1
Serba-serbi Ramadhan

10 Negara Paling Lama Puasa Bulan Ramadhan di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan ramadhan ialah bulan yang sangat istimewa bagi tiap umat islam di seluruh dunia. Dimana pada bulan tersebut umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam hal ini, tiap umat islam tidak diperkenankan untuk makan, minum, serta diwajibkan untuk menahan hawa nafsu sampai waktunya berbuka. Seperti 10 negara paling lama puasa di dunia yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Sebagaimana yang telah kita ketahui dan kita jalani, berpuasa di negara Indonesia dalam sehari biasanya memakan waktu kurang lebih sekitar 13 – 14 jam. Akan tetapi berbeda dengan negara-negara di belahan bumi lainnya. Durasinya lebih lama bahkan ada yang sampai 23 jam. Berdasarkan hasil rangkuman team umroh.com berikut adalah 10 negara paling lama puasa di dunia.

Baca juga : Olahraga Saat Puasa Bikin Badan Kamu Makin Bugar

10 Negara Paling Lama Puasa di Dunia

Orang Indonesia sangat beruntung karena menjalankan puasa hanya kisaran 12 jam perhari. Muslim di negara lain harus menahan puasa lebih lama. Bahkan ada negara yang menjalankan puasa hampir 24 jam alias seharian. Berikut ini 10 negara paling lama puasa Ramadhan maupun puasa lainnya:

1.      Finlandia

Negara peringkat pertama yang memiliki durasi waktu puasa terlama ialah Finlandia. Berdasarkan penuturan beberapa orang yang pernah tinggal di sana, Finlandia ialah salah satu negara di Eropa yang memiliki durasi puasa sampai dengan 23 jam. Wooooww, itu artinya berpuasa di negara ini bisa menghabiskan waktu hampir 24 jam. Penduduk di sana bisa memulai puasa pada pukul 01.00 dan jam berbuka puasa bisa dimulai dari pukul 00.00. Bayangkan, kamu punya waktu buka sekaligus sahur lebih kurang hanya 60 menit saja selama menjalankan ibadah puasa.

2.      Islandia

10 negara paling lama puasa

Negara kedua dengan durasi waktu puasa terlama ialah Islandia. Penduduk daerah ini ternyata harus menjalani puasa selama sekitar 22 jam setiap harinya. Umat islam di sana harus menyelesaikan sahur pada pukul 02.00 dan mendapat kesempatan untuk berbuka puasa pada saat pukul 00.00.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3.      Greenland

Negara berikutnya ialah Greenland. Berpuasa di negara ini kamu akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 21 jam. Jadi, kamu hanya memiliki waktu kurang lebih 3 jam untuk berbuka dan sahur.

4.      Swedia

Swedia mungkin menjadi salah satu negara Skandinavia dengan masa puasa yang lama dan sangat menantang. Penduduk Swedia ternyata harus menjalankan puasa mereka bertepatan pada musim panas. Umat islam Swedia nampaknya memang sudah harus mampu beradaptasi untuk berpuasa selama kurang lebih 20 jam dengan hawa yang cukup panas.

webinar umroh.com

5.      Alaska

Alaska ternyata merupakan negara dengan durasi puasa yang cukup unik. Negara bagian Amerika Serikat ini memiliki sekitar 3000 umat islam yang mayoritas tinggal di daerah Achorage. Banyak yang berpendapat bahwa muslim Alaska sebenarnya harus menjalankan puasa selama sekitar 19 jam, namun sebagian penduduk memilih berkiblat pada waktu Arab Saudi dalam menjalankannya. Ada pula yang berkata bahwa saat musim panas tiba, muslim Alaska harus menjalankan puasanya sekitar 19-20 jam. Namun bila musim dingin tiba, waktu puasa mereka jadi berubah 5 jam per harinya.

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6.      Jerman, Belarus, Belanda, Rusia

Umroh.com merangkum, negara Eropa lain yang juga masuk dalam daftar memiliki durasi puasa cukup panjang adalah Jerman, Belarus, Belanda, dan Rusia. Muslim di negara ini kabarnya puasa mulai dari sekitar setengah empat pagi sampai dengan jam 22.00, dengan total lebih kurang 19 jam.

7.      Inggris, Norwegia, Belgia

Saat bulan puasa tiba, umat muslim di negara tersebut harus menjalani puasa dalam rentang waktu lebih kurang 18 sampai dengan 19 jam per harinya. Masyarakat muslim di sana mulai berpuasa sejak pukul 2.30 dan baru berbuka pada pukul 21.30.

8.      Kanada, Turki, Prancis

Waktu siang di tiga negara ini berlangsung selama lebih kurang 17 jam. Itu sangat mempengaruhi waktu berbuka para muslim yang berpuasa di sana. Para Muslim di negara ini akan mengakhiri makan sahur pada pukul 02.45 dini hari. Waktu berbuka puasa Muslim di negara ini akan tiba pada sekitar pukul 19.45.

9.      Amerika Serikat

10 negara paling lama puasa

Umat Islam yang tinggal di negeri Paman Sam ini, mulai berpuasa sejak pukul 03.00 dini hari dan akan berbuka puasa pada jam 20.00 waktu setempat. Jika dihitung, mereka akan menahan lapar dan haus selama lebih kurang 16 jam lamanya.

10.  Jepang

Mereka umat islam yang berpuasa di Jepang, harus siap menahan lapar dan dahaga selama lebih kurang 15 jam. Orang Muslim yang tinggal di negara matahari terbit ini, akan memulai puasa sejak pukul 03.11 dan berbuka puasa pada pukul 18.47 waktu setempat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah daftar 10 negara paling lama puasa yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Semoga lama ataupun cepatnya waktu umat islam berbuka puasa, tak akan mengurangi rasa niat dan rasa ikhlas kita dalam menjalani ibadah mulia ini.