play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

4 Pertanyaan Penting saat Hari Kiamat Tiba, Ini Isinya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Allah Subhaanahu wa Ta’ala selalu memberikan kenikmatan dan kasih sayangNya tak terhingga selama kita hidup di dunia. Kenikmatan memiliki alam yang indah, keluarga lengkap, rezeki yang cukup, nikmat sehat wal afiat, dan beberapa nikmat lainnya. Semua yang Allah kasih tergantung kita cara menikmatinya. Atas syukur yang telah diterima selayaknya kita Agungkan namaNya hingga hari akhir. Jika nanti hari kiamat tiba, kira-kira apa saja sih pertanyaan yang akan muncul di akhirat? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ini Bunyi Doa yang Mulia untuk Anak-anak Kita

Peringatan dari Allah SWT

Umroh.com merangkum, selain rasa nikmat, Allah juga akan mempertanyakan bagaimana hidup kita di dunia? Apakah kita mensyukurinya atau bahkan malah tak puas apa yang telah Allah berikan? Apa yang dilakukan selama hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan di hari akherat? Diapun memberikan peringatan akan datangnya hari pembalasan. semua akan ditanyakan oleh Allah Subhaanahu wa Ta’ala , tanpa ada yang membantunya . Sebagaimana firman-Nya :

يُنصَرُونَ هُمْ وَلاَ عَدْلٌ مِنْهَا ؤْخَذُ وَلاَ شَفَاعَةٌ نْهَامِيُقْبَلُ وَلاَ شَيْئاً نَّفْسٍ عَن نَفْسٌ تَجْزِي لاَّ يَوْماً وَاتَّقُواْ

 “Dan jagalah dirimu dari (`azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa`at dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong”. (QS. Al Baqarah : 48 )

Maka, kita sebagai manusia harus mempersiapkan bekal sejak awal untuk hari akhir, dengan menabur amal sholeh dan berhati-hati dalam kehidupan sehari-hari . Sebab, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, menjelaskan tentang perkara-perkara yang akan ditanyakan pada hari kiamat, beliau bersabda :

 “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya”.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Pertanyaan di Hari Kiamat

Kehidupan yang fana ini akan segera berakhir. Kehidupan yang kekal dan abadi akan datang di hari kiamat. Di mana kita akan mempertanggungjawabkan semua amalan dan perbuatan yang kita lakukan selama hidup di dunia. Ketika hari kiamat itu tidak ada yang bermanfaat bagi manusia kecuali keimanan dan amal kebaikan yang pernah dilakukannya waktu di dunia. Adapun anak keturunan, harta, kedudukan, pangkat dan gelar yang dikejar-kejar oleh banyak orang, maka tidaklah bermanfaat. Maka merugilah orang-orang yang kesibukannya di dunia hanya untuk membanggakan anak keturunan, mengumpulkan harta, mencari kedudukan dan mengejar pangkat. Sedangkan terhadap akhirat mereka melalaikannya. Allah berfirman:

بِالصَّبْرِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا الصَّالِحَاتِ وَعَمِلُوا آمَنُوا الَّذِينَ إِلَّا,خُسْرٍ ي لَفِ لْإِنْسَانَ إِنَّ,وَالْعَصْرِ

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran”. (QS. Al-‘Ashr :1-3)

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, mengenai hari kiamat ini, Allah dan RasulNya shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengabarkan kepada kita baik itu melalui ayat-ayat al-Qur’an maupun melalui Hadits-hadits yang mulia. Salah satu Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang menggambarkan keadaan hari kiamat adalah Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Di sanalah kita dimintai pertaanggung jawaban tentang perbuatan-perbuatan yang pernah dilakukannya waktu di dunia. Diantanya akan ditanyakan pada hari itu adalah 4 perkara. Sebagaimana dalam Hadits tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

 “Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba (menuju surga atau neraka) sehingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, ilmunya untuk apa ia amalkan, hartanya dari mana ia peroleh dan kemana ia habiskan dan badannya untuk apa ia gunakan”. (HR Tirmidzi dan Darimi).

1. Tentang umur ke mana dihabiskan

Tentang umur ke mana dihabiskan? Umur merupakan pemberian allah yang wajib kita manfaatkan sebaik-baiknya. Panjang pendeknya umur akan ditentukan oleh Allah SWT. Tetapi yang penting bukanlah panjang dan pendeknya umur, melainkan untuk apa umur itu digunakan. Itulah yang bakal ditanyakan di padang mahsyar. Jika digunakan untuk berbuat kebaikan, maka akan beruntung. Dan jika digunakan untuk berbuat keburukan, maka akan merugi.

Hakikat diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Maka umur yang Allah telah Anugerahkan kepada kita dimanfaatkan sebaik-baiknya. Lakukanlah hal-hal kebaikan selama hidup dengan beribadah sepanjang hari  dan mengagungkan namaNya.

2. Ilmumu ke mana kamu amalkan

Pertanyaan selanjutnya saat hari kiamat adalah Ilmumu ke mana kamu amalkan? Ilmu merupakan usaha kita untuk menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi di alam ini. Ilmu yang kita dapat harus dimanfaatnya sebaik-baiknya. Menuntut ilmu hukumnya wajib. Untuk mendapatkan ilmu bisa dengan belajar kepada guru, mengikuti majlis taklim, membaca buku, mendengarkan khutbah, mendengarkan ceramah agama dan lain-lain. Sehingga kita mengetahui perintah-perintah dan larangan-larangan agama. Lalu berusaha untuk melaksanakan perintah-perintah sesuai dengan kemampuan dan menjauhi larangan-larangan.

Ilmu yang bermanfaat yang diajarkan kepada seseorang dapat mengalirkan pahala ketika kita telah berada di alam barzah. Maka mengajarkan ilmu yang bermanfaat adalah salah satu tabungan akhirat kita yang akan kita terima nantinya. Dengan ilmu orang alim bisa menipu orang jahil, dengan ilmu seseorang bisa menzalimi saudaranya, dengan ilmu orang miskin bisa kaya mendadak, dan dengan ilmu hak orang lain bisa menjadi hak pribadi, maka oleh karena itu ketahuilah bahwa ilmu yang dianugrahkan Allah itu pada suatu saat nantiknya akan ditanya ke mana diamalkan ilmu itu.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

3. Harta darimana diperoleh dan ke mana dipergunakan

Hartamu darimana diperoleh dan kemana dipergunakan? Dalam persoalan harta, Allah akan menanyakan dengan cara apa diperoleh dan ke mana dipergunakan harta itu. Harta bisa jadi kawan dan bisa juga jadi lawan. Harta bisa membuat orang senang dan juga bisa membuat orang tidak tenang. Harta bisa membuat yang jauh jadi dekat yang sedikit jadi banyak, dan juga harta bisa membuat yang dekat jadi jauh dan yang banyak jadi sedikit.

Harta yang kita peroleh harus dipergunakan dengan baik. Apalagi harta bukanlah peninggalan yang berarti. Ketika kita meninggal, tak akan membawa harta apa-apa selain amalan-amalan yang sudah kita lakukan selama hidup di dunia. Amalan bersedekah, infak, dan shodaqoh akan menjadi penolong dan penyelamat kita saat di akherat. Amalan itu juga termasuk sebagian dari harta kita.

4. Tubuhmu untuk apa kau pergunakan

Pertanyaan terakhir saat di hari kiamat nanti adalah tubuhmu untuk apa kau pergunakan? Tubuh Merupakan keseluruhan struktur fisik organisme manusia yang pada saat manusia sudah mencapai umur dewasa dia memiliki hampir 100 milyar sel yang masing-masing sistem organ sudah dirancang oleh allah untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial.

Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya. Dengan kesempurnaan susunan tubuh serta akal fikiran yang diberikan Allah tidak terlewatkan sedikitpun sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia baik lahir maupun batin. Ini adalah nikmat besar yang wajib disyukuri oleh setiap hamba. Oleh karena itu, akan ditanyakan badan ini pada hari kiamat untuk apa digunakan. Apakah digunakan untuk menjalankan ketaatan atau berbuat kemaksiatan? Apakah dilelahkan dengan urusan dunia dan akhirat atau dilelahkan dengan urusan dunia saja. Untuk apa badan ini digunakan?

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Marilah kita manfaatkan kehidupan fana ini dengan sebaik-baiknya. Berlomba-lomba mencari amalan sholeh. Perbaiki diri dan bertaubatlah dijalan Allah SWT.

Facebook Comments