play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

10 Kue Takjil Buka Puasa yang Populer di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com – Saat bulan Ramadhan tiba, maka waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam adalah waktu berbuka puasa. Dalam hal ini, berbuka puasa merupakan momen yang harus di-segerakan. Untuk menu penyegera berbuka puasa, gorengan mungkin menjadi takjil favorit masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat 10 kue takjil buka puasa khususnya di bulan ramadhan yang sudah populer hingga saat ini.

Nah, jika Anda sedang mencari inspirasi untuk membeli jajanan buka puasa, berikut ada 10 kue takjil buka puasa yang selalu menjadi favorit untuk buka puasa Anda bersama dengan keluarga. Bahkan, jajanan ini masih banyak dijual pada saat bulan puasa, lho.

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


Baca juga : Sejarah Turunnya Al – Quran dan Awal Dibukukannya

10 Kue Takjil Buka Puasa

1.     Klepon

Saat buka puasa, Anda bisa menikmati secangkir teh dengan jajanan tradisional yang legit, seperti kue klepon. Nah, kue yang satu ini juga tidak pernah absen menjadi jajanan khas saat bulan puasa. Jajan pasar yang berbentuk bulat ini dilapisi dengan parutan kelapa yang akan membuat rasanya semakin gurih.

Ketika kue ini digigit, gula merah yang ada di dalam kue akan terasa lumer di mulut. Apalagi tekstur kue klepon ini sangat kenyal karena terbuat dari tepung ketan. Ini adalah kudapan manis yang paling cocok untuk teman minum teh. Rasanya akan semakin nikmat bila Anda makan kue klepon ini lebih dari satu buah.

2.      Serabi

Siapa yang tak kenal dengan serabi? Kue tradisional khas Surakarta ini sebenarnya sudah banyak dijual di kota-kota lain di Indonesia. Serabi biasa dimasak di atas tungku dengan berbagai topping. Dewasa ini, Anda bisa menemukan serabi dengan topping coklat, keju, pisang, nangka, sampai dengan sosis.

Dengan rasa yang gurih, serabi ini terasa sangat cocok berpadu dengan topping yang manis atau asin. Kue ini sangat nikmat bila disantap dalam keadaan hangat. Jika Anda ingin mencoba serabi dengan rasa yang authentic, jangan menggunakan topping apapun, tetapi tuangkan gula merah cair di atas kue serabi.

10 kue takjil buka puasa

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3.     Kue Lumpur

Kue tradisional dengan tekstur lembut dan enak ii sepertinya memang pilihan yang tepat untuk menu takjil buka puasa nanti. Cara membuat takjil kue tradisional ini cukup praktis dan sederhana sekali. Adonan kue lumpur juga tidak terlalu banyak membutuhkan bahan bahan yang sulit didapat. Supaya lebih lembut teksturnya, kita bisa menggunakan kentang sebagai bahan adonan utamanya.

4.     Kue lupis

Apa kalian tahu kue lupis? Kue yang terbuat dari ketan dan berbentuk segitiga ini banyak menjadi incaran lantaran sudah jarang ditemukan. Kue lupis terbuat dari beras ketan yang di-kukus atau direbus kemudian ditaburi kelapa parut dan gula merah cair. Tidak selamanya kue lupis berbentuk segitiga. Saat ini, banyak penjual yang membuatnya memanjang seperti lontong agar lebih mudah dibentuk. Tapi rasanya tetap maknyus, kok!

5.     Lemper

Ingin buka puasa dengan jajanan yang asin? Lemper ayam adalah kue basah yang cocok untuk menjadi kudapan saat berbuka puasa. Kue yang berbahan dasar beras ketan ini sangat mengenyangkan perut. Lebih lagi isi dari kue ini adalah potongan daging ayam yang gurih. Bila Anda tidak terbiasa berbuka puasa dengan makanan berat atau jajanan yang manis-manis, kue lemper ayam ini bisa menjadi altenatif untuk Anda. Pasalnya, lemper ayam akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6.     Pisang molen

Umroh.com merangkum, sebenarnya jajanan sederhana terbuat dari pisang ini sangat mudah sekali kita temukan di pinggir jalan. Memang banyak penjual pisang molen dengan harga murah dan terjangkau sekali. Tetapi kadangkala memang tidak selalu enak dan seringkali kulitnya kurang terasa adonannya. Kalau enggak pisangnya yang kurang matang sehingga mengurangi kenikmatan berbuka puasa nanti. Untuk itu sebenarnya kita bisa dengan mudah membuat olahan pisang goreng ini di rumah.

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

7.     Nagasari

Kue basah tradisional yang dibungkus dengan daun pisang ini memang selalu dijual ketika memasuki bulan puasa. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kue yang terbuat dari adonan tepung beras ini. Di dalam kue berisi potongan pisang yang manis. Ketika di-kukus dengan daun pisang, kue nagasari ini akan menebarkan aroma yang sangat harum dan menggugah selera. Anda pasti ketagihan bila mencicipi kue nagasari.

8.      Bika ambon

Bika Ambon adalah satu jenis kue yang berasal dari Medan. Nama Ambon diambil dari lokasi pertama kamu kue ini dijual, yakni di Jalan Ambon – Sei Kera, Medan. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal, empuk, dan mudah untuk dikunyah. Cita rasa Bika Ambon ini juga tidak terlalu manis, sehingga tidak mudah bikin eneg.

9.     Kue cubit

Jajanan kue sederhana yang murah meriah ini memang agak asing ya namanya. Tetapi walaupun begitu kue cubit ini sangat populer lho. Maka tidak ada salahnya bukan kalau kita menyiapkannya untuk menu takjil buka puasa buat Ramadhan kali ini. Apalagi buat yang tidak punya banyak waktu dan malas ribet, resep kue cubit bisa menjadi pilihan menu buka puasa nanti.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

10.  Martabak manis

Kue yang satu ini mungkin banyak kita temukan meskipun bukan memasuki bulan ramadhan. Cita rasanya yang nikmat dan cocok disantap kapapnpun menjadikan martabak manis sebagai menu favorit keluarga Indonesia. Martabak manis dengan isi keju dan coklat sederhana mungkin bisa dipertimbangkan untuk menu takjil buka puasa Anda tahun ini.

Facebook Comments