1
Serba-serbi Ramadhan

Peristiwa Penting Di Bulan Rajab yang Belum Banyak Orang Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa, kenapa istimewa? Karena pada bulan ini terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah islam. Nah sebelum kita mengetahui tentang peristiwa penting di bulan rajab, taukah Anda apa itu bulan rajab? Ya.. bulan rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender hijriyah, bulan ini menjadi salah satu bulan suci atau bulan yang dimuliakan, karena merupakan bulan suci, maka tidak heran jika dikalangan masyarakat muslim banyak yang melakukan amalan-amalan, termasuk salah satunya yaitu puasa rajab.

Peristiwa Penting Di Bulan Rajab

Bulan rajab menyimpan begitu banyak peristiwa sejarah yang penting bagi umat islam. Berikut ini beberapa peristiwa penting di bulan rajab yang perlu kita ketahui. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Peristiwa Isra Mi’raj

Sebuah perjalanan agung yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsha di Palestina, yang kemudian naik ke langit ketujuh dan menghadap Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Isra’ ayat 1. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 27 Rajab pada masa kenabian Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, setiap tanggal 27 Rajab, umat islam selalu memperingatinya sebagai Isra’ Mi’raj. Selain sebagai bentuk syukur, hal ini juga untuk mengenang sejarah besar umat islam.

2. Turunnya Syariat Salat 5 Waktu

Seiring terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj, Allah SWT memerintahkan Rasulullah SAW, untuk pertama kalinya, mengerjakan sholat 5 waktu. Awalnya jumlah sholat yang Allah SWT wajibkan sebanyak 50 raka’at, tapi oleh para nabi yang lain, Rasulullah SAW dianjurkan untuk meminta keringanan kepada Allah SWT. Dan pada akhirnya Allah SWT mengabulkan permintaan Rasulullah dan mewajibkan beliau hanya 5 sholat saja, yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

3. Perubahan Arah Kiblat

Perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha) ke Ka’bah di Makkah, peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah Saw hijrah ke Madinah. Adapun hikmah yang di dapat dari perpindahan arah kiblat adalah untuk menguji keimanan umat islam dalam beribadah kepada Allah SWT.

Baca juga : Keutamaan Istigfar Setiap Saat yang Mudah dan Sederhana

4. Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Ethopia

Untuk pertama kalinya, Nabi SAW melakukan hijrah yang pertama kalinya ke Habasyah (Ethopia) di bulan Rajab tahun ke lima kenabian. Pada bulan Rajab tahun kelima Hijriyah, Rasulullah memerintahkan pengikutnya untuk berhijrah ke Habasyah. Kala itu, Habasyah diperintah oleh seorang raja yang bijaksana bernama Najasyi. Hijrah tersebut dilakukan untuk menyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Makkah yang sangat memusuhi mereka. Seperti kita tahu, pada masa-masa awal dakwah Rasulullah di Mekah, banyak orang kafir yang menolak risalah Islam. Tak hanya menolak, mereka juga memusuhi Rasulullah dan orang-orang yang beriman kepada beliau.

5. Kemenangan Umat Islam Dalam Perang Tabuk Serta Kekalahan Bangsa Romawi

Dalam Perang Tabuk, kaum muslimin menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Perang ini berlangsung singkat, lantaran Bangsa Romawi gentar dengan pasukan Islam yang berjumlah 30.000 orang yang akhirnya membuat tentara romawi bergegas kembail ke syam untuk menyelamatkan benteng-benteng mereka. Sehingga dengan izin Allah SWT, pada bulan Rajab Rasulullah memenangkan Perang Tabuk yang terjadi pada tahun 9 Hjiriyah.

webinar umroh.com

6. Pembebasan Kota Damaskus dari Kekuasaan Romawi

Pada bulan Rajab, tepatnya pada tahun 14 H/635 M pasukan umat Islam di bawah komando panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin al-Walid, berhasil menaklukan kota Damaskus dan menguasainya. Sebelumnya, kota tua nan bersejarah itu dikuasai oleh balatentara Romawi. Setahun setelah terjadinya pembebasan kota Damaskus, terjadi peperangan Yarmuk di bawah komando Khalid bin Al-Walid yang terjadi pada hari senin di bulan Rajab, pada tahun 15 H/636 M.

Keistimewaan Bulan Rajab

Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang special, meskipun kemuliaannya tidak lebih dari bulan ramadhan, namun bulan rajab juga member kesempatan pada umat muslim untuk melakukan penebusan dosa dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Tak hanya itu bulan rajab juga memiliki banyak keistimewaan diantaranya yaitu :

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

1. Bulan Dengan Imbalan Surga

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kita sebagai manusia tidak luput dari yang namanya dosa. Tapi hal tersebut bukan berarti semua orang akan masuk ke dalam neraka, karena barang siapa yang berpuasa dan beribadah di bulan rajab, maka Allah SWT akan menutup pintu-pintu neraka baginya dan membukakan pintu surga. Di dalam surge sendiri terdapat sungai yang airnya hanya dapat diminum oleh mereka yang berpuasa dan membaca sholawat di bulan rajab.

2. Bulan Dengan Pahala Berlipat Ganda

Umroh.com merangkum, pada bulan yang istimewa ini, siapa saja yang berpuasa selama sehari, maka ia seakan-akan telah berpuasa selama satu bulan. Tak hanya puasa saja, namun ibadah yang dilakukan juga akan dihitung berkali lipat lebih banyak dari biasanya. Luar biasa bukan?

3. Bulan Untuk Menyambut Ramadhan

peristiwa penting di bulan rajab

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti bagi setiap umat muslim. Setiap hari menuju bulan suci ramadhan terasa begitu istimewa. Bulan rajab sendiri jatuh dua bulan sebelum ramadhan. Setiap memasuki bulan rajab maka bulan ramadhan segera tiba. Malam pertama dibulan ramadhan memang sangat special jika disbanding malam-malam lainnya. Untuk itu jangan sampai terlewat saat bulan rajab tiba.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikianlah beberapa peristiwa penting yang terjadi dibulan rajab dalam sejarah islam. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfa