1
Serba-serbi Ramadhan

15 Tips Mudik Lebaran Aman Dan Nyaman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Lebaran sebentar lagi! Tradisi masyarakat Indonesia setiap akhir Ramadhan akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Masyarakat berbondong-bondong bersilaturhami mengunjungi para kerabat. Tak heran bila di momen ini jalanan akan ramai bahkan bisa menyebabkan macet di beberapa titik tertentu. Agar perjalanan mudik lancar dan selamat sampai tujuan. Simak pembahasan mengenai 15 tips mudik lebaran aman.

15 Tips Mudik Aman

Bagi kalian yang berencana mudik tahun ini, gak ada salahnya melakukan persiapan lebih awal, Seperti kita ketahui bersama perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang singkat, melainkan sebuah perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Maka dari itu kondisi fisik yang bagus akan sangat dibutuhkan agar kita bisa tetap berkonsentrasi ketika berada di tengah jalan. Tidak saja hanya kondisi tubuh yang harus dalam keadaan baik, hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan yang akan kita gunakan untuk mudik.. Berikut ini 15 tips mudik lebaran aman dan nyaman, diantaranya.

1. Periksa Keadaan Mesin Kendaraan

Perhatikan kondisi mesin motor yang akan anda gunakan untuk perjalanan mudik. Kalu mau gampang, tinggal bawa ke bengkel, lakukan general check up. Bisa ke bengkel umum atau bengkel resmi. Gak mahal kok biaya general check up, paling hanya beberapa ratus ribu rupiah aja.

2. Bawa Peralatan Bengkel

Bawa peralatan bengkel secukupnya, seperti set kunci ring, kunci T, tang dan lain-lain. Bila perlu bawa spare part ringan yang paling sering diganti misalnya belt, lampu, sekring dan relay.  Jangan lupa bawa cairan atau coolant untuk radiator. Ya untuk jaga jaga di perjalanan. Lebih baik disiapkan tetapi tidak digunakan daripada mau digunakan tetapi tidak siap.

3. Pelajari jalur yang akan dilalui          

Pelajari jalur yang akan dilalui. Sebelum berangkat pelajarilah jalur yang akan dilalui saat mudik. Caranya dapat melihat peta di google map misalnya. Juga mencari informasi terkait jalur tersebut di berbagai media online. Sekarang kan gampang kalo mau cari informasi, tinggal ketikkan kata kuncinya di google, nanti akan banyak muncul pilihan informasi.

Baca juga : Pengertian Puasa Sya’ban dan juga Hukum Menjalankannya

Yang tak kalah penting lainnya adalah cari informasi terkait rekayasa lalu lintas saat mudik atau berbagai kebijakan dinas terkait perihal pengaturan lalu lintas, misalnya kebijakan contra flow atau one way pada jalan tol. Silahkan cari alternative jalan lain ketika one way dan lebih berhati hati saat ada contra flow.

4. Pertimbangkan waktu keberangkatan

Pertimbangkan waktu keberangkatan untuk menghindari titik-titik macet di kota-kota tertentu, misalnya Jakarta. Yaa tau sendiri lah bagaimana traffic di sana. Silahkan diidentifikasi titik-titik potensi macet pada jalur mudik anda, dan perhitungkan timingnya. Kemacetan saat mudik itu biasa, tapi kalo bisa menghindarinya itu sungguh menyenangkan.

webinar umroh.com

5. Bawa perbekalan

Tips Mudik Lebaran

Saat mudik kita masih melaksanakan puasa. Untuk itu, siapkan perbekalan karena Anda bisa saja mengalami buka atau sahur on the road. Siapkan air mineral yang cukup di dalam tas atau simpan di bagasi. Selanjutnya selalu siapkan roti dan biskuit yang awet dibawa selama perjalanan. Makanan ini cukup andal untuk mencegah lapar sebelum Anda makan. Kalau Anda mau bawa oleh-oleh, lebih baik dikirim saja jauh-jauh hari. Atau bawa seperlunya saja agar tidak susah selama perjalanan kecuali Anda bawa kendaraan pribadi yang besar.

6. Bawa kotak obat

Berada di jalanan memungkinkan seseorang mengalami sakit gara-gara kecapaian, untuk itu bawa selalu kota obat. Isi kotak obat dengan obat standar seperti pereda nyeri, obat maag, obat penghilang mual, atau obat-obatan pribadi. Selain obat-obatan jangan lupa membawa minyak kayu putih yang bermanfaat untuk menghilangkan mual, mengatasi masuk angin, dan menghangatkan tubuh.

7. Bawa kartu pembayaran non tunai

Umroh.com merangkum, cara paling cepat agar bisa sampai rumah kalau Anda pakai kendaraan pribadi adalah dengan melalui jalan tol. Oleh karena itu siapkan kartu pembayaran non tunai untuk melancarkan perjalanan di tol di seluruh Indonesia

8. Penataan barang

Saat penataan barang di mobil, aturlah keseimbangan beban di dalam kendaraan. Saat mudik dengan mobil pribadi, biasanya banyak barang bawaan, baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun untuk keluarga di kampung halaman. Nah, aturlah penempatan, penataan dan distribusi beban yang merata, jangan terlalu berat pada satu sisi. 

9. Jangan ragu menepi saat mengantuk atau lelah

Jangan ragu menepi saat mengantuk atau lelah. Mengantuk adalah musuh berat pengemudi. Lapar masih bisa ditahan, tapi kalo ngantuk, jangan ditahan. Jika mata sudah terasa ngantuk, segeralah menepi, jangan memaksakan untuk meneruskan perjalanan.

Demi kemanan, jangan memaksa meneruskan perjalanan jika terasa ngantuk atau lelah. Jika sudah dirasa lelah dan atau mengantuk, konsetrasi akan berkurang sehingga berkendara sudah tidak fokus dan kesigapan menurun. Jika ngantuknya di Tol, segera cari informasi rest area terdekat dan segeralah menepi.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

10. Aplikasikan Teknik Berkendara Defensif alias Defensive Driving

Intinya Defensive driving dimaknai sebagai sikap atau perilaku berkendara yang menghindarkan kita dari berbagai masalah di jalan, entah masalah itu disebabkan oleh diri kita sendiri atau pengendara lain.  Dapat juga dimaknai sebagai sikap yang bijak atau penuh perhitungan ke depan. Jadi ini lebih ke sikap berkendara, bukan keterampilan mengemudi.

Misalnya, saat menghadapi antrian panjang lebar mau masuk pintu tol, ada yang berusaha menyerobot secara mendadak, ya sudah hadapi dengan senyuman dan biarkan dia masuk duluan, positive thinking aja, mungkin dia mau ke toilet.

Atau saat berkendara malam hari dan ada mobil dari arah berlawanan yang sedang overtake dan jaraknya dekat dihadapan Anda, jangan terus-terusan Anda kasih lampu jauh atau lampu high beam, bisa berbahaya. Kalau kita hadapi dengan emosi dengan cara terus memberikan lampu jauh, pengendara tersebut bisa silau, pandangannya terganggu dan dapat berdampak fatal untuk kita juga.

11. Selalu jaga jarak aman antar kendaraan

Selalu jaga jarak aman antar kendaraan. Jarak aman antar kendaraan ini sebenarnya ada rumus perhitungannya, bisa menggunakan standar waktu atau standar jarak.

12. Perhatikan indikator bahan bakar

Perhatikan indikator bahan bakar di panel pada dashboard mobil Anda, Pastikan bahan bakar di tangki mobil tidak kurang dari seperempat. Ini Untuk berjaga jaga aja, khawatirnya nanti menghadapi kemacetan lalu lintas yang panjang dan lama. Amannya ya kalo kalo sdh berkurang dari setengah, segera penuhi kembali.

13. Nyupir bergantian

Tips Mudik Lebaran

Jangan ragu dan malu untuk bergantian nyupir jika dalam rombongan mobil anda, ada yang bisa berkendara dan punya SIM tentunya. Jika tidak ada sopir cadangan alias Anda sopir tunggal, maka harus cermat mengatur durasi berkendara, misalnya tiap 2 jam berhenti untuk istirahat. Seperti mudik saya tahun lalu, karena sopir tunggal ya maksimal tiap 2 jam harus istirahat, istirahatnya ini bisa dipakai untuk tidur, ya lumayan dapat tidur 30 menit atau 1 jam. Istirahat ini juga sekaligus mengistirahatkan kendaraan.

14. Mengupdate informasi

Tugaskan Rekan Mudik Untuk Rajin Mengupdate Informasi Atau Berita Dari Media Online terkait arus mudik. Atau rajin googling dengan kata kunci jalur mudik anda, siapa tau ada update atau perubahan rekayasa lalu lintas yang diberlakukan oleh pihak berwenang. Ini akan sangat membantu anda untuk lebih siap menghadapi jalur di depan atau memikirkan alternatif jalan lain  jika ternyata ada berita terbaru terkait kemacetan parah di jalur yang akan anda lalui.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

15. Jangan Lupa Berdoa

Berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Karena dengan berdoa tentu saja anda akan selalu dalam lindungan sang maha pencipta. Dengan begitu perjalanan mudik akan terasa lebih berkesan dan juga lebih aman.