1
Kuliner Travel

5 Makanan Ini Dihidangkan Saat Acara Spesial di Oman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Oman, negara di Timur Tengah yang dikenal dengan keindahan alamnya ini juga kaya akan pesona kuliner. Selain menikmati tempat wisata yang indah, wisatawan juga bisa menikmati beragam hidangan yang sedap. Sama seperti wilayah lain, warga Oman juga memiliki hidangan yang disajikan saat acara spesial. Jika beruntung mengunjungi warga Oman di waktu spesial, makanan ini akan disuguhkan kepadamu.

Shuwa

Dalam bahasa Arab, Shuwa artinya adalah daging panggang. Shuwa merupakan makanan populer yang menjadi favorit warga Oman. Biasanya, Shuwa dihidangkan saat hari spesial, seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Proses memasak Shuwa membutuhkan waktu lama. Bahkan untuk menikmatinya di Hari Raya, Orang Oman biasa mempersiapkannya di hari Raya pertama, dan menikmatinya di hari raya kedua atau ketiga.

Proses yang lama disebabkan karena Shuwa harus dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah ramuan rempah-rempah khas Oman. Daging yang sudah berlumur bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang atau daun palem. Setelah itu, daging yang sudah dibungkus akan dikubur dalam oven pasir, dan dibiarkan hingga matang selama dua hari.

Metode ini memang unik dan jarang ditemui. Akan tetapi, proses inilah yang membuat bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Tidak heran Shuwa menjadi salah satu hidangan terenak di dunia.

Meshkak

Meshkak adalah daging yang dimarinasi, kemudian dimasak dengan cara dipanggang dengan tusukan. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi, kamping, atau ayam.

webinar umroh.com

Ada beragam kombinasi bumbu rempah yang digunakan untuk membumbui Meshkak. Salah satu yang paling populer adalah bumbu kari. Hidangan ini banyak dihidangkan di Oman saat hari spesial. Meshkak akan dinikmati bersama roti khas Oman.

Halwa

Halwa adalah hidangan penutup manis khas Oman. Hidangan ini berwarna cokelat, dan memiliki tekstur yang mengembang dan kental. Warna cokelat Halwa bukan berasal dari cokelat. Akan tetapi, berasal dari karamelisasi beragam gula yang digunakan untuk membuat Halwa.

Untuk membuat Halwa, dibutuhkan gula dan madu. Inilah yang membuat Halwa memiliki rasa karamel yang lezat. Selain kedua bahan tersebut, Halwa juga dibuat dengan air mawar, telur, beragam rempah, dan kacang.

Halwa biasa dihidangkan dengan kahwa (kopi) dan kurma. Untuk hidangan spesial, Halwa akan dibuat dan disajikan dalam loyang yang besar. Sendok-sendok kemudian diletakkan di atasnya, sehingga tamu-tamu bisa langsung menikmati manisnya Halwa.

Harees

Saat acara spesial warga Oman juga biasanya menikmati Harees. Selain dihidangkan saat acara spesial, Harees juga merupakan salah satu hidangan yang unik di Oman. Harees terbuat dari daging dan gandum yang dihaluskan. Tekstur Harees ini lembut mirip dengan bubur, dan akan dihidangkan dalam mangkuk kecil.

Machboos

Machboos atau Majboos adalah hidangan nasi berbumbu khas Oman. Hidangan ini berasal dari Arab Saudi. Hidangan semacam ini memang banyak dinikmati di dataran Arab, termasuk Oman.

Machboos adalah nasi, yang biasa dibuat dari beras basmati, yang dibumbui dengan rempah-rempah khas. Di dalamnya, dicampurkan potongan sayuran serta daging. Daging yang biasa digunakan biasanya adalah daging merah atau daging ayam.

Machboos dihidangkan saat acara spesial dalam piring yang super besar. Para tamu bisa menikmati hidangan ini bersama-sama. Terkadang, Machboos dihidangkan bersama dengan yoghurt, salad hijau, roti, serta saus tomat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.