1
Kuliner Motivasi Tips

Sejarah Singkat Mansaf, Hidangan Nasional Yordania

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jordan memiliki masakan lezat mulai dari hidangan berat hingga makanan ringan. Jelajahi hidangan paling terkenal di Jordan, hadir di hampir setiap acara yang menggembirakan: mansaf.

Mansaf, yang berarti “piring besar,” (atau “destruktif,” mengacu pada seberapa gemuk hidangan itu), telah berkembang secara drastis selama bertahun-tahun. Pertama kali disiapkan di Bedouins of Jordan dengan bahan-bahan yang kurang dikenal, apa yang dulu disebut mansaf adalah daging unta atau domba yang dimasak dengan kaldu daging atau ghee dan sisi shrak atau markook roti. Beras tidak diperkenalkan ke dalam hidangan sampai akhir 1920-an, dan jameed, yogurt fermentasi asam, merupakan perkembangan baru-baru ini.

Mansaf hanya sepenuhnya berkembang menjadi negara yang terkenal selama era Hashemite-Wajib pada awal abad ke-20 dan menamakan hidangan nasional Yordania setelah kemerdekaan negara itu dari kolonialisme Inggris. Meskipun terkait dengan Yordania, hanya adil untuk menunjukkan bahwa mansaf juga populer di Palestina, Irak, Suriah, dan Arab Saudi, dengan sedikit perbedaan dalam persiapan.
Jameed, esensi mansaf yang lezat, dapat dengan mudah disiapkan di rumah dengan merebus susu domba atau kambing, yang kemudian difermentasi dan disimpan dalam kain tipis tenunan; garam ditambahkan untuk mengentalkan susu ke dalam yogurt yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola.

Karak, salah satu kota paling terkenal di Yordania, terkenal akan pembuatannya yang berkualitas terbaik.
Mansaf membutuhkan waktu yang baik untuk mempersiapkannya. Potongan-potongan daging ditambahkan ke blok yang dimasak jameed dan dibumbui sampai matang sementara nasi dimasak secara terpisah. Hidangan disajikan dalam piring besar dalam urutan tertentu: lapisan dasar roti lapis, lapisan beras bergantian dan dilumatkan, diatapi dengan daging, dan selesai dengan sesendok jameed dan dihiasi dengan kacang pinus dan kacang almond. Beberapa orang Yordania akan menggunakan kepala unta atau domba sebagai hiasan sebagai simbol kualitas daging yang baik.

Sepiring besar mansaf harus hadir di setiap acara besar: pemakaman, pernikahan, kelahiran, wisuda, hari libur keagamaan, dan Hari Kemerdekaan Yordania. Biasanya dimakan dalam gaya Badui pedesaan, dengan piring di atas meja tinggi dan orang-orang berdiri di sekitarnya, kadang-kadang dengan tangan kiri di belakang punggung mereka dan menggunakan tangan kanan dalam gerakan bekam untuk mengumpulkan nasi dan daging menjadi bola.

Versi urban dari mansaf menggantikan daging dengan unggas, tetapi varietas ini paling sering disiapkan oleh warga Suriah dan menyebutnya shakryyeh. Tetapi orang Yordania tidak akan menyebutnya mansaf atau mengaku memakannya