1
Muslim Lifestyle

Tips Ampuh Memilih Niqab yang Nyaman, Cobain Deh!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Fenomena hijrah bagi sebagian kaum muslimah di Indonesia mempercantik diri dengan menutupi auratnya. Selain memakai jilbab, mereka memadu-padankan jilbabnya dengan berniqab. Niqab dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai cadar atau penutup wajah. Niqab dipakai oleh muslimah yang memakai hijab syar’i cadar dengan menutupi sebagian wajah. Memakai cadar adalah pilihan.  Namun, apapun pilihannya, berhijab tetap harus menunjukkan kerapian.  Tidak asal pakai karena cadar sama dengan hijab yang menunjukkan identitas muslimah.  Siapa saja yang memakainya jika ada yang buruk maka akan merusak citra muslimah dan Islam secara keseluruhan.  Meskipun tidak ada hubungan antara hijab dengan akhlak.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Hukum Memakai Kerudung!

Tips Memilih Niqab yang Nyaman

Sudah banyak jenis dan model niqab yang saat ini beredar. Namun yang terpenting adalah memilih niqab yang nyaman digunakan dan tak berlebihan. Ini tipsnya untuk kamu agar berniqab jadi nyaman, sebagai berikut.

1. Pilih Bahan yang Tepat

Umroh.com merangkum, poin utama yang wajib jadi perhatianmu saat memilih niqab atau cadar adalah bahan yang nyaman. Sama dengan berhijab umumnya, jenis bahan hijab akan sangat menentukan.  Apalagi muslimah bercadar akan menutup seluruh bagian tubuhnya kecuali mata.  Jika bahan tidak nyaman, seperti cuaca panas terik matahari maka aktivitas akan terganggu.  Bahan hijab organza, bahan ciri-ciri jilbab satin, bahan silk, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan.  Pilihlah niqab dengan tekstur lembut agar memberikan kenyamaan yang optimal.

2. Pilih Niqab dengan Material Flowly

Pilih niqab atau cadar dengan bahan yang flowly. Bahan flowly sendiri artinya bahan yang tidak kaku dan terasa ringan saat dikenakan. Dengan begitu akan terus merasakan kenyamanan saat beraktivitas dengan berniqab.

3. Pilih Niqab dengan Warna Netral

Untuk memaksimalkan kesan nyaman dengan menggunakan niqab dengan memilih warna niqab yang tepat. Warna-warna yang dikenal nyaman dan ringan adalah kumpulan warna netral, seperti putih, hitam, atau beige. Pilihan warna netral sangat penting karena lebih mudah dipadu-padankan.  Tinggal sesuaikan dengan warna jilbabmu.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

4. Pilih niqab yang praktis dan simple yang tak berlebihan

Niqab atau cadar sendiri merupakan aksesoris pelengkap menutupi aurat wanita agar kian sempurna. Oleh karena itu, gunakan niqab dengan desain yang praktis dan simple agar tidak menimbulkan kesan berlebihan. Maka hendaknya bercadar tidak membuka lebar bagian dahi dan memperlihatkan pipi di bawah mata.  Jika keduanya atau salah satunya dilakukan, maka pemakaian cadar tidak berfungsi menutup aurat seperti yang diyakini. Pilih niqab yang telah dilengkapi tali belakang, sehingga praktis digunakan.

tips memilih niqab

Dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 31 di yang diterjemahkan di bawah ini disebutkan mengenai perintah untuk tidak berlebihan dalam pakaian.

webinar umroh.com

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A’raf:31)

5. Perhatikan Ukuran Niqab

Jika ingin tetap nyaman saat berniqab, jangan lupa untuk memeriksa ukurannya. Baik panjang maupun lebar harus pas di wajah dan kepala agar niqab enggak terkesan berlebihan. Selain itu penting juga untuk memperhatikan tali pengikatnya.

Pastikan ukurannya cukup untuk mengikat, enggak terlalu pendek. Jika kamu memilih niqab dengan dua lapisan, pastikan juga ukurannya enggak akan membuatmu terlihat tenggelam dalam busana yang kamu pakai.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Gunakan Ciput yang Nyaman

Ciput di kepala tetap diperlukan untuk muslimah bercadar.  Hijabers dapat memilih dari macam-macam ciput yang cocok dipakai agar hijab dan cadar yang diguinakan lebih nyaman dipakai.  Ciput juga membantu merapikan rambut di atas dahi agar tidak terlihat keluar dari hijab.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7. Pilih yang Satu Set dengan Jilbab

Tim umroh.com memaparkan, saat ini sudah banyak produk jilbab syar’i yang dilengkapi dengan niqab sekaligus. Kamu yang masih pemula dalam menggunakan niqab, sangat cocok dengan model ini. Biasanya, niqab yang menyertai jilbab syar’i memiliki model yang lebih simpel. Jilbab syar’i dan niqab dalam satu set umumnya juga memiliki warna yang senada. Jadi kamu enggak akan terlalu pusing memilih.

Demikian tips memilih niqab yang nyaman dan simple ketika digunakan. Semoga kita tetap istiqomah dalam menjalankan hijrah.