1
Serba-serbi Ramadhan

Inilah 10 Negara Puasa Terlama yang Ada Di Belahan Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap umat muslim tentunya bulan suci Ramadhan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Bukan hanya umat muslim yang ada di Indonesia saja yang sangat menunggu momen-momen yang indah tersebut, tetapi dari umat muslim dari negara lainnya pun menantikannya. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa umat muslim yang ada dibelahan dunia ini sangat menanti-nanti momen bulan Ramadhan. Karena puasa di bulan Ramadhan itu menjadi lading ibadah yang sangat besar pahalanya.

Islam juga telah mencantumkan puasa sebagai salah satu rukun menjadi muslim. Umat islam diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga, nafsu birahi dari subuh hingga tenggelamnya matahari. Khusus untuk yang tinggal di Indonesia sangatlah beruntung karena menjalankan puasanya hanya kisaran 12 jam saja perharinya, sedangkan untuk muslim di negara lain harus menahan puasa lebih lama lagi, bahkan ada yang sampai menjalankan puasanya hampir 24 jam atau bisa dikatakan seharian berpuasa. Kira-kira negara mana sajakah yang menjalankan puasa terlama di belahan dunia ini ? Oleh karena itu, kita akan merangkum negara puasa terlama menjalankan puasa.

Baca juga: Doa Menenangkan Hati yang Bisa Anda Baca Sehari-hari

Faktor Negara Puasa Terlama

Umroh.com merangkum, negara-negara di Eropa cenderung punya waktu puasa yang lebih lama. Itu artinya, di negara tersebut, waktu siang lebih lama dibandingkan dengan waktu malam harinya. Hal ini disebabkan oleh gerak rotasi dan gerak revolusi bumi. Bentuk bumi yang bulat akan berputar pada porosnya (rotasi) serta bergerak mengelilingi matahari (revolusi). Ketika salah satu sisi bumi terkena paparan cahaya matahari, maka daerah tersebut akan mengalami masa siang hari.

Dalam berotasi, bumi teryata berputas pada poros yang tidak tegak lurus. Melainkan, terdapat kemiringan sebesar 23,50 terhadap perpotongan bidang ekuator bumi dan bidang orbit bumi terhadap matahari. Nah oleh karena itu, muncul lah perbedaan lama waktu puasa di berbagai negara dunia.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

10 Negara Puasa Terlama

1. Kanada

Kanada merupakan negara dengan letak yang territorial paling utara yang berada di Amerika Utara. Negara ini mempunyai waktu puasa Ramadhan sampai 16 jam sehari, sehingga waktunya lebih lama dibandingkan dengan waktu puasa Ramadhan di Indonesia yang rata-rata hanya 12 jam sehari.

2. Prancis

Prancis itu sendiri, merupakan sebuah negara yang terkenal paling romantis di dunia. Negara dimana tempat Menara Eiffel berdiri ini memiliki durasi waktu untuk berpuasa hingga 17 jam 52 menit. Tentunya empat jam lebih lama dibandingkan dengan waktu puasa di Indonesi.

3. Belgia

Negara belgia ini mempunyai cokelat tahunan terbesar di dunia yang berkualitas sangat baik. Mungkin hal tersebut dikarenakan faktor cuaca yang ada di negara tersebut. Tentunya hal tersebut juga berdampak pada durasi puasa Ramadhan. Di kota Brussel, umat Islam menjalankan ibadah puasanya hingga 18 jam 19 menit.

webinar umroh.com

4. Jerman

Untuk warga muslim di Jerman juga harus menahan laparnya berpuasa hingga berkisar 18 jam perharinya. Jika di negara Indonesia matahari terbenam pada pukul 18.00, di Jerman matahari terbenam mulai pukul 22.00 barulah bisa berbuka puasa.

5. Rusia

Negara yang beribukota di Moscow ini juga harus menunggu waktu berbuka puasa hingga 18 jam perhari. Waktu berbuka puasa di Rusia ini hanya selisih 10 menit dari Jerman.

6. Turki

Negara Turki menjadi negara terlama untuk menjalankan ibadah puasa. Karena waktu sahur di Turki saja pukul 3 pagi dan berbuka puasa pada pukul 21.00. namun untuk di negara Turki itu sendiri, disana mayoritas penduduknya beragama muslim, sehingga untuk berpuasa disana tidak begitu terasa karena banyak penduduk muslim yang ikut berpuasa.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

7. Inggris

Inggris juga termasuk ke dalam daftar negara yang memiliki durasi puasa terlama di dunia. Di sana matahari terbenar setelah 19 jam berpuasa, tentunya hal ini menjadi puasa terlama di dunia.

8. Alaska

Hampir mirip dengan Swedia, Alaska juga mempunyai durasa malam yang hanya memiliki waktu 4 jam saja pada saat musim panas. Namun, Alaska juga termasuk negara dengan waktu tersingkat pada musim dingin yaitu 5 jam sehari.

9. Swedia

Umat muslim yang tinggal di Swedia hanya berjumlah 5 persen dari populasi masyarakat yang ada di sekitar. Umat muslim yang tinggal disana harus menahan lapar dan dahaga hingga 20 jam sehari. Matahari di Swedia terbenam pada pukul 24.00 waktu setempat.

10. Islandia

Negara ini dijuluki dengan julukan ‘Land Of Fire and Ice’ karena mempunyai banyak glister dan gunung api. Di negara ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa hingga 20 jam 56 menit. Hampir 9 jam lebih lama di bandingkan dengan negara Indonesia.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Ternyata, jika dibandingkan dengan negara Indonesia, waktu berpuasa di negara belahan dunia utara jauh lebih lama waktu berpuasanya. Untuk itu, sudah sepatutnya kita bersyukur karena tinggal di negara yang memiliki iklim mendukung untuk beribadah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai 10 negara puasa terlama.