1
Serba-serbi Ramadhan

7 Tips Menghindari Macet Saat Mudik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.comSalah satu hal yang membuat hari raya idul fitri di Indonesia semakin semarak adalah tradisi mudik. Idul Fitri menjadi satu momen bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Banyak orang berbondong-bondong untuk mudik. Banyaknya orang yang mudik ke kampung halaman membuat jalan antar kota biasanya menjadi padat. Berikut adalah tips menghindari macet saat mudik.

Tips Menghindari Macet saat Mudik

1. Berangkat di Saat yang Tepat

Untuk menghindari macet saat mudik, sebaiknya kita perhatikan waktu keberangkatan. Biasanya, macet di jalur mudik disebabkan orang-orang berangkat di waktu yang hampir bersamaan. Maka pilihlah hari yang tepat, ketika tidak banyak orang mudik. Misalnya berangkat beberapa hari lebih awal dari libur serentak. Jika kita berangkat mudik saat bertepatan dengan libur serentak, maka macet menjadi hal lumrah yang akan kita temui.

Tentunya, solusi ini bisa dilakukan oleh kita yang tidak bekerja di perusahaan atau instansi dengan jadwal libur yang pasti. Namun jika Anda memang terpaku dengan jadwal perusahaan, cobalah mengambil cuti lebih awal untuk menghindari macet saat mudik.

Selain cara itu, kita juga bisa berangkat di awal hari. Misalnya berangkat setelah sahur, atau bahkan sebelum sahur. Jika berangkat sepagi itu, biasanya jalanan belum terlalu ramai. Sehingga kita bisa menempuh perjalanan dengan lebih leluasa.

Baca juga: Tips Membuat Opor Ayam Kampung Beserta Resepnya

2. Ikuti Informasi Arus Mudik

Saat ini banyak media yang memudahkan para pengemudi mengetahui informasi arus mudik. Kita bisa tahu dari program berita di televisi, media sosial, hingga radio. Ketika sedang berkendara, radio menjadi media yang paling mudah diakses. Putar saluran berita yang banyak menyajikan informasi jalur mudik. Carilah informasi saluran radio apa saja di daerah rute yang kita lewati.

Di samping itu, kita bisa meminta salah satu anggota keluarga untuk mengikuti informasi arus mudik melalui media sosial. Misalnya dengan mengikuti akun media sosial satuan lalu lintas, atau informasi di kota setempat.

3. Manfaatkan Aplikasi

Umroh.com merangkum, kita bisa memanfaatkan teknologi untuk memperoleh informasi mengenai kepadatan lalu lintas. Biasanya aplikasi itu menunjukkan peta beserta jalanan mana saja yang padat maupun longgar. Ini sangat berguna bagi kita untuk menghindari macet saat mudik. Unduh aplikasi tersebut, dan siapkan pulsa agar kita selalu online. Minta salah satu anggota keluarga untuk mengawasi lalu lintas melalui aplikasi tersebut.

webinar umroh.com

4. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Jika kita baru pertama kali mudik dengan kendaraan pribadi, carilah informasi mengenai lalu lintas di daerah yang akan dilalui. Kita bisa meminta informasi kepada rekan yang biasa mudik dengan kendaraan pribadi. Atau bertanya kepada warga setempat di lokasi yang kita lewati. Poin utamanya, mengetahui kondisi lalu lintas yang ada di daerah yang akan dilewati.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

5. Lewat Jalur Alternatif

Jika kita bukan orang yang suka bermacet-macetan, jalur alternatif bisa menjadi pilihan rute mudik. Perhatikan tanda-tanda yang ada di tepi jalan, lalu beloklah ke arah jalur alternatif. Jika ragu, kita bisa bertanya kepada warga setempat.

Kita juga bisa mengandalkan peta daring untuk memastikan kebenaran jalur alternatif tersebut. Jalur alternatif memang tidak semulus jalan utama. Terkadang kita akan menemui jalan yang tidak terlalu lebar, kurang mulus, hingga jarak tempuh lebih jauh (walaupun ada juga jalur alternatif yang mempersingkat perjalanan). Namun, jalur alternatif biasanya lebih lengang dibanding jalan utama.

6. Gunakan Kendaraan yang Prima

Sebelum berangkat mudik, ada baiknya kita memastikan kondisi kendaraan yang akan kita gunakan. Jangan sampai kita terjebak di jalanan karena kendaraan mogok, hingga kemudian mengakibatkan kemacetan di jalanan yang padat. Paling tidak, seminggu sebelum berangkat mudik bawalah kendaraan ke bengkel untuk di-service. Siapkan segalanya, dan minta teknisi di bengkel agar memastikan kendaraan dalam kondisi prima untuk perjalanan jauh.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

7. Gunakan Transportasi Umum

Solusi terakhir untuk menghindari macet saat mudik adalah menggunakan transportasi umum. Mudik dengan kendaraan pribadi memang beresiko terkena macet. Macet terjadi karena penumpukan kendaraan di jalan raya, akibat begitu banyak orang yang ingin pulang ke kampung halaman. Jika kita memilih menggunakan kendaraan umum, maka kita telah berperan mengurangi kemacetan.

Gunakan transportasi umum yang bebas macet, seperti kereta api, pesawat, atau kapal laut. Jika memilih menggunakan bis, kita juga harus siap dengan kemungkinan terjebak macet.

Menggunakan transportasi umum saat mudik memang akan memakan biaya yang lebih banyak. Apalagi jika jumlah anggota keluarga yang ikut serta tidak sedikit. Namun, mudik dengan kendaraan umum lebih terjamin keamanannya, serta terbebas dari macet.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.