1
Serba-serbi Ramadhan

8 menu Berbuka Puasa Rasulullah dan Kandungan Manfaatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Saat berbuka puasa adalah saat paling dinanti oleh tiap umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Menahan diri dari hawa nafsu, rasa lapar dan haus menjadi suatu kewajiban yang mutlak untuk dilakukan ketika sedang berpuasa. Mulai dari terbitnya fajar sampai dengan terbenamnya matahari. Kali ini akan membahas mengenai Berikut 8 menu berbuka puasa rasulullah yang lezat dan cocok dicoba.

Suara adzan magrib yang berkumandang, menjadi tanda yang mengakhiri ibadah tersebut. Ketika momen tersebut tiba, biasanya kita sering mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Berlebihan-lebihan hanya membawa efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Baca juga : 10 Makanan Buka Puasa Tradisional yang Tak Kalah Lezat

8 Menu Berbuka Rasulullah yang Bisa Anda Tiru

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum sholat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Selain mengenai porsi makan yang tak berlebihan, Nabi Muhammad memiliki makanan kesukaan. Makanan favorit Nabi Muhammad ini sering disantap untuk buka puasa. Berikut 8 menu berbuka puasa rasulullah yang enak dan sehat, ada baiknya untuk menyimak daftar berikut ini:

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

1.      Kurma

Kurma menjadi makanan anjuran Nabi Muhammad SAW. Kurma sangat aman bagi kesehatan tubuh karena mengandung gula alami. Kurma juga membuat perut kenyang lebih lama. Selain sehat, kurma juga mempunyai rasa yang lezat. Salah satu jenis kurma kesukaan nabi adalah Al-Barniy. Selain menyehatkan, kurma ajwa juga diyakini dapat menangkal sihir dan racun. Ditambah, kurma merupakan buah tinggi kalori yang kaya akan nutrisi, sehingga cepat mengembalikan energi tubuh saat berbuka.

2.      Anggur

Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim.

webinar umroh.com

“ kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.”

Anggur sendiri memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan jantung, paru-paru, dan hati. Selain dimakan langsung, Rasulullah SAW juga menyukai olahan anggur serta kismis dalam bentuk air rendamannya atau yang biasa disebut dengan air nabeez.

3.      Semangka

Umroh.com merangkum, semangka merupakan salah satu buah yang kerap disantap oleh Rasulullah SAW bersama dengan kurma. Beliau bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi

 “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” 

Bahkan dalam hadist yang bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri di dalam kitab Thibbun Nabi disebutkan bahwa semangka memiliki khasiat luar biasa bagi wanita hamil.

“Tak seorang pun perempuan yang sedang hamil yang makan buah semangka, akan gagal melahirkan anak yang wajah dan fisiknya bagus,”

4.      Zaitun

8 menu berbuka puasa rasulullah

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, ” makanlah minyak zaitun sesungguhnya ia di berkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya sesungguhnya ia keluar dari pohon yang d iberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Hadis di atas memberikan intsruksi kepada umat Islam agar menjadikan zaitun sebagai lauk. Zaitun mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit termasuk menghindari manusia dari godaan setan. Sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

5.      Madu

khasiat madu juga telah disebutkan dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 69.

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6.      Delima

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa delima masuk dalam daftar buah surga. Hal ini tercantum pada Surat Al-Rahman ayat 68 yang artinya,

 “di dalam kedua-dua surga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.”

Buah delima terkenal kaya akan nutrisi serta antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Selain itu, Buah Delima juga dipercaya dapat mengusir setan selama 40 hari. 

7.      Labu

Selain lezat, Buah labu mengandung banyak sekali air yang mencapai hingga 97 persen. buah ini juga bisa menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa.

8.      Melon

Hampir sama dengan labu, melon juga menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Buah melon dapat membantu mengusir penyakit batu ginjal dan kantung kemih. Jadi, Melon sangat aman dikonsumsi untuk santapan berbuka puasa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Mengenai 8 menu berbuka puasa rasulullah masih mudah ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan. Apapun yang dicintai, disukai, dan dilakukan Rasulullah tentu merupakan tauladan bagi kita sebagai umatnya dan terdapat berbagai hikmah yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan kita.