play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner

Manis dan Menggoda, Ini Daftar Hidangan Manis Khas Turki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Saat berkunjung ke Turki, jangan lupa mencicipi makanan manisnya. Turki dikenal dengan hidangan-hidangan manis penggugah selera. Mulai dari yang digoreng, hingga dimasak dengan susu. Bentuknya yang menarik juga akan membuat kita semakin ingin mencicipinya, atau membawanya sebagai oleh-oleh. Bagi kamu penyuka makanan manis, inilah makanan manis khas Turki yang perlu kamu coba.

Makanan Manis Khas Turki

1. Baklava

Makanan manis ala Turki yang cukup terkenal adalah Baklava. Hidangan yang terbuat dari lembaran-lembaran filo pastry, yang di tiap lapisannya diisi dengan kacang pistachio. Berlapis-lapis pastry itu kemudian dipanggang di atas loyang, dan setelah matang dinikmati bersama siraman sirup gula.

Baca juga: Unduh 5 Aplikasi Ini Sebelum ke Turki!

Baklava banyak ditemui di toko kue. Di beberapa toko, kita bahkan bisa melihat para pedagang membuat dan menyajikan Baklava. Hidangan ini cocok untuk mengisi kembali energimu setelah berkeliling Istanbul.

2. Lokum

Umroh.com merangkum, lokum dikenal juga dengan sebutan Turkish Delight. Makanan yang konon sudah ada sejak zaman kerajaan Ottoman ini dijual dengan berbagai rasa dan isian. Mulai dari rasa buah, rasa sirup mawar, hingga rasa cokelat. Teksturnya lembut dan kenyal, serta rasanya manis.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Biasanya, Lokum dinikmati bersama kopi Turki, untuk menyeimbangkan rasa pahit. Jadi, kita juga bisa menemukan Lokum di kedai-kedai kopi. Tidak jarang, Lokum juga dijual di toko kue dan sudah dikemas cantik untuk dijadikan buah tangan bagi para wisatawan.

3. Kunafa

Jika ingin menikmati sensasi unik dalam menikmati makanan manis, cobalah Kunafa. Kunafa terbuat dari adonan pastry yang diserut. Serutan pastry itu kemudian dipanggang, dan diberi isian keju putih. Setelah matang, bagian atasnya berwarna kecokelatan dengan tekstur serutan, dan di bawahnya ada isian keju yang meleleh.

Kunafa biasa dinikmati bersama dengan siraman sirup gula, taburan kacang pistachio, atau dondurma (es krim ala Turki). Saat menikmatinya, kita akan menikmati sensasi garing dan gurih dari adonan pastry, berpadu dengan lumernya keju dan manisnya sirup gula yang meresap di sela-sela adonan pastry. Ditambah lagi dengan aroma gurih kacang pistachio dan dinginnya dondurma, membuat Kunafa jadi semakin lengkap.

4. Kazandibi

Arti dari ‘Kazandibi’ adalah puding susu yang gosong, dan memang namanya menggambarkan hidangan manis ala Turki ini. Hidangan ini memiliki tampilan cokelat di bagian atasnya, dan di bawahnya ada bagian putih yang tampak lembut. Bagian yang berwarna cokelat itu sebenarnya adalah gula yang terkaramelisasi.

Walaupun tampak seperti puding yang gosong, tapi Kazandibi justru terasa nikmat karena ada bagian berwarna cokelat itu. Bagian yang terbentuk karena gula terkaramelisasi itu menciptakan tekstur garing yang berpadu dengan puding yang lembut. Biasanya, Kazandibi dinikmati dingin-dingin, setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Kita bisa menemukan hidangan ini di kedai kopi atau toko roti di Turki.

Jadilah tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

5. Firinda Sutlac

Firinda Sutlac cocok bagi kamu penggemar makanan yang lembut dan manis. Hidangan ini disebut sebagai puding beras ala Turki. Uniknya, Firinda Sutlac dimasak di mangkuk-mangkuk dari tanah liat, membuatnya semakin otentik.

makanan manis khas turki

Firinda Sutlac terbuat dari susu dan beras (nasi setengah matang), sehingga rasa manisnya tidak berlebihan. Kita bisa mencoba menu ini di berbagai kedai kopi atau toko kue. Bahkan tidak jarang ada supermarket yang menjualnya.

6. Tavuk Gogsu

Ingin mencicipi makanan manis yang terbuat dari daging ayam? Cobalah Tavuk Gogsu. Makanan manis khas Turki ini memang terbilang unik. Daging ayam biasanya tidak dijadikan bahan utama untuk makanan manis, bukan? Tapi Tavuk Gogsu yang terbuat dari ayam ini menjadi favorit warga Turki.

Tavuk Gogsu dibuat dengan menggiling ayam hingga lembut, kemudian dicampur dengan susu, gula, dan bubuk kayu manis. Hasilnya adalah hidangan manis dengan tekstur yang kenyal. Konon, resep ini sudah ada sejak zaman kerajaan Ottoman.

7. Asure

Asure disebut juga hidangan penutup buatan Nabi Nuh. Entah benar atau tidak, namun ada kisah menarik di balik makanan manis khas Turki ini. Konon, ketika bahtera Nabi Nuh mendarat di Gunung Ararat, ia meminta seluruh orang yang ada di kapalnya untuk mengeluarkan bahan makanan yang tersisa. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu.

makanan manis khas turki

Asure yang bisa kita temui hari ini memang terbuat dari campuran berbagai macam bahan. Di dalamnya, ada gandum, berbagai macam buah kering, serta gula. Asure termasuk hidangan yang spesial, karena hanya dibuat pada tanggal 10 di setiap bulan pada kalender Hijriyah.

8. Lokma

Bagi Anda yang mencari street food di Turki, mungkin akan menemukan pedagang lokma menjajakan hidangan ini. Lokma adalah kue yang terbuat dari adonan roti yang digoreng dalam bentuk bulat kecil-kecil. Sekilas, lokma mirip dengan donat, namun cara menikmatinya adalah dengan disiram sirum gula. Bentuk Lokma yang kecil-kecil, teksturnya yang garing lembut, dan rasanya yang manis akan membuat Anda ketagihan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

9. Dondurma

Dondurma bisa dibilang adalah es krim ala Turki. Berbeda dengan es krim pada umumnya, Dondurma memiliki konsistensi yang lebih padat dan elastis. Itu karena Dondurma dibuat dari susu kambing dan salep (bubuk akar anggrek liar yang banyak ditemukan di daerah Maras, Turki).

makanan manis khas turki

Dondurma biasa dijual sebagai street food. Pedagang Dondurma biasanya menyuguhkan atraksi unik saat melayani pembelinya. Hal itu juga yang membuat es krim tradisional Turki ini semakin unik.

Facebook Comments

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.