1
Serba-serbi Ramadhan

7 Tempat Berburu Takjil Jakarta dan Makanan Berbuka Puasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap muslim, tentunya sudah tidak akan asing lagi mendengar kalimat takjil, terutama pada saat memasuki bulan Ramadhan. Saatnya tiba berbuka puasa, maka salah satu hidangan yang wajib adalah takjil atau yang biasa disebut dengan kudapan. Takjil biasanya disantap untuk mengganjal rasa lapar sebelum menyantap jamuan makanan berat. Dan sudah tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia, termasuk tempat berburu takjil Jakarta.

Terdapat beberapa tempat yang kerap di jadikan sebagai tempat untuk mencari takjil dan biasanya banyak dipenuhi oleh para pedagang yang menjual berbagai macam takjil seperti gorengan, kue basah, hingga minuman dingin. Lalu ingin tahu dimana saja tempatnya ? berikut ini merupakan tempat berburu takjil yang tersebar di ibu kota.

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Manfaat Sholat Berjamaah

Pengertian Takjil

Takjil adalah sebuah kosa kata yang berasal dari bahasa Arab dengan makna menyegarkan. Dalam pengertian ini, maka takjil dapat diartikan sebagai menyegarkan saat berbuka puasa. Begitu juga dengan yang tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia, takjil diartikan sebagai menyegarkan atau mempercepat.

Tempat Berburu Takjil Jakarta

7 Tempat Berburu Takjil Jakarta

Berikut ini tempat berburu takjil Jakarta yang bisa Anda kunjungi selama bulan ramadhan berlangsung :

1. Pasar Bendungan Hilir

Pasar yang berlokasi di bendungan hilir, tepatnya berada di Jakarta pusat ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak dituju oleh beberapa orang yang sedang ingin mencari takjil. Ternyata, pasar bendungan hilir atau yang biasa kerap dijuluki sebagai pasar benhil ini sudah beroperasi selama kurang lebih 17 tahun.

Di pasar bendungan hilir ini juga terdapat aneka ragam takjil misalnya dimulai dari siomay, batagor, jajanan tradisional, minuman dingin dan masih banyak lagi. Bukan hanya makanan ringan saja, tetapi makanan berat pun tersedia contohnya ayam bakar, rendang, ikan bakar dan masih banyak lagi yang kamu temukan di pasar ini. Pasar benhil ini buka mulai pukul 11.00 siang hingga 18.00 petang, pasar benhil selalu ramai oleh pembeli, apalagi jika sudah mendekati menjelang waktu berbuka puasa.

2. Jalan Panjang

Lokasi berburu takjil yang satu ini berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya berada di kebon jeruk. Berbeda dengan pasar benhil, para penjual takjil ini berjejeran di sepanjang jalan raya. Para penjual pun menempati tenda-tenda sederhana. Beragam takjil yang di jajakan ini pun tak kalah beragamnya, mulai dari kue basah, kue kering, gorengan dan masih banyak lagi. Sayangnya, pasar kaget yang hanya dibuka pada saat bulan Ramadhan ini kerap menuai kemacetan, itu dikarenakan adanya tenda-tenda milik dari penjual takjil yang tidak tertata rapi dan terkesan semrawut.

webinar umroh.com

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

3. Kramat jaya

Bagi kalian yang ingin menyantap khas makanan minang sebagai menu berbuka puasa, maka cobalah untuk mengunjungi jalan kramat jaya, tepatnya berada di gedung bioskop kawasan pasar senen. Beragam takjil khas Sumatra Barat yang lezat mulai dari bubur kampiun, lamang tapai, srikaya telur hingga nasi kapau dapat ditemukan di pasar kramat jaya ini. Bukan hanya itu, beberapa ragam jajanan seperti lupis, getuk, wajik dan risoles juga di jajakan di kawasan ini.

4. Masjid Sunda Kelapa

Umroh.com merangkum, bila takut tak sempat menunaikan sholat maghrib karena sedang keasyikan berbelanja takjil, maka kamu bisa mengunjungi tempat berburu takjil yang satu ini. Area di sekitar Masjid Sunda Kelapa yang berada di Jakarta pusat ini disulap menjadi pusat jajanan selama bulan Ramadhan.

Umroh hemat bersama Umroh.com. Kunjungi sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Beberapa jenis takjil ini pun di mulai dari menu khas Betawi, kue tradisional, gorengan hingga es segar yang di jajakan di masjid ini.

5. Gandaria

Awalnya kawasan dari gandaria ini hanya dipenuhi oleh beberapa penjual kelapa muda saja, hingga akhirnya kawasan ini menjadi salah satu tempat yang dikenal sebagai tempat berburu takjil. Bukan hanya itu, gandaria juga dikenal dengan pusatnya penjaja kelapa muda saat tiba bulan Ramadhan. Dan tentunya, berbagai jajanan nikmat seperti gorengan, lapis, panada, hingga berbagai sajian minuman segar yang lainnya, dapat kamu temukan di Gandaria ini.

6.Jalan Soka

Berlokasi di dekat dengan pasar ular plumping, tepatnya di Jakarta utara, kawasan ini menyediakan berbagai menu hidangan, seperti menu makanan berat untuk berbuka puasa contohnya sambel goring ati, pepes, bandeng presto dan lainnya. Tak ketinggalan, berbagai kue makanan ringan, kue kering, kue basah dan aneka makanan lainnya yang memenuhi sepanjang kawasan ini.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7. Lapangan Blok S

Kawasan ini terletak di wilayah Jakarta Selatan. Di tempat ini bukan hanya ramai pasa saat bulan Ramadhan saja, melainkan saat hari-hari biasa juga. Pasalnya, tempat berburu jajanan ini terletak di dekat kawasan perkantoran. Sehingga saat adzan maghrib sudah tiba, maka kawasan ini biasanya akan dipenuhi oleh beberapa pegawai.