1
Muslim Lifestyle

Merinding! Begini Takdir Jodoh Menurut Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Setiap manusia di ciptakan oleh Allah SWT untuk berpasang-pasangan. Entah dengan cara apa Allah SWT mempertemukan Anda dengan pasangan Anda, tentu hanya Allah SWT lah yang mengetahuinya. Namun sebagai umatnya kita juga patut berusaha, karena jodoh dapat di ibaratkan rezeki, jika kita tidak berusaha maka tidak bisa di raih pula. Lalu bagaimana takdir jodoh sesuai kaidah islam? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Perhatikan! Ini 17 Tanda Jodoh Anda Sudah Dekat

Apa Itu Takdir?

Takdir atau dalam bahasa arab disebut Qodar yaitu ketentuan suatu peristiwa yang terjadi karena pilihan makhluk itu sendiri, yang akan di pertanyakan dan di mintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT di Mahsyar kelak. Sama hal nya seperti jodoh. Jodoh adalah saat Anda dipertemukan dengan seseorang yang sekarang sudah menjadi istri atau suami Anda yaitulah jodoh Anda. Lantaran hal itu telah digariskan oleh Allah SWT, kenapa telah digariskan? Karena siapa pun yang ada di samping Anda sekarang pasti bukan karena kebetulan, melainkan sudah takdir dari Allah SWT yang dituliskan atau digariskan di lauhul mahfud. 

Mungkin Anda merasa waktu awal bertemu dengan pasangan menganggap sesuatu yang hanya kebetulan. Namun sebenarnya pertemuan itu sudah digariskan dan di takdirkan oleh Allah SWT. Sesuai dengan diriwayatkan oleh ‘Abdullâh bin ‘Amru bin al-Âsh ra., bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda, “Allah telah menuliskan berbagai ketetapan atas makhluk-Nya lima puluh ribu tahun sebelum diciptakannya langit dan bumi. Dan pada saat itu, ‘Arsy Allah berada di atas air.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Tak hanya itu jodoh juga dapat diartikan saat Anda dipertemukan dengan pasangan, karena dia memang jodoh Anda. Tetapi bukan berarti dia yang berjodoh dengan Anda saat ini akan selalu bergandengan sepanjang hayat, belum tentu. Karena hal itu tergantung pada cara Anda menjaganya. Maka agar pasangan Anda tetap langgeng bersama dengan Anda sepanjang hayat, rawatlah dia dengan rasa cinta, dan kasih sayang yang tulus. Ibarat setangkai bunga mawar, apabila tidak Anda rawat dia akan layu, bila digenggam erat, Anda sendiri akan tersakiti olehnya. Dikarenakan bunga mawar memiliki duri yang sangat tajam. Begitu juga halnya dengan pasangan Anda. Mereka perlu dirawat dengan kasih sayang dan rasa cinta. Dan juga dia butuh kebebasan untuk berekpresi. 

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Takdir Jodoh dalam Islam

Berbicara mengenai Jodoh, bagaimana cara pandang Islam dalam mengungkapkan rahasia di dalamnya? Apakah Jodoh merupakan takdir yang telah digariskan oleh Allah SWT? Tetapi kenapa Rasulullah juga memberikan kita pilihan untuk memilih jodoh yang kita inginkan? Kenapa begitu banyak nasehat yang menyarankan agar kita lebih berhati-hati dalam memilih calon pendamping kita kelak? Hal tersebut menimbulkan begitu banyak pertanyaan yang muncul yang akhirnya membuat kita sebagai umat muslim memilih cara lain sebagai bentuk ikhtiar yaitu dengan cara berpacaran, salah satu hal yang salah dan dilarang oleh islam.

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, sebagai umat muslim kita hanya perlu memantaskan diri untuk bertemu jodoh kita kelak nanti karena sesuai Qur’an surat An-Nur ayat 26 yang memiliki arti : “Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Dari ayat tersebut sudah di jelaskan bahwa setiap manusia telah di gariskan takdir jodohnya oleh Allah SWT jauh sebelum mereka hidup di dunia, yang dimana sosok itu akan menjadi pendamping hidup Anda, hal tersebut tergantung dari sikap dan perilaku Anda. Namun meskipun telah di gariskan oleh takdir bukan berarti kita tidak bisa memilih jodoh kita bukan? Tentunya bisa, semuanya kembali pada usaha, doa dan ikhtiar kita pada Allah SWT. Karena Agama Islam memberikan jalan bagi kita untuk memilih jodoh sendiri tapi Islam juga mendorong kita untuk memilih pasangan hidup berdasarkan keimanan dan ketakwaannya daripada tampilan fisik dan hartanya sehingga kita lebih baik untuk membangun rumah tangga dalam Islam. Karena sesungguhnya jodoh yang akan datang kepada Anda merupakan hasil dari setiap doa dan usaha Anda. 

webinar umroh.com

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Dari hal tersebut kita dapat belajar bahwa rezeki dan jodoh merupakan suatu hal yang dapat kita usahakan sebaik mungkin, tetapi tetap semua kembali kepada Allah SWT yang menentukan takdirnya. Karena hanya Allah SWT yang berkuasa dan mengetahui atas segala sesuatu, kita hanya perlu menjalakan hidup dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amalan-amalan-Nya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.