play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Manfaat Sholat Berjamaah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sholat berjamaah adalah amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah menjelaskan bahwa pahala sholat berjamaah lebih banyak daripada sholat di tempat bekerja atau di rumah. Lalu apa manfaat dari sholat berjamaah itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Manfaat Sholat Berjamaah

1. Sholat Berjamaah di Masjid Akan Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat

Umroh.com merangkum, manfaat sholat berjamaah di masjid adalah dihapuskannya dosa-dosa seseorang. Allah juga akan mengangkat derajat orang yang sholat berjamaah.

Rasulullah suatu ketika berkata pada para Sahabat, “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah Ta’ala akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian?” Para Sahabat lalu menjawab, “Iya, Wahai Rasulullah”.

Baca juga: Inilah Hukum Sholat Berjamaah Bagi Wanita

Rasulullah kemudian bersabda, “Menyempurnakan wudhu ketika dalam keadaan sulit, memperbanyak langkah menuju masjid (untuk sholat berjamaah), dan menunggu sholat sesudah selesai mengerjakan sholat. Yang demikian itu adalah perjuangan dan perjuangan.“ (HR.Muslim).

Rasulullah juga pernah bersabda, “Barangsiapa yang berangkat menuju masjid untuk sholat berjamaah, maka satu langkah akan menghapus dosa dan langkah berikutnya dicatat sebagai kebaikan, baik pada saat berangkat maupun kembali” (HR.Ahmad).

“Jika seseorang bersuci kemudian pergi ke masjid untuk memelihara sholatnya, maka dicatat baginya sebanyak sepuluh kebaikan untuk setiap langkahnya ke masjid. Dan orang yang duduk (menunggu sholat) untuk memelihara sholatnya, dia seperti orang yang melaksanakan ketaatan dan dicatat sebagai orang yang mengerjakan sholat ketika keluar dari rumahnya sampai kembali lagi.” (HR.Ahmad dan Ibnu Hibban).

“Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan berwudhu untuk menunaikan sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berihram untuk melaksanakan haji.” (HR.Abu Dawud).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Mendapat Jaminan Surga dan Keberuntungan

Orang beriman pastinya ingin mendapatkan jaminan surga dari Allah. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan sholat berjamaah. 

Terdapat tiga golongan yang semuanya mendapatkan jaminan dari Allah. Salah satunya adalah orang yang berangkat ke masjid.

“.. dan seorang yang berangkat menuju masjid maka dia mendapatkan jaminan dari Allah, Dia mewafatkannya, lalu memasukkannya ke dalam surga atau mengembalikannya ke rumah dengan membawa pahala dan keberuntungan.” (HR.Abu Dawud)

3. Mendapat Cahaya di Hari Kiamat

Di hari kiamat kelak, orang yang membiasakan sholat di masjid, terutama ketika hari gelap, akan mendapat naungan cahaya.

“Berikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan ke masjid dalam kegelapan dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat”. (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi).

4. Disambut Allah dengan Penuh Kegembiraan

Rasulullah menjelaskan bahwa Allah menyambut orang yang sholat berjamaah. “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan bagus dan sempurna, kemudian mendatangi masjid tanpa maksud lain selain sholat, kecuali Allah akan berseri-seri wajah-Nya sebagaimana gembiranya seseorang ketika menemukan kembali saudaranya yang pulang dari bepergian”. (HR.Ibnu Khuzaimah).

“Barangsiapa yang pergi ke masjid pada pagi atau sore hari, maka Allah akan menyediakan an-nuzul (jamuan) dari surga untuknya setiap kali dia pergi pada pagi dan sore hari.” (Muttafaq ‘alaih).

manfaat sholat berjamaah

5. Mendapat Curahan Rahmat dari Allah

Rahmat Allah akan tercurah bagi mereka yang membiasakan diri sholat berjamaah di masjid. “Seandainya orang-orang mengetahui keutamaan yang ada di balik adzan dan shaf pertama dan mereka tidak akan mendapatkannya kecuali dengan mengadakan undian, niscaya mereka akan mengadakan undian.” (HR.Bukhari).

“Sesungguhnya shaf pertama itu seperti shaf malaikat. Seandainya kalian mengetahui keutamaannya, niscaya kalian akan saling memperebutkannya.“ (HR.Abu Dawud). Syaikh Ahmad Albana menjelaskan,”Yang dimaksud dengan seperti shaf malaikat adalah dekat dengan Allah Ta’ala dan mendapat curahan rahmat.”

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

6. Melatih Kedisiplinan

Tim Umroh.com memaparkan, sholat berjamaah membutuhkan ketepatan waktu agar kita tidak tertinggal sholat. Karena itu, orang yang terbiasa sholat berjamaah akan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Sedangkan kedisiplinan merupakan faktor utama bagi kesuksesan seseorang.

7. Memperkuat Ukhuwah

Ketika sholat berjamaah di masjid, kita akan bertemu dengan sesama muslim lainnya. Bisa jadi itu adalah tetangga, atau musafir yang singgah untuk sholat fardhu. 

Dengan sholat berjamaah, kita akan semakin sering berinteraksi dengan sesama muslim. Di dalam interaksi itu, akan muncul perhatian yang tulus dan sikap tolong menolong. Jika tidak melihat si fulan, kita akan bertanya-tanya, apakah ia sakit, atau sedang tertimpa kesusahan. Karena itu, diharapkan akan muncul sikap gotong royong untuk membantu sesama yang kesulitan.

Selain itu, sholat berjamaah juga akan memperkuat tali silaturahim. Di masjid, kita akan saling mengenal sehingga tercipta ikatan persaudaraan yang lebih kuat.

Dalam sholat berjamaah, juga ada aturan untuk meluruskan shaf. Hikmah dari meluruskan shaf adalah timbulnya persatuan dan perdamaian di kalangan umat muslim. Diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah bersabda, “Hendaknya kalian meluruskan shaf kalian atau tidak Allah akan membuat wajah kalian berselisih”.

8. Meningkatkan Semangat Beribadah

Saat sholat berjamaah, sejatinya kita sedang beribadah bersama dan berkumpul untuk meraih ridha Allah. Ini akan menimbulkan semangat dalam beribadah.

9. Menyebarkan Syi’ar Islam

Banyaknya orang yang berbondong-bondong ke masjid akan menunjukkan kebesaran Islam. Pemandangan sholat berjamaah di masjid juga akan mengajarkan tentang sholat sebagai ibadah kepada Allah bagi orang yang tidak mengerti. Baik itu kepada sesama muslim yang belum paham, maupun orang kafir.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

10. Memberi Keteladanan bagi Anak-Anak

Anak-anak adalah penerus bangsa yang juga akan meneruskan dakwah umat muslim. Tentunya kita berharap anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sholeh. 

Sholat berjamaah akan membiasakan mereka dengan lingkungan yang Islami, sehingga mereka tumbuh dekat dengan masjid. Rahmat Allah juga akan tercurah bagi mereka yang membiasakan sholat berjamaah di masjid.

Facebook Comments