1
Sejarah Islam

Inilah Kepedulian Rasulullah pada Kesehatan Rakyatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa ada pepatah yang mengatakan sehat itu mahal. Pada dasarnya sakit itu bukan datang dengan sendirinya, sakit datang dari pola makan dan kebiasaan hidup yang tidak sesuai. Sakit juga merupakan ujian dan nikmat dari Allah SWT untuk hamba-Nya agar meningkatkan iman dan taqwa mereka.

Dahulu pada masa Rasulullah SAW bidang pengobatan yang menyerupai prinsip kedokteran sudah diberi kedudukan, Nabi pun mendorong para wanita di keluarganya untuk belajar tentang obat-obatan dari wanita lain yang memiliki pengetahuan tentang hal itu, karena selama masa Nabi di Madinah, perempuan di hormati karena pengetahuan medis yang mereka miliki.

Baca juga: Kisah Sahabat Rasulullah SAW, Abdurrahman Bin Auf

Gaya Hidup Sehat Rasulullah

Umroh.com merangkum, sebagai seorang muslim kita wajib bersyukur karena memiliki seseorang yang dapat kita teladani yaitu Rasulullah SAW, salah satunya dengan meneladani pola hidup sehat ala Rasulullah SAW. Karena semasa hidupnya beliau hanya pernah sakit sebanyak dua kali, yang pertama yaitu saat beliau di racuni perempuan yahudi dan kedua ketika menjelang ajalnya. 

Rasulullah SAW sangat peduli dengan kesehatan rakyatnya, untuk itu beliau senantiasa mencontohkan gaya hidup sehat tak hanya untuk dirinya sendiri melainkan bagi para umatnya juga. Bentuk kepedulian itu sendiri dapat kita rasakan dengan mulai mengkonsumsi makan sehat, karena Rasulullah hanya memakan makanan yang halal dan baik, seperti ikan laut segar, buah-buahan, madu, daging, susu dan gandum. Pagi harinya Rasulullah sarapan dengan segelas air yang di campur oleh sesendok madu asli karena dapat menjadi obat bagi bebagai macam penyakit. Memasuki sholat dhuha Rasulullah mengkonsumsi tujuh butir kurma yang menyehatkan untuk menetralisir racun. Malam harinya rasulullah memakan sayur-sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Jangan Lupa untuk Mengaji Hari Ini, Coba Buka Al Qurannya di Sini!

Selain itu Rasulullah SAW senang untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal, karena dapat menghirup udara pagi yang dapat menjadikan paru-paru lebih kuat dan sehat serta udara subuh juga dapat menyehatkan perasaan kita. Rasulullah SAW juga menganjurkan kita untuk senantiasa berolahraga secara rutin, selain dapat menunjang perkembangan jiwa juga dapat meningkatkan keterampilan dan pertumbuhan badan kita serta tidak mudah terserang penyakit. Dan yang terakhir Rasulullah SAW tidak pernah mempunyai sifat iri hati. Hati Rasulullah SAW selalu tentram dan tidak pernah membenci siapapun, karena ketika rasa ikhlas dan sabar dalam diri kita itu hilang maka akan menimbulkan penyakit yang kita kenal dengan sebutan stress, apabila stress sudah timbul pada diri kita maka kita akan menjadi lemah yang akhirnya mudah terserang penyakit.

Jadi pada dasarnya Rasulullah SAW sangat peduli akan kesehatan rakyatnya, karena beliau sudah mencontohkan dan menerapkan pola hidup sehat semasa Rasulullah SAW hidup, kita sebagai umatnya hanya tinggal menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari, maka insyaallah hidup kita akan sehat jasmani dan juga rohani. Nah.. luar biasa bukan kepeduliaan Rasulullah terhadap umatnya, yang sejak dahulu kala sudah membantu kita untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Karena harus kita ingat, sehat itu mahal. Semoga informasi yang di sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

webinar umroh.com