita muslimah timur tengah seperti Arab.

Hukum memakai burka 

Untuk masalah ini penulis belum bisa kasih penjelasan, jadi untuk konsultasi tentang wajib atau tidaknya penggunaan burqa bagi wanita muslimah, anda bisa tanyakan pada guru ngaji atau kyai di sekitar rumah anda.

Tetapi dalam Al-Qur’an tidak dijelaskan bagaimana hukum menggunakan burka , ini bisa dikatakan bahwa burka hanya pakaian adat yang sudah lama digunakan oleh wanita Afganistan sebagai alat perlindungan untuk menutupi auratnya. Tetapi jika wanita muslimah ingin menggunakan burka maka bisa dikatakan Sunnah, karena tetap memenuhi kodratnya yaitu menjaga aurat. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Cuma di umroh.com, rencana Anda akan terwujud sekarang juga!

Tim umroh.com memaparkan, kaum Taliban mengharuskan para wanita memakai burka di jalan umum. Padahal sebelumnya, tidak ada perempuan yang memakai burka. Burka benar-benar sebuah pakaian yang mengurung si pemakai dengan hanya menyisakan lubang kecil yang sejajar dengan mata seseorang. Meski pakaian ini tidak diwajibkan oleh rezim Afganistan sekarang, tetapi dalam keadaan yang serba tidak pasti saat ini, banyak perempuan yang memilih mengenakan burka untuk keamanannya.

Perbedaan Hijab, Niqab, dan Burka

Adapun perbedaan antara hijab niqab, dan burka sebagai berikut : 

Hijab 

  1. Cara menutup aurat dengan menutupi kepala dan leher tetapi wajah tetap tampak
  2. Berpakaian yang pantas menutupi aurat
  3. Menutupi sesuatu yang bisa berupa kelambu, tirai, dan papan pembatas

Niqab 

  1. Bagian penutup kepala yang menutupi wajah namun tetap membiarkan matanya terlihat dan terlihat.
  2. Niqab pada umumnya menjuntai kebawah hingga bagian tengah punggung dan menutupi bagian tengah dada.
  3. Niqab biasanya digunakan oleh wanita timur tengah seperti Arab Saudi.
  4. Niqab memiliki banyak variasi warna yang dapat menyesuaikan baju dari wanita muslimah.
perbedaan hijab niqab burka

Burka 

  1. Pakaian islami yang paling banyak menutupi aurat.
  2. Menutupi seluruh bagian tubuh, mulai dari badan hingga wajah.
  3. Biasanya pada bagian mata, terdapat jaring-jaring untuk melihat namun orang lain tidak dapat melihat matanya dan jaring-jaring tersebut sebagai ventilasi udara untuknya.
  4. Biasanya hanya terdapat dua warna variasi warna yaitu hitam dan Biru tua.

Baca juga: Jangan Disepelakan, Ini Hukum Memakai Kerudung

Demikian perbedaan antara hijab, niqab, dan burka sebagai wawasan supaya kita salah menyebut. Semoga kita selalu menutupi aurat yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.