1
Serba-serbi Ramadhan

Mudah Dan Nikmat, 20 Menu Sahur Praktis Andalan yang Sedap

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Saat memasuki bulan puasa, sahur adalah salah satu amalan sunah yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Di samping memiliki keutamaan yang luar biasa, sahur memang menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan bagi seorang muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan dengan bersantap sahur kita akan mendapatkan tenaga yang cukup. Dan di pembahasan kali ini akan membahas mengenai 20 menu sahur praktis yang pastinya lezat dan bergizi.

Namun sayangnya, terkadang santap sahur ini sering sekali dilewatkan oleh sebagian orang dengan berbagai alasan salah satunya ialah malas masak di waktu menjelang sahur. Padahal banyak olahan makanan yang bisa anda sajikan dengan cepat dan mudah sehingga tidak akan menyita sebagian waktu sahur maupun waktu istirahat Anda. Makanan apa sajakah itu ? simak ulasannya untuk Anda.

Baca juga : Keutamaan 10 Ayat Pertama dan Terakhir Surat Al Kahfi

20 Menu Sahur Praktis yang Sehat dan Mengandung Nutrisi

Sahur merupakan salah hal yang penting yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi puasa. Di awal puasa, biasanya orang agak sulit untuk bangun pagi dan makan sahur. Pasalnya, kebiasaan orang sarapan atau makan pagi tidak saat jam tersebut. Berikut ini 20 menu sahur praktis yang mudah dibuat

1. Nasi Goreng

Siapa yang tidak suka nasi goreng ? Menu makanan paling sederhana dan lezat ini wajib kamu hidangkan saat santap sahur. Tambahkan suwiran daging dada ayam serta sedikit sayur untuk menambah gizi ke tubuh. Kalau lagi bosan, kamu bisa mengganti isian daging ayam dengan daging kambing atau sapi.

Meskipun sederhana, tapi nasi goreng bisa jadi menu sahur praktismu yang bervariasi. Tidak perlu meracik bumbu nasi goreng sendiri kok, tinggal beli aja bumbu jadi di minimarket, kasih potongan cabai dan juga telur ceplok, jadi deh menu sahur praktis mu! Nasi goreng dan telur ini wajib jadi daftar menu sahur mu nih!

2. Ayam Goreng

Ayam goreng mentega jadi menu sahur praktis keempat selama sebulan berpuasa. Tidak perlu setiap hari membuat makanan yang satu ini, cukup dua atau tiga kali selama sebulan. Pasalnya, kalau keseringan bisa bikin kantong jebol.

Baiknya imbangi makanan ini dengan menu sayur seperti brokoli atau bayam sebagai penetralisir kandungan lemak dalam mentega.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3. Sate Ayam

Menu sate ayam bisa juga menjadi pilihan untuk santap sahur. Kamu tidak perlu repot untuk membuat sate ayam, cukup membelinya pada malam hari, simpan rapi agar tidak basi, kemudian menjelang santap sahur kamu bisa menghangatkan sate ayam tersebut. Setelah hangat hidangkan bersama dengan nasi putih.

4. Rendang Sapi

Rendang adalah salah satu makanan untuk sahur yang bisa jadi andalan. Biasanya menu rendang ini selalu ada pada saat awal puasa dan bertahan menjadi menu andalan selama kurang lebih 3 hari karena rendang termasuk makanan awet yang tak cepat basi.

5. Sayur Bening, Perkedel

20 menu sahur praktis

Buat kamu yang ingin santap sahur dengan yang berkuah, sayur bening bisa menjadi pilihan, selain mudah dibuat, sayur bening juga akan menjaga stamina kita selama menjalankan puasa. Supaya menu sahur tidak terlalu kosong dengan hanya sayur bening, kamu boleh tambahkan perkedel kentang atau jagung untuk menambah selera makan.

6. Telur Balado

Umroh.com merangkum, selama berpuasa kamu butuh asupan protein yang cukup untuk tubuh. Salah satu sumber protein yang paling mudah didapatkan ialah dari telur. Dimasak dengan cara balado membuat telur jadi lebih nikmat disantap bersama orek tempe dan nasi putih.

Untuk makan sahur praktis, kamu juga bisa lho menyiapkan masakan telur balado dari jauh-jauh hari untuk jadi stok menu sahur praktis selama sebulan. Telur balado ini juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Praktis, tapi tetap menyehatkan dan bergizi.

7. Omelete Kornet

Omelete atau telur dadar adalah menu paling gampang yang bisa kita buat. Tak akan menghabiskan waktu lama. Cukup 5 menit omelete pun siap dihidangkan untuk santap sahur.

8. Sarden

Pilihan menu sarden pun juga bisa jadi menu sahur praktis andalan terlebih untuk anak kosan. Kamu bisa beli berbagai rasa dan bumbu sarden yang sesuai dengan pilihan di supermarket. Menu sahur praktis yang menggugah selera.

9. Cah Kangkung

20 menu sahur praktis

Untuk membuatnya gak perlu waktu berjam-jam cukup sekitar 15 menitan aja buat meracik cah kangkung. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana seperti bawang merah, bawang putih, penyedap rasa dan tentu sayur kangkungnya itu sendiri.

10. Chicken Nugget

Untuk variasi menu sahur, kamu juga perlu lho punya stok Chicken Nugget di kulkas karena Chicken Nugget ini juga termasuk salah satu menu sahur praktis yang juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Rasa Chicken Nugget pun beragam, bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

11. Mie Instan

Kreasi mie instan memang selalu menggugah selera dan jadi menu sahur terfavorit dikala bosan dengan menu masakan yang ada. Selain jadi menu sahur praktis, mie instan ini punya rasa beragam dan selalu membuat nafsu makan bertambah. Meskipun nikmat, tapi usahain jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan saat makan sahur karena bisa bikin perut melilit dan gampang lapar.

12. Salad Sayur /Buah

Menu ini sangat mudah untuk dibuat ketika sahur, tinggal campurkan berbagai macam sayur seperti selada, wortel, kol, jagung jika ingin salad sayur. Atau masukan beranekaragam buah dan tambahkan saus mayonese serta susu kental manis agar lebih nikmat. Jadilah salad buah / sayur yang sehat dan nikmat.

13. Udang / Cumi Goreng Tepung

Menu udang / cumi goreng tepung juga bisa jadi alternatif menu sahur lho, kamu bisa mempersiapkan bahan dan mengolahnya sewaktu siang atau setelah berbuka puasa. Jadi pada saat santap sahur kamu tinggal goreng dan sajikan bersama dengan nasi hangat.

Mulai hari ini kuatkan Niat mu kebaitullah dan wujudkan bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

14. Tumis Brokoli Saus Tiram

Seperti yang kita tahu, brokoli adalah sayur sayuran sehat yang banyak mengandung serat dan vitamin. Brokoli bisa dimasak menjadi lauk yang gurih dan enak dengan ditambahkan beberapa bahan dan bumbu  seperti jagung muda dan jamur kuping.

15. Tumis Tempe, kacang panjang, udang

Tumis tempe, kacang panjang dan udang ini tampil menggoda ya. Tak butuh waktu lama untuk mengolahnya, apalagi tumis ini sudah kaya nutrisi jadi tepat untuk menu sahur.

16. Tumis buncis siram daging cincang

Tumis buncis siram daging cincang ini juga siap jadi menu sahur praktis di rumah. Dinikmati dengan nasi putih hangat pasti bikin sahur jadi semangat.

17. Rolade kecap

Rolade kecap juga bisa menjadi menu nikmat saat sahur. Kamu tinggal beli rolade di supermarket kemudian olah bahan yang sudah kamu sediakan. Simpel dan praktis

18. Bihun Goreng Udang

20 menu sahur praktis

Ingin makan enak namun malas memasak menu masakan yang ribet? Hmmm Bihun Goreng Udang bisa jadi pilihan yang tepat. Memasak Bihun Goreng Udang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Semakin praktis memasaknya dengan Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas. Rasanya yang poll pedas berpadu pas dengan gurihnya udang. Selamat mencoba.

 19. Ikan Gurame Sambal Mangga

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu masakan tradisional Indonesia Ikan Gurame Goreng Sambal Mangga. Masakan yang memiliki citarasa yang khas dan lezat ini telah menjadi favorit keluarga Indonesia. Ternyata cara membuat resep ikan gurame goreng ini sangat mudah dan praktis. Siapapun pasti bisa memasaknya. Gurih dan renyahnya daging ikan gurame semakin sempurna dengan cocolan pedasnya sambal mangga.

20. Tumis Oncom

Tumis Oncom merupakan salah satu kreasi oncom yang sering dijadikan pilihan oleh ibu-ibu di rumah. Oncom merupakan bahan makanan hasil fermentasi dari bungkil kacang yang kaya akan protein. Oncom juga memiliki nilai protein yang cukup tinggi yaitu 4,9%. Makanan sehat satu ini tidak memerlukan biaya mahal dan tenaga yang berlebih.

Resep spesial Tumis Oncom ini patut dicoba untuk disajikan sebagai menu makan siang bersama keluarga tercinta di rumah. Tidak hanya mengenyangkan saja, tetapi oncom ini juga sangat bagus bagi kesehatan anggota keluarga Bunda.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikianlah 20 menu sahur praktis menu sahur sederhana yang anti ribet. Walaupun sederhana tapi pastinya menu di atas gak kalah enak dan bergizi. Walaupun hanya sedkit, sahur sangat dianjurkan untuk memberikan tenaga selama beraktivitas dan juga bisa mendapatkan berkah di dalamnya.