play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Kumpulan Doa Bulan Rabiul Awal dan Manfaatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com – Maulid Nabi diperingat setiap tanggal 12 Rabiul Awal oleh setiap umat muslim yang ada di dunia ini. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dapat diisi dengan memperbanyak ucapan seperti doa dan bersholawat dengan bersungguh-sungguh. Maulid Nabi juga bisa diperingati dengan meneladani kisah dan sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW melalui mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh para ulama dan ustad. Lalu bagaimana bunyi doa bulan rabiul awal?

Untuk Islam itu sendiri dianjurkan untuk memperbanyak sholawat sesuai dengan surat Al Ahzab ayat 56. Sholawat berarti ucapan atau doa kepada Allah SAW untuk Rasulullah SAW beserta keluarga dan sahabat. Allah berfirman,

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya.” (QS. Al Ahzab : 56).

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja doa bulan Rabiul Awal, maka kita akan membahasnya secara bersama-sama. Berikut ini adalah doa bulan Rabiul Awal yang harus kamu amalkan dan terapkan.

Doa bulan Rabiul Awal

Diantara doa yang bisa dilantunkan ketika menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, tepatnya pada bulan Rabiul Awal yakni sholawat Nabi yang kerap dibaca ketika pagi, siang, sore maupun malam hari setelah mengerjakan sholat lima waktu. Berikut ini merupakan kumpulan doa sholawat bulan Rabiul Awal.

1. Sholawat Ma’tsuroh

Sholawat ma’tsuroh merupakan sholawat yang kalimat, cara membaca, waktu membaca dan keutamannya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

2. Sholawat Ibrohimiyah

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya : “Ya Allah, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Sebagaimana yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Baca juga: 10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal yang Harus Diketahui

3. Sholawat Al-Fatih

َللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petujuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. Sholawat Quthbul Aqthob

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.

Artinya : “Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.”

5. Sholawat ummy

َللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sebagai hamba, Nabi dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”

6. Sholawat Mukafa’ah

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, dalam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang Ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

7. Sholawat Ghozali

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena kekelalan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung baitnya tanpa keridhoan-Mu, tidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihat wujud-Mu yang mulia.”

8. Sholawat Syifa’

َللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Manfaat membaca doa bulan Rabiul Awal

Ketika kita membaca doa atau membaca sholawat Nabi di bulan Rabiul Awal, maka kita akan memiliki manfaat bagi dikehidupan kita. Berikut manfaat dari membaca doa :

  • Untuk mendapatkan segala macam kebutuhan hidup dunia dan akhirat.
  • Untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan di dunia dan akhirat.
  • Untuk mendapatkan kewibawaan yang sangat besar terhadap orang lain.
  • Untuk menarik dan memperluas rezeki dengan sebanyak-banyaknya.
  • Untuk mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya semua cita-cita.
  • Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit.
  • Untuk menghapus dosa-dosa kecil
  • Untuk dapat bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam mimpi
  • Untuk dapat bertemu dan berkumpul dengan Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.
  • Untuk menyembuhkan penyakit pusing dan panas, perut, batuk

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi lebih dalam mengenai doa bulan Rabiul Awal

Facebook Comments