1
Serba-serbi Ramadhan

10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal Yang Perlu Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Tentunya bukan tanpa alasan, karena bulan Rabiul Awal inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia ini. Tepatnya pada senin, 12 Rabiul awal di tahun Gajah. Bukan hanya mengenai kelahiran Nabi Muhammad SAW saja, tapi 10 keutamaan Bulan Rabiul Awal yang boleh Anda ketahui

Seperti hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah, untuk dibangunnya masjid pertama kali di dunia ini pada bulan Rabiul Awal, serta pertama kali digelar adanya sholat Jumat serta untuk wafatnya Nabi Muhammad SAW. Selain peristiwa penting tersebut, maka ada sejarah penamaan bulan Rabiul awal dan sejarah sejumlah keutamaan bulan Rabiul Awal lainnya, yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasannya.

Sejarah Penamaan Bulan Rabiul Awal

Muhammad Shabri ‘Abd ar-Rahim menulis dalam harian elbalad, jauh sebelum masa Rasulullah SAW. Konon yang pertama kali memberikan nama Rabiul Awaal adalah Kilab bin Murrah, buyut kelima dari Rasulullah SAW. Ada beberapa cerita yang menjelaskan bahwa mengapa disebut sebagai Rabi’. Satu masa dinamakan Rabi karena pada bulan itu orang-orang Arab sudah mulai berperang kembali dan sedang memuncak. Sehingga kata Rabi’ mengilustrasikan perang sedang mulai subur dan sudah mulai banyak korban yang berjatuhan.

Ada juga riwayat lain yang mengatakan bahwa bulan Rabiul Awal menggambarkan dari kondisi alam. Kata ar-rabi’ adalah kondisi dimana tanaman sedang sangat subur dan banyak berbuah. Padang rumput menghijau. Masyarakat Arab membagi Rabi’ juga menjadi dua macam, pertama adalah Rabi as-syuhur (bulan musim semi) yaitu bulan Rabiul Awal dan Tsani. Ada juga rabi al-azminah (masa-masa musim semi), dimana musim semi oleh masyarakat Arab dibagi menjadi enam, yaitu kharif (gugur), syitaa (dingin), shafy (panas) dan qayzh (puncak panas) penamaan inilah yang sudah ada sebelum masa Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Berikut ini ada 10 keutamaan Bulan Rabiul Awal yang perlu diKetahui, diantaranya.

1. Bulan lahirnya pemimpin rahmatan lil alamin

Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang bersejarah bagi umat muslim khususnya pada hari senin bulan Rabiul Awal yang bertepatan pada tahun gajah, dimana telah lahir pemimpin seluruh umat muslim yang menjadi Rahmatan lil’ alamin atau rahmat bagi seluruh alam semesta ini. Dan beliau ini adalah baginda Rasulullah SAW. Allah SAW berfirman : “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta.” (QS. Al-Anbiya ayat 107)

Baca juga : Apa Itu Puasa Nifsu Sya’ban? Ini Penjelasannya!

2. Bulan wafatnya Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal juga merupakan bulan yang sangat mulia itu dikarenakan adanya dua peristiwa sekaligus yang sangat penting yaitu orang yang sangat mulia yang sudah dilahirkan ke dunia dan juga Allah SWT yang mengambil baginda Rasulullah SAW di dunia ini. Atau bisa disebut sebagai bulan wafatnya Rasulullah SAW.

webinar umroh.com

3. Disunnahkannya memperbanyak sholat di bulan ini

Bulan Rabiul Awal atau bisa juga disebut sebagai bulan mulud ini merupakan bulan yang sering digunakan untuk memperbanyak membaca sholawat dan juga bulan yang banyak memberikan salam pada Rasulullah SAW. Membaca sholat tentunya memiliki manfaat yaitu bertujuan untuk membuat hidup menjadi lebih baik lagi selama ada di dunia maupun di akhirat, sehingga ketika membaca sholawat nariyah, maka akan mendapatkan syafa’at dan juga mendapatkan berkah dari Rasulullah SAW.

4. Bulan yang memiliki banyak berkah

Umroh.com merangkum, bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan yang paling banyak dimanfaatkan oleh umat muslim, karena sebagai sarana sekaligus berkumpulnya sesama umat muslim di Masjid atau majelis-majelis dan beberapa tempat lainnya yang dimuliakan oleh Allah SWT. Ini bertujuan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menanam, memupuk dan lebih menumbuhkan rasa cinta atau mahabbah kita kepada Rasulullah SAW.

5. Ungkapan kecintaan pada Rasulullah SAW

10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Bulan Rabiul Awal menjadi bulan dimana bulan untuk mengungkapkan akan kecintaan kita dan kegembiraan dengan adanya Rasulullah SAW. Bahkan bukan hanya orang muslim saja yang mendapatkan kegembiraan tersebut. Orang kafir sekaligus akan mendapatkan manfaat dengan kegembiraan tersebut.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Dalam hadits riwayat Imam al-Bukhori dikisahkan saat Tsuwaibah yakni budak perempuan dari Abu Lahab yang menyampaikan kabar gembira mengenai kelahiran bayi yang sangat mulia dan Abu Lahap segera memerdekakan Tsuwaibah sebagai bentuk dari wujud tanda cinta dan kasih. Karena kegembiraannya tersebut, pada hari kiamat kelak, siksa atas dirinya akan diringankan pada setiap hari senin.

6. Meneguhkan kecintaan pada Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan untuk mengembalikan keteguhan cinta kita kepada Rasulullah SAW. Bagi setiap orang mukmin, kecintaan pada Rasulullah SAW adalah merupakan satu kewajiban  dan salah satu cara untuk meningkatkan sebuah keimanan dan taqwa. Kecintaan pada Rasulullah SAW juga harus berada di barisan yang lain dan harus melebihi segalanya bahkan pada keluarga atau diri sendiri. Berikut merupakan haditsnya : “Tidak sempurna iman salah satu diantara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orangtuanya dan seluruh manusia.” (HR. Bukhari Muslim)

7. Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Memperoleh rahmat Allah SWT yakni berupa taman surga dan juga dibangkitkan bersama-sama dengan para orang yang masuk ke dalam golongan orang yang jujur, orang yang sedang berjuang diagama Allah (mati syahid) dan juga orang-orang yang sholeh. Imam Syafi’I R.A mengatakan :

“Barang siapa yang mengumpulkan saudara-saudara untuk memperingati Maulid Nabi, kemudian menyediakan makanan, tempat dan berbuat kebaikan untuk mereka serta ia menjadi sebab untuk atas dibacakannya maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang yang sholeh. Dan dia juga akan dimasukkan ke dalam surga na’im.”

8. Memuliakan dan membesarkan Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal menjadi hari kelahiran Rasulullah SAW dan menjadi hari kebesaran bagi islam, sehingga memiliki banyak arti keindahan tersendiri. Dalam riwayat Qatadah Al Ansari, Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa hari senin dan Rasulullah SAW bersabda, “Itulah hari yang dilahirkan aku padanya dan diturunkan kenabian ke atasku.” (Riwayat Muslim dan lainnya.)

9. Melakukan amal kebaikan

10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal

Bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan untuk melakukan banyak amal kebikan seperti yang dilakukan oleh Abu Lahab dengan memerdekakan Suawaibah. Serta beberapa amal kebaikan yang bisa dilakukan antara lain bersholawa, membaca Al-Quran, bersedakah dan masih banyak lainnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

10. Dibangkitkan pada hari kiamat

Jika pada Rabiul Awal seseorang dikumpulkan oleh banyak sudara, maka janji Allah SWT adalah akan membangkitkan di saat hari kiamat kelak. Dari 10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal ini lah yang menjadi hal terpenting bagi umat muslim ketahui dan juga yang lainnya.