1
Muslim Lifestyle

Jangan Bingung! Begini Tata Cara Tayamum di Bus

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Agama Islam begitu indah dan penuh dengan keberkahan serta kemudahan- kemudahan yang diberikan oleh Allah swt.  Allah swt maha mengetahui dan menginginkan kemudahan untuk tidak menghalangi mahluknya lalai dan tidak taat dalam beribadah. Bila manusia berhalangan kena air atau tak mendapatkan air untuk bersuci dari hadas, maka Allah sudah berikan solusi terbaiknya yaitu dengan cara bertayamum. Nah berikut ini akan dijelaskan tata cara tayamum di bus yang bisa Anda lakukan.

Syarat Diperbolehkannya Musafir Bertayamum

Umroh.com merangkum, bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, maka ada baiknya Anda perlu belajar bagaimana cara bertayamum di kendaraan. Tata cara wudhu tayamum ini memang sangat penting untuk dipelajari. Anda tidak akan tahu ada hal-hal yang memaksa untuk bersuci dengan cara tayamum. Misalnya, tidak adanya air dan adanya penyakit di anggota wudhu yang dilarang terkena air oleh dokter. Begitu juga saat sedang berada di kendaraan yang tidak memungkinkan untuk berwudhu. 

Baca juga: Perhatikan Baik-baik! Begini Bunyi Dalil Tayamum

Tata Cara Tayamum di Bus

Tata cara tayamum yang benar berbeda dengan wudhu. Pada wudhu kita bisa melakukan berbagai ibadah wajib jika belum batal wudhunya. Namun bersuci dengan cara tayamum hanya berlaku untuk satu kali ibadah. Misalnya, Anda sudah melaksanakan cara tayamum yang benar karena akan menjalankan sholat ashar. Maka, untuk sholat magrib, Anda harus bertayamum lagi meskipun belum batal.

  • Carilah tempat yang paling banyak debunya, misalnya kaca mobil atau kursi depan kendaraan.
  • Ucapkan basmalah lalu tempelkan kedua telapak tangan ke sandaran kursi depan (jika pesawat, dengan dindingnya),
  • Sapukan kedua telapak tangan ke wajah secara merata dari ujung rambut (dahi) sampai ke dagu, disertai dengan niat dalam hati.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Cuma download aplikasinya di sini dan dapatkan tabungan umroh sekarang juga!

Bunyi Niat Tayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

NAWAITUT TAYAMMUMA LISSTIBAAHATISH SHALAATI FARDLOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah.

webinar umroh.com
  • Menempelkan lagi kedua telapak tangan ke bangku depan atau dinding pesawat yang belum tersentuh.
  • Menyapukan tangan kanan hingga pergelangannya dengan tangan kiri, dan menyapu tangan kiri dengan tangan kanan.

Itulah tata cara tayamum di kendaraan yang paling efektif yang dapat kamu lakukan ketika sedang berada di kendaraan jika sedang melakukan perjalanan jauh.

Melakukan tayamum di kendaraan adalah sebuah bentuk menyucikan diri agar selalu bersyukur dengan syariat yang telah diberikan. Sehingga dapat menjadikan hal yang semakin terlihat bahwa Islam tidak pernah sama sekali memberatkan pemeluknya untuk melaksanakan segala sesuatu hal, utamanya dalam beribadah.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Sebab-sebab Tayamum di Mobil Boleh Dilakukan

Tidak bertemu air merupakan salah satu alasan bertayamum. Ketika Anda di dalam mobil, hal utama yang menjadi sebab diperbolehkannya tayamum adalah karena tidak ada air. Tidak ada air tersebut itu tentu bisa hakiki atau hukmiyah dan tentu saja memiliki kondisi yang sangat beragam.

Kewajiban yang paling utama adalah mencari air jika ada yang dekat atau Anda merasa terdapat air di suatu tempat yang masih terjangkau maka sebaiknya cari sampai dapat. Akan tetapi mencari air itu tentunya harus dengan keyakinan bahwa memang air itu ada. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com sekarang juga!

Jika posisi Anda di mobil dalam keadaan macet dan susah mendapatkan air maka Anda sangat boleh melakukan tayamum di mobil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bahwa jika di mobil memang terdapat air minum dan Anda juga membutuhkan air untuk berwudhu maka sebaiknya Anda bersuci dengan tayamum dan air minum digunakan untuk minum.