1
Muslim Lifestyle

Perlu Tahu! Seperti Ini Jawaban Ucapan Masyaallah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dalam kehidupan sehari-hari  khususnya di kalangan umat muslim kita sudah tidak asing lagi mendengar ucapan doa atau sejenisnya, karena hal tersebut senantiasa di ucapkan oleh banyak orang. Ucapan doa yang di maksud yaitu seperti barakallah, barakallahu fiik, barakallahu lakuma sampai dengan tabarakallah. Untuk para umat muslim masih banyak yang belum tahu mengenai jawaban ucapan masyaallah, padahal sering mendengarnya.

Ditambah dengan berkembangnya teknologi kita menjadi lebih sering mengetahui keseharian orang lain. Akhir-akhir ini pun jika Anda sering mengamati media sosial seperti facebook, instagram dan twitter banyak orang-orang dengan kebiasaan islami mengucapkan kalimat islami salah satunya kalimat masyaallah. Kalimat ini menjadi salah satu kata yang sering kita dengar setiap harinya, dan bahkan menjadi trending di media sosial, hampir semua umat muslim di seluruh dunia yang merasa kagum akan suatu hal yang terjadi atas izin dan kuasa Allah SWT mengucapkan kalimat masyaallah.

Baca juga : Pengertian Najis Dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

Makna Masyallah dan Tabrakallah

Umroh.com merangkum, masyallah dalam kitab tafsir Al Quranul karim surat Al Kahfi, Syaikh ‘Utsaimin menjelaskan bahwa kalimat masyallah bisa diartikan menjadi dua makna yaitu masyallah inilah yang diinginkan oleh Allah SWT atau apa yang dikehendaki Allah SWT.

Masyaallah sendiri biasanya akan di ucapkan ketika seseorang melihat sesuatu yang menakjubkan atau mengagumkan, yang mana ketika kita menyebutkan kalimat tersebut, kita mengakui bahwa apa yang membuat kita kagum adalah semata-mata atas kehendak dari Allah SWT. Tabarakallah sendiri memiliki arti ‘semoga Allah memberkahimu’.

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Hal yang dimaksud yaitu kejadian yang menyenangkan serta doa yang di ucapkan untuk seseorang yang membuat diri kita kagum kepada-Nya. Ucapan tabarakallah biasa di sandingkan dengan ucapan masyaallah. Dengan tambahan kalimat tabarakallah ini berarti kita mendoakan sesuatu yang kita lihat supaya menjadi lebih berkah. Tak hanya sebagai berkah tapi kedua ucapan tersebut sebagai bentuk kekaguman kita terhadap kuasa Allah SWT.

Jawaban Dari Masyaallah

Mengenai balasan atau jawaban dari ucapan masyaallah tentunya kita sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak yang mengucapkan masyaallah tabarakallah. Jadi jika ada seseorang yang berkata masyaallah kita bisa menjawabnya dengan tabarakallah, atau jika kita melihat sesuatu yang mengagumkan kita langsung dapat mengucapkan masyaallah tabarakallah, dengan mengucapkan dua kalimat tersebut berarti kita tidak lupa bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini atas kehendak Allah SWT.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Ucapan masyaallah tabarakallah pun dapat menghindarkan kita dari suatu penyakit bernama penyakit lain. Kalimat ain ini berasal dari kata aanaya’iinu yang memiliki arti terkena sesuatu hal yang disebabkan oleh mata. Penyakit ain ini dapat menyerang seseorang yang mana penyakit ain disebabkan oleh adanya pandangan mata terhadap seseorang yang di sertai adanya rasa ketakjuban.

webinar umroh.com

Kekaguman atau malah di sertai rasa iri, kebencian dan kedengkian. Penyakit ini bisa datang pada orang-orang yang menyukai, senang, atau bahkan cinta terhadap suatu hal, sehingga dia merasa takjub akan apa yang di lihat namun tidak mengucapkan masyaallah tabarakallah, hal itu membuat dia lupa bahwa yang Anda lakukan atau lihat itu hakikatnya atas kehendak Allah SWT.

Untuk itu sebagai umat islam kita patut berhati-hati dalam menyikapi bahaya dari penyakit ain ini, sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi : “jika seseorang dari kalian melihat dari saudaranya, melihat dari saudaranya atau melihat harta yang dimilikinya yang menakjubkan, maka hendaklah mendoakan keberkahan kepada saudaranya tersebut, karena penyakit ‘ain itu benar-benar ada’. (HR. Ahmad).

Jawaban Ucapan Masyaallah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sesuai yang di perintahkan Rasulullah SAW, ketika kita melihat sesuatu yang menakjubkan dan juga indah maka hendaklah mengucapkan masyaallah tabarakallah, agar senantiasa mendapat keberkahan. Karena perlu di ingat, kita juga harus sadar bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini memang atas seizin dan kuasa dari Allah SWT. Semoga informasi yang di sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.