1
Kuliner Muslim Lifestyle

5 Makanan Ini Membuatmu Tidak Cepat Lapar dan Lemas Saat Puasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Lapar dan haus adalah hal yang pasti dirasakan oleh setiap orang yang berpuasa. Terutama saat berpuasa Ramadhan, di mana umat muslim beribadah puasa selama sebulan penuh.

Lapar dan haus ini sering menjadi penyebab kita mudah lemas di siang hari. Padahal kita tentu memiliki aktivitas dan tanggung jawab untuk dikerjakan. Rasa lemas saat puasa akan membuat aktivitas dan produktivitas terhambat.

Solusi agar tidak mudah lapar dan lemas saat puasa adalah pada menu sahur. Konsumsi makanan di bawah ini agar kita tidak mudah lapar saat berpuasa.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Saat sahur, kita tidak harus selalu mengandalkan karbohidrat agar tubuh terisi makanan. Karbohidrat memang sumber energi utama, namun jangan mengisi piring dengan terlalu banyak karbohidrat. Terlalu banyak karbohidrat membuat kita mudah lapar, lemas, dan mengantuk saat puasa.

Imbangi kebutuhan energi dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein. Protein juga merupakan sumber energi, lho. Bedanya, mengkonsumsi protein tidak membuat kita cepat lapar dan lemas, justru badan menjadi lebih segar. Bahan makanan tinggi protein yang bisa kita konsumsi misalnya adalah telur, atau kacang-kacangan.

Makanlah Kurma

Di bulan ramadhan, banyak orang yang menyediakan kurma di rumah. Kurma banyak digunakan sebagai menu berbuka. Namun kurma bukan hanya baik untuk berbuka. Kurma juga bagus digunakan sebagai menu sahur agar kita tidak mudah lapar saat puasa.

Kurma mengandung banyak gula, sehingga bisa memberikan energi bagi tubuh. Bahkan, kandungan gula kurma termasuk tinggi. Namun tidak seperti gula lainnya, gula dalam kurma bisa langsung diserap oleh tubuh. Selain gula, kurma juga kaya nutrisi. Banyak vitamin dan mineral terkandung dalam kurma. Nutrisi ini akan mendukung aktivitasmu saat berpuasa.

Selain mengandung nutrisi, kurma mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Kurma juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan lambung dan saluran usus, dengan melindunginya dari bakteri dan parasit. Mengkonsumsi beberapa butir kurma cukup untuk pasokan energi seharian selama berpuasa, lho.

webinar umroh.com

Minum Susu

Paduan tepat saat sahur dengan kurma adalah susu. Konon, kurma dan susu adalah menu sarapan favorit Raja Salman, lho.

Susu adalah bahan makanan yang komplit dengan berbagai macam nutrisi. Di dalam susu, ada lemak, karbohidrat, protein, dan gula. Semuanya merupakan sumber energi baik bagi tubuh. Susu juga mengandung bermacam vitamin dan mineral yang menjaga tubuh tetap segar saat berpuasa.

Konsumsi Oat atau Roti Gandum

Oat dan gandum sama-sama berasal dari satu famili serealia. Oat adalah jenis havermut yang bisa dimakan langsung, sementara gandum harus diproses menjadi tepung dahulu. Oat dan Roti Gandum adalah menu sahur yang praktis dan sehat. Keduanya merupakan sumber energi karena merupakan sumber karbohidrat, namun tetap sehat karena mengandung banyak serat. Kandungan serat yang tinggi membuat kita jadi kenyang lebih lama.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah banyak mengandung serat bagi tubuh. Segar dan mengenyangkan, buah dan sayur bisa membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu, buah dan sayur juga kaya vitamin yang membuat tubuh menjadi lebih segar. Perbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur agar tidak mudah lemas saat berpuasa.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.