1
Serba-serbi Ramadhan

7 Cara Membuat Amplop Lebaran yang Unik dan Anti Mainstream

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Hari raya idul fitri atau yang identik disebut dengan lebaran, selalu memiliki hal-hal unik yang tentunya tidak pernah terlewatkan, salah satunya yaitu bagi-bagi THR atau Tunjangan Hari Raya terhadap sanak saudara. Biasanya dalam memberikan THR kita dapat membagikannya secara langsung atau bisa juga dibungkus dengan amplop. Terdapat 7 cara membuat amplop lebaran bagi yang ingin memvariasikan sesuai keinginan dan memiliki alasan tertentu lainnya.

Agar terasa lebih berkesan, kamu bisa mencoba membuat kartu ucapan lebaran sendiri loh. Selain jumlah uang yang ada di dalamnya, desain amplop lebaran yang unik akan memberikan makna yang lebih kepada para penerimanya, khususnya saudara-saudara kamu yang lebih kecil, yang tentunya akan menarik perhatian mereka.

Cara Membuat Amplop Lebaran

Umroh.com merangkum, amplop lebaran sendiri bisa kamu kreasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan. Mulai dari kertas kado, kertas HVS, kain flanel hingga kertas origami. Bahkan, kamu juga bisa mendesainnya memanfaatkan aplikasi software seperti Microsoft Word ataupun Corel Draw. Tidak sulit kok untuk mulai membuatnya, kamu tinggal mempersiapkan bahan-bahan dan mengikuti 7 cara membuat amplop lebaran.

Baca juga : 17 Larangan di Bulan Ramadhan Yang Wajib Diketahui

1. Amplop Lebaran Sederhana

Untuk membuat desain amplop lebaran yang unik, kamu tidak perlu mengumpulkan terlalu banyak bahan kok. Kamu cukup mempersiapkan peralatan yang biasa kamu temukan sehari-hari. Berikut ini daftar bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat amplop lebaran.
Bahan-bahan dan alat amplop lebaran Sederhana :
• Kertas berukuran A4
• Penggaris
• Gunting
• Double tape
• Selotip
• Cutter
• Lem

Langkah pertama, print desain amplop lebaran yang telah kamu pilih sebelumnya. Cetak gambar tersebut dengan menggunakan kertas berukuran A4 yang telah kamu siapkan sebelumnya. Untuk hal ini, kamu bisa mencari dan mendapatkan sangat banyak ide dari internet, jadi tidak usah bingung.Setalah kamu print desain yang kamu mau pada kertasmu, guntinglah mengikuti sesuai dengan polanya. Kamu dapat membuat bentuk apapun sesuai dengan keinginanmu.

Beberapa ide untuk bentuk unik adalah seperti amplop yang bulat.
Lipat kertas amplop yang sudah digunting tadi, sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Usahakan bagian pinggiran kertas-kertas yang kamu gunting tadi terlihat rapi dan tidak berantakan.

Setelah itu, rekatkan dengan lem agar kuat dan tidak terbuka-buka.
Setelah itu, amplop lebaran pun selesai dan Anda bisa memasukkan uang sebanyak yang kamu mau untuk diberikan kepada saudara-saudaramu.

webinar umroh.com

2. Amplop Berbahan Dasar Kertas Kado

Sebenarnya jika kamu mau bikin amplop sendiri itu gampang banget loh. Apalagi sekarang banyak cara dan referensi yang bisa kamu lihat di internet. Untuk amplop ini, kamu cuma perlu bikin polanya di atas kertas kado yang tidak terpakai di rumahmu,

Gunting sesuai pola, lalu lipat. Setelah lipat-melipat, kamu bisa langsung lem. Mudah sekali, bukan? Informasi seperti ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba untuk kreatif dan sebagai stok amplop dirumah dan digunakan pada saat lebaran.

3. Amplop Lebaran Unik dengan Kertas Origami

Jika Anda punya banyak stok kertas origami yang belum terpakai ataupun dalam kondisi yang masih layak pakai. Maka, manfaatkan lah kertas berbentuk persegi ini untuk kamu jadikan amplop yang unik dan juga lucu. Cukup kamu kasih selotip di bagian depan untuk meratakan permukaan amplopnya dan hanya butuh sedikit lipatan di setiap sisinya. Lalu kertas origamimu siap digunakan untuk kamu gunakan kembali dan akan sangat lebih berguna pada saat hari lebaran tiba.

4. Amplop Lebaran Lucu dari Kain Flanel

Anda bisa kreasikan amplop yang berbahan dari kain flannel, menjadi tokoh kartun favorit Anda agar dapat menampilkan kesan yang lucu. Walaupun termasuk kerajinan tangan sederhana, tapi manfaatnya sangat banyak. Salah satunya yaitu sebagai amplop, yang bisa Anda modifikasi juga untuk mengantarkan undangan dan berbagai ucapan.

Anda hanya tinggal siapkan kain flanel, jarum pentul, dan benang untuk menjahit. Pertama-tama kamu tentukan desain seperti apa yang ingin kamu buat, lalu bentuklah pola tersebut dan jahit setiap sisi kecuali bagian pada tutup amplop. Cukup mudahkan, bukan?

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

5. Amplop Lebaran dari Kertas HVS

Amplop kreasi sendiri tentu bisa kalian kreasikan dengan menambahkan sedikit sentuhan pribadi pada kartu ucapan terima kasih atau ucapan yang lainnya, serta ternyata pembuatan amplop ini mudah serta menyenangkan untuk dilihat. Kamu bisa menggunakan kembali kertas-kertas seperti HVS, ataupun kertas HVS warna yang tidak terpakai atau kalian juga bisa beli kertas hiasan dari toko kerajinan tangan di sekitar rumah untuk berkreasi membuat amplop sendiri.

Kamu hanya melipat bagian setiap sudut hingga membentuk seperti amplop. Lalu lem bagian yang diperlukan hingga membentuk lidah amplop. Setelah itu amplop siap digunakan deh, mudah bukan? Dan tentunya sangat hemat budget loh.

6. Membuat Amplop Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word 2010 memiliki beragam template amplop yang bisa digunakan, baik itu untuk sekadar pencetakan halaman depan amplop atau bahkan format amplop secara keseluruhan. Sehingga kamu nantinya hanya tinggal menggunting kertas hvs dan merekatkan dengan lem untuk menjadi sebuah amplop yang siap pakai. Yuk dicoba!

7. Membuat amplop menggunakan Corel Draw atau Photoshop

Namun beda halnya dengan Corel Draw. Kamu dipaksa untuk lebih kreatif dalam menggunakan software ini. Jika kamu menggunakan software untuk membuat amplop seusai kreasi kamu, akan lebih mudah dan tidak perlu rumit-rumit atau rame objek, namun lebih baik buat dengan simpel dan sederhana. Setelah dicetak, kamu hanya tinggal menggunting sesuai template dan gunakan lem untuk sisi yang masih belum rapih.

Mudah bukan cara-cara yang telah dijelaskan diatas? Selain itu, amplop lebaran kreasi sendiri yang diberikan kepada sanak keluarga Anda akan berbeda dari amplop lebaran lainnya karena akan ada sentuhan khusus yang unik dan juga berkesan. Sebagai ide tambahan, kamu juga bisa menuliskan pesan-pesan lucu ataupun doa-doa di depan amplop lebaran Anda. Jadi Jika Anda memiliki banyak waktu untuk membuat amplop sendiri, yuk mulai sekarang Anda bisa mencobanya dirumah.

7 cara membuat amplop lebaran

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Tidak perlu berlebihan agar terkesan mewah, Anda bisa meniru 7 cara membuat amplop lebaran supaya berbeda dengan yang lainnya dan juga lebih unik.