play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

7 Keutamaan Bulan Rajab untuk Bertaubat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com – Keutamaan bulan Rajab telah disebutkan di dalam hadits Rasulullah. Bahkan pada surat At-Taubah ayat 36 juga disebutkan secara langsung mengenai bulan Rajab yang termasuk bulan haram dengan bunyi:

نَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (Qs. At Taubah: 36)

Bulan haram sendiri adalah bonus dan waktu khusus bagi umat muslim karena akan dilipatgandakannya pahala jika seorang muslim mengerjakan amalan shalih. Itu agar manusia lebih giat melakukan amalan kebaikan pada bulan-bulan tersebut. Selain rajab, tiga bulan haram lainnya adalah Muharram, Dzulqoddah, dan Dzulhijjah.

7 Keutamaan Bulan Rajab

Sebagai seorang muslim, tak salah jika memahami beberapa keutamaan dalam bulan Rajab. Berikut 7 keutamaan bulan Rajab!

1. Puasa di Bulan Rajab

Jika seseorang melaksanakan puasa di bulan Rajab dengan niat puasa sunah, maka ini dibolehkan bahkan dianjurkan. Mengingat sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, Al Baihaqi dan yang lainnya berbunyi: “Puasalah di bulan haram dan berbukalah”.

Baca juga: Keutamaan Bulan Syawal yang Perlu Diketahui

2. Umroh

Melaksanakan umroh jika mampu karena Umar bin Khatab dan beberapa sahabat lainnya menganjurkan umrah di bulan Rajab. Aisyah dan Ibnu Umar juga melaksanakan umrah bulan Rajab.

3. Puasa Tiga Hari

Umroh.com merangkum, anggota Nadhlatul Ulama meyakini bahwa puasa tiga hari di bulan Rajab terhindar dari bala dan penyakit. Dalam bulan Rajab juga dianjurkan melakukan shalat sunnat ba’da Maghrib 20 raka’at 10 salam dengan keutamaan akan dijaga oleh Allah dari kesulitan di dunia dan akhirat.

4. Membaca Al Qur’an, dzikir dan sholawat

Mengisi bulan Rajab dengan membaca Al-Qur’an, istigfar, dan solawat. Imam Baihaqi menyampaikan bahwa Imam Asy-Syafii mengatakan: “Telah sampai kepada kami doa sangat mustajab pada lima malam: yaitu malam jum’at, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam pertengahan Sya’ban.”

5. Bulan Allah

KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi menjelaskan, bulan Rajab disebut juga sebagai bulan Allah.

“Rasulullah SAW mengatakan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadan adalah bulannya umat,”

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

6. Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Di bulan Rajab ini terjadi peristiwa penting bagi Nabi Muhammad SAW dan umat Islam. Pada malam ke-27 bulan Rajab, Rasulullah melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

Dalam perjalanan spiritual satu malam itu, Nabi Muhammad menuju langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Di sana, Nabi Muhammad menghadap Allah SWT dan mendapatkan perintah melaksanakan salat wajib 5 waktu.

Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam dan terdapat banyak hikmah yang masih relevan hingga saat ini.

7. Bulan bertobat

Bulan Rajab merupakan bulan yang dianjurkan untuk bertobat. Allah membuka luas ampunannya bagi siapa pun yang memohon ampun dengan tulus. Oleh karena itu, perbanyak lah bertobat dengan beristighfar.

Salah satu istighfar yang dianjurkan adalah sayyidul istighfar atau rajanya istighfar. Beristighfar membuka ampunan Allah, memudahkan jalannya rezeki, dan dihapuskan dari kesulitan. Dianjurkan pula memperbanyak bacaan tasbih, tahmid, dan bersalawat, serta bersedekah.

3 Larangan di Bulan Rajab

Selain keistimewaan tersebut, ada beberapa hal yang juga dilarang di bulan Rajab. Berikut ulasannya!

1. Diharamkan Membunuh

Pada bulan Rajab diharamkan melakukan pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian. Karena kebudayaan Arab dan kepercayaan Islam memercayai bahwa Rajab adalah bulan yang mulia.

2. Diharamkan melakukan maksiat

Pada bulan tersebut ada larangan untuk melakukan perbuatan maksiat karena akan dilipatgandakan dosanya. (Tafsir Zaadul Maysir untuk surat At Taubah ayat 36).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

3. Diharamkan Berperang

Tidak boleh adanya perang dalam bulan Rajab. Bahkan menyembelih kurban pun masih menjadi perdebatan apakah diperbolehkan atau tidak karena ada larangan untuk tidak menumpahkan darah di dalam bulan Rajab.

Itulah 7 keutamaan bulan Rajab yang dapat menambah pahala setiap muslim bagi yang mengerjakannya. Jangan lupa di share ya!

Facebook Comments