1
Muslim Lifestyle

Perhatikan! Seperti Ini Ucapan Ulang Tahun di Dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Merayakan ulang tahun merupakan budaya orang barat / nasrani yang biasanya diisi dengan kegiatan berfoya-foya yang sangat jelas bukan ajaran agama Islam. Perayaan ucapan ulang tahun selalu identik dengan perilaku orang-orang kafir. Seringkali acara ulang tahun disertai dengan banyak kemaksiatan.

Perlu kita ingat bahwa perayaan ulang tahun tentunya tidak pernah diperintahkan oleh Nabi saw. tidak pula disinggung secara langsung dalam dalil-dalil syar‘i dan tidak ada pula ayat-ayat al-Quran atau hadits Nabawi yang memerintahkan kita untuk merayakan ulang tahun. Sebaliknya, tidak ada pula larangan yang bersifat langsung untuk melarang perayaan ulang tahun tersebut.

Baca juga : 13 Cara Menyikapi Ulang Tahun Dan Dalilnya di Dalam Islam

Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Berkaitan dengan hari kelahiran, kita bersyukur kepada Allah karena telah memberikan kita kesempatan hidup di dunia. Tapi dalam islam sejatinya tidak ada syariat khusus untuk mengingat hari kelahiran. Bahkan sebagaimana yang kita ketahui Nabi Muhammad pun mengisi kegiatan hari lahirnya dengan berpuasa dan mempertebal ibadah serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Pasal hukum mengucapkan ulang tahun dalam islam, Sebagai seorang muslim yang baik, menunjukkan kepedulian, dan sikap membahagiakan orang, merupakan tindakan yang dianjurkan dan tidak dilarang. Akan tetapi jika kita mengucapkannya dengan di iringi dan ikut serta dalam acara pesta pora dan sebagainya tentu dilarang dalam islam.

Sedangkan bila ucapan selamat ulang tahun saja tanpa turut serta merayakan, maka hukumnya diperbolehkan asal disertai dengan doa keberkahan umur dan bertambahnya amalan sholeh. Karena sekedar bertambahnya umur bukanlah suatu hal yang mewajibkan seseorang untuk larut dalam kesenangan. Melainkan bermuhasabah dan ingat bahwa jatah umur kita akan semakin berkurang.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Ucapan Ulang Tahun Dalam Islam

ucapan ulang tahun

Datangnya hari ulang tahun tentu tak lepas dari ucapan selamat atas bertambahnya usia, baik itu dari keluarga maupun kerabat dekat. Di Indonesia sendiri ucapan selamat ulang tahun pun tak pernah luput dari tradisi setiap tahunnya. Umumnya bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, namun tak jarang pula yang menggunakan bahasa inggris sebagai kalimat ucapan.

Dalam pemberian ucapan ulang tahun, tentunya akan sangat lebih baik jika di dalamnya terdapat doa – doa kebaikan bagi yang berulang tahun. Sebagai seorang muslim, akan sangat lebih baik jika kita mengucapkan ucapan selamat ulang tahun yang sesuai dalam islam.

webinar umroh.com

Salah satu ucapan ulang tahun islam dalam bahasa arab yang sering diucapkan yaitu Barakallah Fii Umrik ( Semoga Allah memberkahi umurmu ). Kalimat tersebut mungkin pernah Anda dengar dari seseorang yang mengucapakan ulang tahun kepada Anda, atau mungkin juga Anda pernah lihat atau membaca di beberapa media sosial.

Ucapan ini sebagai wujud rasa syukur atas bertambahnya usia yang merupakan berkah dari Allah SWT. Dan ketika Anda mendapatkan ucapan Barakallah Fii Umrik dari seseorang, Anda dianjurkan pula untuk menjawab ucapan tersebut dengan kalimat  Wa Fiika Barakallah jawaban untuk laki-laki. Dan Wa Fiiki Barakallah jawaban untuk perempuan. Keduanya memiliki arti Semoga Allah juga memberkahimu.

Anda juga dapat membalas ucapannya dengan kalimat Jazakallahu Khairan ( Semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik ).  Dengan memberikan jawaban tersebut berarti Anda juga mendoakan yang baik kepada seseorang yang mengucapkan kepada Anda.

Segera dapatkan paket umroh menarik hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Doa Bagi yang Berulang Tahun

Umroh.com merangkum, akan sangat lebih baik lagi jika Anda pun memberikan doa – doa kebaikan bagi yang berulang tahun dan tak hanya mengucapkan ucapan selamat ulang tahun saja, . Doa ini pun bisa Anda terapkan untuk diri sendiri akan senantiasa mendapatkan umur panjang dan keberkahan di dalamnya.

1. Doa Panjang Umur

اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mupanjang umur, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik”

2. Doa Keselamatan

فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesegaran atau kesejahteraan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian pembahasan mengenai ucapan selamat ulang tahun dalam islam. Semoga Anda panjang umur dan mendapatkan keberkahan dalam umur Anda.