1
Doa

Bisa Dicoba, Ini Waktu yang Tepat Membaca Surat Al Kahfi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap muslim, tentu sudah mengetahui keistimewaan hari jumat, karena hari jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim, hari jumat digambarkan dengan hari kemerdekaan karena terdapat shalat jumat bagi kaum pria hal tersebut menandakan bahwa kaum muslimin sudah merdeka dari segala hal, bahkan dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi pada hari jumat pula. Berikut akan dijelaskan soal waktu yang tepat membaca surat Al Kahfi.

Mengenai surat Al Kahfi 

Umroh.com merangkum, surat Al Kahfi berasal dari Bahasa Arab yang berawal dari kata Al Kahf yang memiliki arti goa. Sedangkan untuk suratnya merupakan surat ke-18 dalam Al Quran. Al kahfi juga memuat kisah utama mengenainAshabul Kahfi (para penghungi goa).

Baca juga: Jangan Lupa Membaca Surat Al Kahfi, Ini Keutamaannya!

Untuk istilah Ashabul Kahfi digunakan untuk menyebut sekumpulan para pemuda yang berupaya untuk mempertahannya sebuah keimananan yang ada pada dirinya mereka dengan keadaan ditengah-tengah kemungkiran yang berada disekitar mereka tinggal. Dalam surat Al Kahfi ini, dikisahkan bahwa Allah SWT mengabulkan doa mereka dengan memberikan sebuah perlindungan-Nya dengan cara membuat mereka semua tidur selama kurang lebih 300 tahun di dalam goa yang gelap. 

Hal tersebut tentu memiliki hikmah yang terkandung di dalamnya yang dapat kita ambil, bahwa Allah SWT senantiasa akan menolong setiap hamba-Nya yang beriman kepadanya dan tetap memiliki keyakinan bahwa hanya Allah SWT lah yang dapat menolongnya. Surat Al Kahfi tentu memiliki banyak hikmah yang dapat diambil dan menjadi keutamaan surat Al Kahfi sehingga dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi bagi kaum muslimin, khususnya untuk dibaca pada hari jumat. Untuk penyebutan hari jumat sendiri masih sangat luas, contohnya dapat bermakna dari mulai pagi dan dari shalat subuh hingga malam hari, atau hanya siang hari saja atau hanya malam saja. Sehingga muncullah pertanyaan waktu yang terbaik untuk membaca surat Al Kahfi.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Waktu membaca Surat Al Kahfi

Sebagai kaum muslimin, tentu membaca Al Quran sudah menjadi rutinitas yang harus dijalankan setiap harinya dan bukan hanya dilakukan pada hari Jumat. Hanya saja, hadits yang mengenai dan membahas tentang surat Al Kahfi dan hari yang dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi adalah hari Jumat.

Adapun keterangan mengenai waktu  yang baik dalam membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat secara spesifik dan akan merujuk pada dua hadits dibawah ini:

1. Malam Jumat

Dari Abu Said Al Khudri radhiyallahu ‘anhu Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kabah.” (HR. Ad-Dirimi)

webinar umroh.com

Hadits diatas menunjukkan bahwa membaca surat Al Kahfi merupakan amalan bagi kaum muslimin yang disunnahkan di malam Jumat. Malam Jumat yakni terletak dan jatuh pada hari kamis malam atau malam sebelum hari Jumat pada keesokan harinya.

2. Sepanjang hari Jumat

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Nasa’I dan Baihaqi)

Merujuk dari hadits diatas menunjukkan bahwa tidak ada batasan khusus yang harus dibaca pada surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi dapat dibaca pada hari Jumat baik itu pagi, siang, dan malam. Selama hari tersebut masih hari jumat dan tidak berganti hari selanjutnya.

Tak hanya melancarkan rezeki Anda, umroh juga menjadikan Anda tamu Allah. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Keistimewaan surat Al Kahfi

Berikut keistimewaan yang terdapat pada surat Al Kahfi :

1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

Bagi kaum muslimin, yang membaca surat Al Kahfi tentu memiliki keistimewaan, dimana orang tersebut akan dihindarkan dari fitnah dajjal. Rasulullah SAW bersabda “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bahwa kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr dan Mardawaih)  Dajjal itu sendiri merupakan satu diantara tanda-tanda kiamat.

2. Ridho dari Allah SWT dan diterangi cahaya

Membaca surat Al Kahfi dapat mendekatkan kita pada ridho Allah SWT dan mendapatkan cahaya keberkahan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW bersabda “Siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR. Ahmad)

3. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda : “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya diantara dua jumat.” 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. Disinari cahaya kebaikan

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al khudri juga menyebutkan bahwa dari Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang membaca surat al Kahfi pada malam jumat, maka akan dipancarkan cahaya untunya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq (Kabah) (Sunan Ad-Darimi, no. 3273, juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)