1
Muslim Lifestyle

Pahami Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT. Puasa merupakan salah satu metode yang Allah SWT gunakan untuk mendidik diri seorang muslim agar menjadi manusia bertakwa. Contohnya puasa senin kamis dalam islam yang bisa dilakukan setiap minggu, selain bentuk ibadah puasa ini juga memberikan manfaat tersendiri.

Selain puasa wajib pada bulan ramadhan, Allah SWT juga menganjurkan umat nya untuk senantiasa melaksanakan puasa sunnah, yang diantaranya ialah puasa sunnah senin kamis. Puasa sunah setiap hari senin dan kamis merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan bagi tiap-tiap muslim yang mampu mengerjakannya. Untuk mengetahui dan memahami pengertian puasa senin kamis beserta niat dan keutamaannya mari simak bersama penjelasan singkat di bawah ini.

Baca juga : Inilah 5 Keutamaan Puasa Muharram

Pengertian Puasa Senin Kamis Dalam Islam

Umroh.com merangkum, puasa senin kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada setiap hari senin dan kamis. Puasa sunah bermakna, jika puasa tersebut dikerjakan, maka akan mendapatkan pahala. Namun, jika tidak dilakukan, orang tersebut tidak akan berdosa karena bukan perkara wajib.

Mengapa setiap hari senin dan kamis kita disunnahkan berpuasa ? Secara khusus, puasa ini dinyatakan Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim dan Tirmidzi berikut :

“Abu Qatadah r.a berkata, pernah Rasulullah SAW ditanya puasa pada hari senin. Jawabnya: “Hari itu saya dilahirkan dan dihari itu saya diutus serta Qur’an diturunkan kepadaku”. (HR.Muslim).

Hadist yang diriwayatkan oleh muslim tersebut menegaskan bahwa hari senin adalah hari kelhiran Nabi SAW, dipilihnya ia sebagai Nabi Alloh, dan hari diturunkannya Al-Qur’an. Oleh karenannnya Nabi gemar berpuasa di hari senin.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Hari Kamis diucapkan Nabi dalam haditsnya sebagai berikut:

webinar umroh.com

“Dari abu hurairah, bahwa nabi SAW selalu berpuasa senin kamis , lalu ditanyakan: Wahai Rasululloh sesungguhnya engkau selalu berpuasa senin kamis! Beliau Menjawab “sesungguhnya hari senin dan kamis adalah dua hari dimana Alloh mengampuni setiap muslim, kecuali dari orangyang saling bertengkar. Alloh berfirman tinggalkan keduanya hingga keduanya berdamai”. (HR. Ibnu Majjah).

“Pintu-pintu surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka pada hari itu, akan diampuni setiap hamba yang tidak mempersekutukan Alloh dengan sesuatu apapun, kecuali orang yang diantara dirinya dan saudaranya ada permusuhan. Lalu dikatakan:”Lihatlah kedua orang ini hinggamereka berdamai””.(HR. Muslim).

Ditegaskan hadist tersebut bahwa amal perbuatan manusia akan diperiksa pada dua hari senin dan kamis. Allah mengampuni setiap muslim pada hari senin dan kamis.

Niat Puasa Senin dan Kamis

keutamaan puasa daud

Sebelum menjalankan puasa Senin Kamis, sebaiknya didahului dengan membaca niat yang berbunyi :

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa Artinya,

 “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa Artinya,

“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.” 

Dapatkan Paket Umroh Menarik Hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Keutamaan Menjalankan Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulllah SAW selama hidupnya, Rasulullah tidak pernah meninggalkannya. Hal itu disebabkan banyaknya keutamaan yang terdapat dalam puasa tersebut, diantaranya ialah :

1. Hari ketika amal para hamba diperiksa

Menurut riwayat Nabi SAW, pada tiap sepekannya, amal-amal itu akan diperiksa pada hari senin dan kamis. Sebagaimana riwayat beriku ini, dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW, bersabda :

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Alloh dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari senin dan kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang diantara dia dan saudaranya terjadi permusuhan”.(HR. Muslim).

Karena itu selayaknya bagi seorang muslim untuk melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-harinya. Sebab amal manusia akan diperiksa dan di pertanggungjawabkan. Maka ada baiknya ketika hari diperiksanya amal manusia yaitu hari senin dan kamis hendaknya melakukan puasa. Karena dengan berpuasa, kita senantiasa terjaga dari hal-hal kemaksiatan dan kita semakin dekat dengan Alloh SWT.

2. Hari di bukanya pintu – pintu surga

Puasa-Senin-Kamis-dalam-islam

“Pintu-pintu surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka pada hari itu, akan diampuni setiap hamba yang tidak mempersekutukan Alloh dengan sesuatu apapun, kecuali orang yang diantara dirinya dan saudaranya ada permusuhan. Lalu dikatakan:”Lihatlah kedua orang ini hinggamereka berdamai“”.(HR. Muslim).

3. Senin, hari kelahiran dan diutusnya Nabi Muhammad

Menurut riwayat muslim yang diterima Abu Qatadah, pernah ditanyakan kepada Rosululloh SAW puasa hari senin, maka Rasulullah menjawab:

“Abu Qatadah r.a berkata, pernah Rasululloh SAW ditanya puasa pada hari senin. Jwabnya: “Hari itu saya dilahirkan dan dihari itu saya diutus serta Qur’an diturunkan kepadaku”. (HR.Muslim).

Maka sebagai umat Muhammad seharusnya memuliakan serta mengagungkan hari kelahiran belia dengan cara berpuasa sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT.

4. Keutamaan lain yang dimiliki hari kamis

Dalam riwayat Ibnu Jarir, dari Abu Bakar ra., bahwa Rasulullah, bersabda:

“Alloh menciptakan bumi pada hari Ahad dan Senin, Dia menciptakan gunung-gunung pada hari selasa. Dia menciptakan kota-kota, makanan, kekuatan, sungai-sungai, kemakmuran dan kerusakannya pada hari rabu. Dan dia menciptakan langit dan Malaikat pada hari Kamis sampai tiga saat-maksudnya dari hari Jumat”. Riwayat lain yaitu:“Berpagi-pagilah kalian dalam mencari ilmu, sungguh aku telah meminta kepada Rabbku agar memberi keberkahan umatku di waktu pagi mereka. Dan Dia menjadikan keberkahan itu pada hari Kamis”.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sudahkah kamu rutin berpuasa senin kamis ? semoga kita senantiasa menjalankan ibadah puasa sunnah ini dan menjadikannya amalan rutin agar kita senantiasa mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin